Berperan sebagai Park Joong Il di Tomorrow, jam terbang Lee Soo Hyuk di dunia seni peran Korea dapat dikatakan mengungguli pemeran utama, yakni Rowoon 'SF9'. Ia telah memulai debut aktingnya sejak 2006 lewat drama My Boss, My Teacher

Kemudian, Lee Soo Hyuk mendapatkan peran utama di film Korea-Jepang, The Boy from Ipanema. Usai film tersebut, ia mengambil empat proyek akting berturut-turut pada tahun 2011, yakni Vampire Idol, White Christmas, Deep Rooted Tree, dan What's Up

Namun sayang, karier Lee Soo Hyuk kurang mendapat sorotan. Popularitasnya masih jauh dibandingkan rekan sesama aktor dan idol-aktor lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, ia juga jarang mendapat pemeran utama di drama Korea. 

Meski demikian, Lee Soo Hyuk tetap memiliki banyak apartemen dan supercar. Lantas, apa alasan karier aktingnya belum bersinar? Darimana penghasilan sang aktor untuk menopang kehidupan mewahnya? Dilansir dari Kbizoom.com, berikut penjelasannya. 

Masuk ke dunia hiburan sebagai model

Puluhan Tahun Jadi Aktor, Karier Lee Soo Hyuk Dianggap Kurang BersinarJustleesoohyuk.tumblr.com

Bernama asli Lee Hyuk Soo, ia mengenal dunia hiburan Korea sebagai model di peragaan busana Lone Costume Jung Wook Jun pada tahun 2006. Dengan aura dinginnya, Lee Soo Hyuk mencuri perhatian berbagai merek terkenal dan majalah mode. 

Saat itu, paras Lee Soo Hyuk sering menghiasi majalah GQ, Vogue, hingga Marie Claire Korea. Tahun 2013, aktor yang pernah menjadi model klip 2NE1 ini diundang ke Eropa untuk Paris dan London Fashion Week

Di sana, ia menjadi model untuk beberapa merek mewah seperti Balenciaga, JW Anderson, dan Balmian. Di tahun yang sama, Soo Hyuk masuk dalam daftar TOP 13 Male Models Style Minutes untuk musim gugur-musim dingin 2013 di London dan Paris Fashion Week

Puluhan Tahun Jadi Aktor, Karier Lee Soo Hyuk Dianggap Kurang BersinarWowkorea.live

Tahun 2014, Lee Soo Hyuk menjadi juri tamu musim ke-4 di America's Next Top Models dan juga diundang Tyra Banks untuk menghadiri acara final di Amerika sebagai pembicara dari dunia model. Tak hanya itu, bintang drama Tomorrow ini turut diberi penghargaan Penata Pakaian Terbaik di The Korea Best Dresser Awards pada tahun 2008 dan 2014.

Ia juga pernah terpilih sebagai brand ambassador untuk Adidas, Bvlgari, dan Fahrenheit. Banyak merek mewah percaya pada Lee Soo Hyuk, karena ia mempunyai selera fashion yang tinggi dan mampu meningkatkan awareness kepada publik.

Karier aktingnya dianggap tidak terlalu sukses

Puluhan Tahun Jadi Aktor, Karier Lee Soo Hyuk Dianggap Kurang BersinarTwitter.com/thedramakorea

Tahun 2017, Lee Soo Hyuk bergabung di YG Entertainment untuk meningkatkan karier modelnya dan menjajal dunia akting. Tapi, selama bertahun-tahun menyelami dunia seni peran, aktingnya belum mendapat sorotan dari publik. Lee Soo Hyuk sendiri menyadari bahwa ada beberapa hal yang kurang dalam dirinya saat berakting. 

"Saya pikir, saya belum siap. Saya ingin mendapatkan banyak pelatihan terlebih dahulu baru kemudian, berakting lagi."

Sekitar empat tahun, Lee Soo Hyuk mengambil pelatihan akting. Ia kembali mengambil beberapa proyek akting seperti Scholar Who Walks The Night (2015), Doom at Your Service (2021), dan film Pipeline (2021).  

Dua faktor penyebab Lee Soo Hyuk kurang bersinar

Puluhan Tahun Jadi Aktor, Karier Lee Soo Hyuk Dianggap Kurang BersinarHancinema.net

Setelah membintangi Scholar Who Walks The Night, Lee Soo Hyuk lebih banyak menerima tawaran akting sebagai second lead dengan karakter misterius dan dingin. Kurangnya screentime, menghalangi sang aktor untuk bersinar dan mendapatkan peran yang lebih layak. 

Sedang menurut Korea Times, pemilihan naskah yang salah menjadi salah satu penyebab akting Lee Soo Hyuk tidak mengalami peningkatan hingga saat ini. Hampir sebagian besar karya sang aktor mempunyai rating rendah atau kurang populer di hadapan publik. 

Drama Tomorrow sendiri sempat memperoleh rating sebesar 7,6% di episode perdana, tetapi secara bertahap kehilangan peminat. Alur cerita dan akting para pemain yang membuat drama ini tidak mendapat apresiasi. 

Selama kurang lebih 15 tahun berkarier sebagai aktor, karier Lee Soo Hyuk dianggap hanya memiliki satu drama populer yang mengantarkannya pada piala Rising Star Award di Asian Film Awards 2015 dan Miniseri Rookie of The Year di MBC Drama Awards 2015

Kehidupan pribadinya lebih mendapat sorotan

Puluhan Tahun Jadi Aktor, Karier Lee Soo Hyuk Dianggap Kurang BersinarKpopherald.koreaherald.com

Meski karier aktingnya belum gemilang, Lee Soo Hyuk tetap memiliki kehidupan mewah. Ia diketahui menetap di sebuah apartemen di Gangnam. Lee Soo Hyuk juga mempunyai banyak apartemen dan super car mahal. 

Tahun 2020, ia didapuk menjadi model Nivea Men, brand ambassador Adidas dan Bvlgari. Tak salah jika kekayaan bersih Lee Soo Hyuk diperkirakan mencapai US$15,1 (setara Rp221 juta) menurut data Modelfact.com pada tahun 2022. Kekayaan tersebut sebagian besar berasal dari dunia model, investasi, dan kegiatannya sebagai duta global merek. 

Itulah alasan di balik karier akting Lee Soo Hyuk yang dinggap kurang bersinar. Semoga di masa datang, popularitas Lee Soo Hyuk semakin meningkat, ya, Bela. 

Baca Juga: Jadi Asisten Malaikat Maut di 'Tomorrow', Ini 9 Fakta Rowoon 'SF9'

Baca Juga: Dari Idol Hingga Aktor, Ini Perjalanan Karier Choi Siwon

Baca Juga: 'Tomorrow', Saksi Kerja Keras Rowoon Selamatkan Nyawa Orang Lain