Ravi 'VIXX' baru saja merilis mini album keempat, Roses dan lagu solo terbarunya berjudul "Cardigan" featuring Wonstein. Dalam waktu singkat, mini album Ravi 'VIXX' langsung mencuri perhatian. Kedua lagu Ravi 'VIXX', yakni "Cardigan" dan "Flower Garden", berhasil menempati peringkat di tangga lagu Korea Selatan.

Di balik kesuksesan yang Ravi raih, salah satu lagu B-side berjudul "Red Velvet" featuring Jamie justru menuai kritikan tajam dari warganet dan ReVeluv (sebutan fans setia Red Velvet). Bahkan, nama Ravi menjadi perbincangan hangat di komunitas daring Korea. 

Sebenarnya, apa yang menjadi alasan lagu B-side "Red Velvet" milik Ravi mendapat kritikan dari berbagai kalangan? Benarkah karena di lagu "Red Velvet" berlirik sensual? Daripada menduga-duga, intip alasan lirik lagu "Red Velvet" Ravi 'VIXX' menuai kritik di sini. 

Lagu 'Red Velvet' Ravi berlirik sensual

Lirik Lagu 'Red Velvet' Ravi Tuai Kritik, Ini 5 Alasannya!Koreaboo.com

Di dalam lirik "Red Velvet", Ravi membuka lagu tersebut dengan kalimat 'Aku mengigit Red Velvet / Karena aku tahu, kamu mencintaiku'. Semula, warganet menduga lirik lagu Ravi mengacu pada kue Red Velvet yang manis. 

Namun, dugaan warganet berubah usai melihat keseluruhan lirik lagu "Red Velvet" milik Ravi yang banyak menyertakan frasa dari grup besutan SM Entertainment, Red Velvet. Pada bait terakhir, terdapat kata 'Dumb Dumb' dan 'Russian Roulette' yang merupakan judul lagu Red Velvet sekitar tahun 2015-2016 lalu. 

Tidak hanya itu, lirik lagu "Red Velvet" Ravi juga terdapat kedua nama anggota Red Velvet, yakni Sooyoung (nama asli dari Joy) dan Yeri. Hal ini yang membuat ReVeluv dan warganet segera bertindak karena mengkhawatirkan lirik lagu "Red Velvet" Ravi mengandung metafora bernada sensual.  

Lagu Ravi langsung menuai kritikan

Lirik Lagu 'Red Velvet' Ravi Tuai Kritik, Ini 5 Alasannya!Berbagai sumber

Usai mengetahu lirik lagu "Red Velvet" yang diduga berlirik sensual dan tanpa seizin dari pemilik grup, warganet Korea langsung bereaksi keras dan memberikan kritikan tajam kepada Ravi di berbagai komunitas daring. 

Beberapa komentar tajam dari warganet dilontarkan, "Mengapa semua rapper seperti ini?", "Aku tidak peduli, apakah ia berkencan dengan Taeyeon atau tidak. Tapi, mengapa Red Velvet?".

"Bait pertama tentang menggigit Red Velvet membuat suasana hatiku buruk. Apa-apaan ini?", "Apa itu? Kenapa dia menulis lirik seperti itu? Apakah ia pernah berdiskusi tentang hal ini dengan Red Velvet" dan masih banyak lagi komentar yang diarahkan kepada Ravi.

Dalam waktu dua jam, postingan yang mengecam Ravi di sebuah komunitas daring mencapai lebih dari 1.350 komentar. Banyak warganet yang menuduh Ravi melakukan pelecehan seksual ke Red Velvet melalui lirik lagu.

Ravi mengaku terinpirasi dari kue Red Velvet

Lirik Lagu 'Red Velvet' Ravi Tuai Kritik, Ini 5 Alasannya!Berbagai sumber

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal Korea, Ravi mengungkapkan jika lirik lagu "Red Velvet" terinpirasi dari kue manis, Red Velvet dan tidak bermaksud menggunakan makna yang tidak pantas. 

Meski ia tidak menampik bahwa ia meminjam referensi kata dari grup Red Velvet untuk lagunya tersebut. Beberapa elemen dari grup Red Velvet akan terasa menyenangkan jika dimasukan ke dalam lirik, seperti kalimat 'Dumb Dumb Dum Dum'. "Bagaimanapun, kalimat tersebut mengingatkan pada Red Velvet. Jadi, aku ingin membuat lagu ini terasa menyenangkan."

Ravi membantah dekat dengan Red Velvet

Lirik Lagu 'Red Velvet' Ravi Tuai Kritik, Ini 5 Alasannya!Twitter.com/reveluvindia

Melihat Ravi yang konsisten memasukan frasa dari Red Velvet, membuat ia dituduh oleh warganet memiliki kedekatan khusus dengan anggota grup. Namun, Ravi dengan tegas membantah, "Tidak, saya tidak mengenal mereka secara pribadi"

Walaupun menampik tuduhan tersebut, sebenarnya Ravi pernah berpartisipasi dalam proyek 2020 Cool Summer bersama Yeri dan artis lainnya berjudul “Woman on the Beach” dan “Sorrow”.  

Ravi merilis permintaan maaf

Lirik Lagu 'Red Velvet' Ravi Tuai Kritik, Ini 5 Alasannya!Koreatimes.co.kr

Setelah menerima banyak kecaman dan kritikan dari warganet dan ReVeluv, akhirnya Ravi secara pribadi menuliskan permintaan maafnya di sosial media. 

"Halo, ini saya Ravi. Saya ingin membicarakan tentang kontroversi dari lagu yang dirilis dalam album mini, Roses. Pertama, saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada anggota Red Velvet yang disebutkan dalam lirik dan staf SM Entertainment. saya juga ingin meminta kepada semua penggemar yang telah mendengarnya."

"Seharusnya, saya meminta maaf lebih awal, tetapi saya minta maaf karena permintaan maaf datang terlambat. Secara pribadi, saya menelepon SM Entertainment untuk meminta maaf kepada anggota grup. Tentu saja, saya merasa bertanggung jawab dan menyesal atas situasi yang terjadi."

"Tidak hanya bertanggung jawab sebagai Ravi, namun saya juga bertanggung jawab atas GROOVL1N. Sayangnya, saat mengerjakan lagu ini, saya tidak menyadari bahwa banyak orang yang merasa liriknya tidak nyaman. Lagu ini dimaksudkan untuk mengekspresikan energi manis dan cerah, tetapi hadirnya frasa dari grup tertentu menjadi tanggung jawab saya untuk memikirkan hal tersebut seharusnya."

"Setelah berkonsultasi dengan distributor, kami memutuskan untuk menghapus lagu tersebut dari situs musik daring. Mungkin perlu waktu, tapi kami akan melakukan tindakan sesegera mungkin. Sekali lagi, saya meminta maaf kepada semua orang yang kecewa dengan tindakan saya. Saya akan mencoba untuk tidak mengecewakan kalian lagi."

Akhirnya, kritikan lirik lagu "Red Velvet" milik Ravi 'VIXX' teratasi dengan baik dan bijak. Semoga kritikan di lirik lagu tersebut bisa menjadi bahan perenungan untuk Ravi, ya, Bela. 

Baca Juga: Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknya

Baca Juga: Tuai Pro dan Kontra, Perilaku Irene Red Velvet Ini Berdampak ke Grup 

Baca Juga: Imbas Kontroversi, 5 Dampak Ini Dirasakan oleh Seo Ye Ji