Sukses membintangi drama Korea Yumi's Cells bersama Kim Go Eun, popularitas Ahn Bo Hyun di dunia hiburan Korea Selatan semakin melejit. Beberapa tawaran akting terbaru menghampiri Ahn Bo Hyun, salah satunya My Name yang dibintangi bersama Han So Hee. 

Tetapi, kesuksesan yang ia rasakan saat ini tidak terjadi dalam waktu singkat. Ahn Bo Hyun sempat menjadi seorang pengantar demi menyambung hidup. Pahit dan getirnya kehidupan pernah Ahn Bo Hyun rasakan sebelum bisa hidup layak seperti sekarang.  

Lantas, bagaimana proses perjuangan Ahn Bo Hyun untuk meraih kesuksesan di dunia hiburan Korea Selatan? Profesi apa saja yang pernah aktor tampan ini lakukan sebelum popularitas menghampirinya?

1. Pernah menjadi atlet tinju

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunTwitter.com/theseoulstory

Sebelum terjun ke dunia hiburan Korea Selatan, aktor kelahiran 1988 ini pernah bertanding di ajang nasional tinju kategori pemula. Ia sempat bersekolah di Busan Sports Highschool. Kabarnya, saat duduk di bangku sekolah menengah pertama, Ahn Bo Hyun merupakan mantan atlet tinju yang berhasil memboyong medali emas di kompetisi tersebut.  

2. Mengawali karier sebagai model

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunKoreanmalemodels.tumblr.com

Lulus dari bangku sekolah, Ahn Bo Hyun melanjutkan pendidikan ke Universitas Daekyung jurusan modeling. Di sini, awal mula karier Ahn Bo Hyun terbentuk. Ia berkenalan dengan dunia hiburan Korea lewat profesinya sebagai model, sejalan dengan jurusan kuliah yang ia ambil sebelumnya. 

3. Melakoni berbagai pekerjaan paruh waktu

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunKepoper.com

Meski telah menjadi model, tak serta-merta membuat Ahn Bo Hyun hidup lebih layak. Ada berbagai pekerjaan paruh waktu yang ia lakoni demi membiayai hidupnya di Korea Selatan.

Ia dikabarkan pernah menjadi tenaga lepasan di sebuah toko, kuli panggul, pramusaji di restoran cepat saji, staf di sebuah pom bensin, hingga pengantar koran. Walaupun banyak pekerjaan paruh waktu yang Ahn Bo Hyun lakukan, mimpinya untuk menjadi seorang aktor tak pernah padam sejak menonton film Champion (2002)

4. Debut aktor sebagai pemeran pendukung

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunHancinema.net

Usai melewati berbagai rintangan hidup, Ahn Bo Hyun memulai debutnya sebagai aktor pada tahun 2014. Di tahun tersebut, ia mendapatkan pemeran figuran di drama Korea Golden Cross.

Sejak saat itu, Ahn Bo Hyun serius meniti karier di bidang akting. Terbukti dari pengambilan peran dan drama yang berbeda di tahun 2014, yakni Two Mothers dan My Secret Hotel. Di My Secret Hotel, Ahn Bo Hyun memerankan karakter bernama Sang Hoon. 

5. Berkesempatan akting dengan Song Joong Ki

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunKpopmap.com

Perlahan tapi pasti, akting Ahn Bo Hyun mulai dilirik. Ia mendapatkan kesempatan berakting bersama dengan Song Joong Ki, Kim Ji Won, Kim Min Seok, Jin Goo dan Song Hye Kyo di drama Korea terpopuler tahun 2016, Descendant of The Sun sebagai Im Gwang Nam. 

Berkat kualitas akting di drama tersebut, tawaran debut layar lebar mendatangi Ahn Bo Hyun. Di tahun yang sama, ia membintangi film Hiya sebagai pemeran utama bersama Hoya eks 'INFINITE' dan Kang Min Ah. 

Setelah itu, Ahn Bo Hyun sangat aktif tampil di layar kaca dengan berbagai genre drama Korea, yakni My Only Love Song dan Wednesday 3:30 PM (2017), Dokgo Rewind dan Hide & Seek (2018). 

6. Menerima perhatian publik lewat Itaewon Class

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunScmp.com

Tahun 2020 menjadi titik awal kesuksesan Ahn Bo Hyun sejak membintangi drama Korea, Itaewon bersama Park Seo Joon dan Kim Da Mi. Dalam drama tersebut, ia memerankan sosok antagonis bernama Jang Geun Won yang membuat Park Sae Ro Yi mendekam di penjara.

Perannya di Itaewon Class boleh saja dibenci, namun di kehidupan nyata justru Ahn Bo Hyun mulai kebanjiran pengikut baru di laman media sosialnya. Bahkan, berkat perannya itu, Ahn Bo Hyun menerima banyak perhatian dari publik Korea Selatan. 

7. Berhasil meraih beberapa penghargaan

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunStar.mt.co.kr

Memang tidak terlalu banyak penonton yang menyadari jika karakter Jang Geun Won diperankan oleh Ahn Bo Hyun, tetapi totalitasnya tersebut sukses membuat sang aktor menyabet beberapa penghargaan sekaligus. 

Ia berhasil meraih penghargaan di kategori Best Emotive Award dan Choice Award di acara penghargaan Asia Artist Awards di tahun 2020. Selain itu, ia juga memboyong piala Best Actor dan Rising Star Actor of The Years atas perannya dalam drama Korea, Itaewon Class.

8. Akting Ahn Bo Hyun mulai diakui publik

Pernah Jadi Pengantar Koran & Kuli, Ini Perjalanan Karier Ahn Bo HyunSoompi.com

Jejak karier Ahn Bo Hyun sebagai aktor di dunia hiburan Korea memang penuh liku, tetapi perjuangan di masa lalu sepadan dengan hasil yang ia raih. Kini, Ahn Bo Hyun tengah menikmati hasil kerja kerasnya di tahun 2021. 

Dua drama Korea yang ia bintangi, Yumi's Cells dan My Name sukses menjadi topik terpanas di kalangan warganet. Ahn Bo Hyun juga berhasil memerankan karakter Wong dengan sangat menggemaskan, dan karakter Jeon Pil Do dengan berkarisma. 

Saat ini, Ahn Bo Hyun telah lepas dari pekerjaan paruh waktunya di masa lalu. Ia juga mengakui dapat hidup bahagia sejak bersinar di Itaewon Class dan tinggal di sebuah apartemen mewah berkat kerja keras dan dukungan dari para penggemarnya. 

Siapa yang lagi nge-fans dengan sosok yang satu ini? Sosok pekerja keras dan mandiri banget, lho, Bela. Semoga kariernya di dunia hiburan Korea Selatan semakin meningkat, ya. 

Baca Juga: Kisah Balas Dendam yang Memikat, 5 Fakta Menarik 'My Name'

Baca Juga: Dibintangi Kim Go Eun, 5 Alasan KDrama 'Yumi Cell's' Layak Dinanti

Baca Juga: KDrama yang Kritik Pemerintah, Inilah Kenyataan Hidup di Korea Selatan