Buat penikmat drama Korea Hospital Playlist, pasti sudah tak asing lagi sosok Chae Song Hwa, dokter perempuan tangguh yang diperankan oleh Jeon Mi Do. Ia menjadi salah satu aktris Korea Selatan yang banyak diperbincangkan pada 2020 lalu.

Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai aktris yang awet muda. Padahal, Jeon Mi Do baru saja berulang tahun ke-40 tahun dan masih eksis berakting di dunia hiburan Korea Selatan. Meski kehadirannya di drama Korea tergolong pendatang baru, tetapi Jeon Mi Do sebenarnya sudah lama berkecimpung di dunia seni peran, lho. 

Bagaimana perjalanan karier Jeon Mi Do hingga bersinar seperti sekarang ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kisah hidup si 'dokter tangguh' dari Rumah Sakit Yulje:

1. Kehilangan sosok ayah sejak kecil

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Pinterest.com

Jeon Mi Do merupakan aktris Korea Selatan yang lahir pada 4 Agustus 1982 di Busan. Sejak SD, ayah Jeon Mi Do sudah meninggal. Sebagai anak pertama di keluarga, ia pun membantu sang ibu merawat ketiga adiknya karena ibunya sibuk bekerja untuk memenuhi kehidupan mereka semua. 

2. Menyukai musikal untuk usir rasa sepi

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Soompi.com

Terpaut usia cukup jauh dari adik-adiknya, Jeon Mi Do remaja sempat mengalami kesepian. Di tengah rasa sepinya, Jeon Mi Do jatuh cinta pada dunia musikal saat kelas 3 SMP.

Saat sekolah, Jeon Mi Do pernah tampil sebagai salah satu pemeran musikal di gereja. Sejak saat itu, ia tertarik untuk meniti karier sebagai aktris musikal, "Musikal adalah hal pertama yang aku sukai. Mulanya, aku melihat akting kakak-kakak mahasiswa. Aku pun tertarik memainkannya karena aura penampilan mereka terasa nyata."

3. Pernah kabur dan putus sekolah

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Hancinema.net

Bercita-cita sebagai aktris musikal, Jeon Mi Do melewati masa pendidikan yang tak mulus. Ia pernah kabur dari rumah dan putus sekolah. Saat itu, ia berstatus siswa kelas delapan, namun ia tak memiliki keinginan untuk menyelesaikan sekolahnya. Bersyukur, pemikiran Jeon Mi Do berubah setelah tidak sekolah selama setahun. Ia memilih menyelesaikan dan melanjutkan pendidikan ke SMA. 

4. Mempunyai band sewaktu sekolah

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Facebook.com/midoandparasol

Digambarkan sebagai sosok yang buta nada dan bersuara cempreng di drama Korea Hospital Playlist, ternyata Jeon Mi Do pernah memiliki sebuah grup band beranggotakan empat orang perempuan saat SMA. Di grup band terdahulu, Jeon Mi do mengisi bagian vokalis. Kerennya, band Jeon Mi Do terkenal di kelangan pelajar dan mahasiswa Korea Selatan. 

5. Sosok senior di dunia musikal

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Koreatimes.co.kr

Meski Jeon Mi Do belum lama muncul di drama Korea, tetapi ia sudah berakting di drama musikal sejak 2006 silam. Demi mewujudkan mimpinya sebagai aktris musikal, Jeon Mi Do menempuh pendidikan di Universitas Myongji jurusan Teater dan Film. 

Saat masih kuliah, Jeon Mi Do memulai debut aktingnya di drama Korea, Mr. Mouse (2006). Namun, ia memilih fokus di dunia musikal dan berhasil mencuri perhatian saat tampil dalam drama musikal, Agnes of God.

Sudah banyak drama musikal yang dibintangi oleh Jeon Mi Do, salah satu drama musikal berjudul Sweeney Todd dan Maybe Happy Ending. Ia juga pernah bermain di film layar lebar, Byeonshin atau Metamorphosis (2019).

6. Audisi beberapa kali untuk Hospital Playlist

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Pinterest.com

Ternyata, untuk mendapatkan peran Chae Song Hwa tak mudah, walaupun ia mendapat rekomendasi dari Yoo Yeon Seok dan Jo Jung Suk. Jeon Mi Do mengungkapkan kalau dirinya harus mengikuti audisi beberapa kali. Ketika audisi pertama, ia tak mendapat kabar lebih dari satu bulan. 

Jeon Mi Do mengira ia telah gagal. Namun, dewi fortuna menghampirinya. Ia menerima telepon untuk mengikuti audisi kedua. Hingga audisi ketiga, Jeon Mi Do baru menerima hasil kalau dirinya diterima membintangi drama Hospital Playlist bersama rekan artis lainnya.

7. Mirip dengan karakter Chae Song Hwa

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Imdb.com

Tak hanya menjadi dokter andalan Rumah Sakit Yulje, tetapi karakter Chae Song juga digambarkan sebagai sosok yang hobi makan bersama sahabatnya, Kim Joon Wan (Jung Kyung Ho). Usut punya usut, hobi makan Chae Song Hwa ternyata mirip dengan Jeon Mi Do di dunia nyata, lho. 

8. Sempat takut dengan popularitas

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Hancinema.net

Berbeda dengan ketenarannya di dunia musikal, Jeon Mi Do sempat merasa takut dengan popularitas tinggi sejak ia sukses memerankan karakter Chae Song Hwa di drama Hospital Playlist. 

Jeon Mi Do mengungkapkan, "Awalnya, saya sangat takut. Sesaat, saya bertanya-tanya, apakah saya telah melakukan sesuatu yang salah. Tetapi, melihat kebahagiaan orang-orang di sekitar saya, saya menyadari popularitas tersebut adalah sesuatu yang positif. Sutradara Shi Won Ho juga memintaku untuk menerima hal tersebut sebagai takdirku sekarang."

9. Telah menikah delapan tahun silam

Pernah Kabur dan Putus Sekolah, Ini 9 Perjalanan Karier Jeon Mi Do Hancinema.net

Memiliki penampilan yang awet muda, tak ada yang menyangka jika Jeon Mi Do sebenarnya sudah menikah delapan tahun silam, tepatnya di tahun 2013. Ia menikah dengan sang suami setelah menjalin asmara selama enam bulan saja. 

Di tengah popularitasnya, kehidupan rumah tangga Jeon Mi Do jauh dari gosip miring. Sang aktris juga berupaya untuk menjaga privasinya jauh dari konsumsi publik dan media Korea. 

Nah, itulah perjalanan karier Jeon Mi Do yang baru saja berulang tahun ke-40. Siapa yang nge-fans dengan aktris yang satu ini? Apakah kamu salah satunya, Bela?

Baca Juga: 5 Bintang KDrama 'Reply Series' yang Jadi Kameo di 'Hospital Playlist'

Baca Juga: 6 Profil Shin Hyun Bin, Lawan Main Song Joong Ki di 'Chaebol Family'

Baca Juga: 6 Rekomendasi KDrama yang Tayang Agustus 2021, Ada Kim Seon Ho!