Tak terasa sudah sebulan menjalani rutinitas #DiRumahAja ya, Bela. Selama ini, apa saja nih, yang sudah kalian lakukan selain rebahan-makan-menonton drakor? Apakah ada yang sedang mulai jenuh dengan aktivitas yang itu-itu saja? 

Nah, untuk mengurangi rasa jenuh kamu ketika #DiRumahAja. Kamu bisa lho, memperkaya diri dan memanfaatkan waktu luang dengan mempelajari bahasa asing. Terlebih, zaman sekarang kebutuhan berbahasa asing menjadi sebuah hal yang diperlukan baik dari segi pendidikan maupun pekerjaan. Dengan kemampuan berbahasa asing yang mumpuni, kamu bisa meraih pekerjaan yang lebih baik juga.

Tapi, kendala biaya menjadi alasan banyak yang belum mempelajari bahasa asing. Apalagi, tatap muka juga menjadi kendala lain ketika menjalankan physical distancing seperti ini. Beruntungnya, di era digital saat ini, kamu tetap bisa belajar bahasa asing dengan mudah, nyaman, dan menyenangkan hanya dari aplikasi di layar ponselmu. Yuk, gunakan waktu luang kamu selama #DiRumahAja dengan mempelajari bahasa baru dari aplikasi pintar berikut: 

1. Memrise

Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratiswww.comparaplano.com.br

Aplikasi pintar yang bikin kamu mahir berbahasa asing hanya dengan mempelajari kosa kata, latihan mendengarkan, latihan mengucapkan, latihan mengeja dari level kata sampai menyusun kalimat. Semua tersedia dalam satu aplikasi. Tidak hanya dapat belajar bahasa Inggris, tapi kamu juga dapat memilih bahasa asing lain yang ingin kamu pelajari. 

Aplikasi rilisan developer Memrise Education ini juga menyediakan faslitas belajar bahasa secara offline. Artinya, kamu tetap bisa belajar sepuas hatimu meski tidak terhubung dengan internet dan aplikasi ini, juga gratis untuk diunduh di App Store. Dengan Memrise, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa asingmu dengan cara yang murah sekaligus menyenangkan. Tak perlu takut lagi deh, kalau dites dengan bahasa asing. 

2. Duolingo

Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratiswww.theverge.com

Aplikasi belajar bahasa yang diluncurkan oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker ini, mempermudah kamu mempelajari bahasa asing hanya dari layar ponsel. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan satu jenis bahasa tapi puluhan bahasa asing bisa dipelajari termasuk bahasa Italia. 

Di Duolingo, kamu juga diberi kesempatan untuk memahami kosa kata dasar yang belum kamu ketahui. Pada pelajaran dasar, kamu akan diberi serangkaian proses belajar kosa kata dasar yang sangat menyenangkan dan penuh warna. Jadi, nggak terasa belajar bahasa asing, sih. Di lever dasar, ada tiga pelajaran yang harus kamu selesaikan sebelum lanjut ke tingkat selanjutnya. 

Tak hanya itu, Duolingo juga menyiapkan fasilitas merekam pertanyaan dengan fitur audio uploads sehingga kamu bisa mendapat respon dari native speaker mengenai aksen yang kamu gunakan. Keren banget, kan

3. Eggbun

Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratiswww.10mag.com

Kalau aplikasi yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka dengan K-pop dan ingin mempelajari bahasanya secara ringan. Aplikasi yang bernama Eggbun menyediakan program bahasa dalam 4 aspek sekaligus. Saat mengunduhnya, kamu akan dapat mempelajari bahasa Korea dari memahami kosa kata, membaca, menulis, mendengar, sampai berbicara dengan salah satu fitur chatbot tutor. Terasa nggak sepi, deh, pas belajar bahasa. 

Fitur chatbot tutor Eggbun ini bernama Lanny. Di chatbot, kamu akan belajar seperti sedang mengobrol bersama tutor asli dan disediakan keyboard khusus Bahasa Korea. Jadi, nggak perlu bingung harus mengetik huruf hangeul-nya. Aplikasi Eggbun sangat memudahkan kamu mempelajari bahasa Korea tanpa terasa bosan. Kalau sudah mahir, kamu bisa memperlihatkan kemampuan bahasa Koreamu ke teman-teman. Biar mereka tertarik belajar bareng denganmu di Eggbun. 

4. HelloTalk

Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratiswww.igeeksblog.com

JIka kamu membayangkan belajar bahasa asing dengan pengajar native dan mampu meningkatkan kemampuan berbicara, maka Hello Talk bisa menjadi solusi tepat buat kamu. 

Keunikan dari aplikasi Hello Talk adalah berfokus pada obrolan orang-orang yang ingin merasakan pengalaman chatting sambil belajar langsung dengan orang yang berbahasa asing. Jadi, kamu akan seperti belajar dengan teman dari negara lain. Selain itu, Hello Talk juga punya fitur unggulan lain, seperti konversi suara ke teks atau sebaliknya. 

Kamu juga nggak perlu khawatir jika salah menerjermahkan atau mengetik, Hello Talk bisa merevisi kesalahan gramatikal dalam kalimat yang salah diketik. Siapa tahu, kamu dapat teman dari negara lain saat menggunakan aplikasi ini sekaligus memperlancar komunikasi menggunakan bahasa asing. 

5. Rosetta Stone

Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratiswww.rosettastone.com

Buat kamu yang lagi mencari aplikasi belajara bahasa asing yang bisa mengoreksi cara pengucapan, kamu perlu coba Rosetta Stone. Salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang dilengkapi speech recognition. Uniknya, kamu juga bisa melihat bentuk gelombang suara dari kata yang kita ucapkan, lho

Aplikasi bahasa asing dari Rosetta Stone terdiri dari sejumlah bahasa termasuk jika kamu ingin belajar tentang bahasa Arab, Mandarin, Prancis, Rusia, sampai Spanyol. Aplikasi ini juga disertai dengan gambar yang menyenangkan. Di Rosetta Stone, kamu dapat mengetahui kelemahanmu di bagian apa. Apakah writing, vocabulary, atau grammar, melalui score yang ditampilkan sehingga kamu dapat memperbaiki dan meningkatkan di bagian tersebut. 

Nah, belajar bahasa asing tak lagi terkendala dengan apapun. Kamu bisa makin pintar meski berada di rumah. Jadi, nggak ada alasan buat kamu untuk merasa bosan. Tetap asyik selama melakukan aktivitas #DiRumahAja, Bela.

Baca Juga: Simak 5 Kesalahan yang Kamu Lakukan Saat Belajar Bahasa Baru

Baca Juga: Mana yang Lebih Penting di Mata Rekruter : Soft Skill vs Hard Skill ?

Baca Juga: 5 Soft Skill Penting yang Wajib Kamu Miliki Kalau Ingin Segera Dipromosikan