Saat ini, popularitas artis Korea Selatan begitu mencuri perhatian dunia, ada banyak musisi atau selebritas dari berbagai negara yang pernah atau ingin berkolaborasi dengan artis asal negeri Ginseng tersebut. Tak terkecuali, artis Indonesia, nih. 

Kerennya, beberapa artis Tanah Air pernah berkolaborasi bareng dengan selebritas papan atas Korea Selatan, baik dari dunia tarik suara atau seni peran. Kabarnya, salah satu musisi terbaik Indonesia tengah mempersiapkan kolaborasi terbaru dengan penyanyi hip-hop Korea Selatan. Hhmm, jadi iri, deh!

Kira-kira, siapa yang akan berkolaborasi? Lantas, siapa saja artis Indonesia yang beruntung bisa sedekat itu dengan para artis Korea yang dikagumi oleh banyak pihak? Ini dia daftar lengkapnya. 

1. Tatjana Saphira-Gong Yoo

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriPinterest.com

Pada akhir tahun 2016, publik Indonesia dikejutkan dengan kabar kolaborasi antara Tatjana Saphira dan Gong Yoo. Pasalnya, aktor tersebut baru saja menamatkan drama Goblin, namun langsung menggaet dara manis kelahiran 1997 sebagai lawan mainnya di sebuah iklan ponsel pintar. 

Menariknya, Tatjana dan Gong Yoo berperan sebagai sepasang kekasih. Dalam iklan tersebut, ada beberapa adegan romantis yang sukses membuat para penggemar iri berat. Terlebih, sesi pemotretan keduanya tampak terlihat serasi. 

Usai dari Gong Yoo, Tatjana juga beruntung banget bisa bertemu dengan para artis Korea lain dalam acara penghargaan bergengsi, seperti Park Seo Joon dan Son Ye Jin. Wah, kalah saing sama Tatjana, nih!

2. Stephanie Poetri-Jackson GOT7

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriIdntimes.com

Putri dari salah satu musisi ternama Indonesia, Titi DJ langsung melejit kala ia membawakan lagu "I Love You 3000" di akun YouTube pribadinya tahun 2019 lalu. Lagu tersebut menjadi trending topic dan dinyanyikan ulang oleh banyak orang. 

Berkat lagu tersebut, Stephanie direkrut secara resmi oleh manajemen artis 88rising. Kesuksesannya tidak berhenti sampai di situ saja, ia juga menggapai mimpi dengan berkolaborasi bareng Jackson, salah satu rapper dari GOT7. 

Bahkan, lagu yang terinspirasi dari film Avengers: End Game ini juga masuk ke dalam album Heads in The Clouds besutan 88rising. Selain itu, "I Love You 3000" turut dibuatkan video musik khusus bareng Jackson, pada 15 Oktober 2019. Sungguh, mimpi yang berubah menjadi kenyataan, ya. 

3. Rich Brian-Chungha

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriWowkeren.com

Rapper asal Indonesia yang terkenal berkat single hits berjudul "Dat $tick", Rich Brian, juga mendapat kesempatan kolaborasi bareng Chungha, lho. Keduanya merilis single "These Nights"  pada Oktober 2019 lalu. 

Dalam lagu tersebut, Rich Brian tampil dengan gaya retro 1980-an. Musisi yang tergabung dalam agensi 88rising ini sukses membuat publik Indonesiaterkesima dengan bakat bermusiknya yang berada dalam genre pop.

Menariknya lagi, Rich Brian nggak hanya berkolaborasi dengan Chungha. Sebelumnya, ia juga pernah berkolaborasi mantan rapper dari grup ternama SM Entertainment, yakni Kris Wu. Yup, Kris dulunya merupakan leader EXO-M. 

4. Agnez Mo-Jay Park

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriPinterest.com, Twitter.com/agnezmoxteam

Ini dia salah satu kolaborasi epik yang ditunggu-tunggu oleh publik, lantaran musisi berbakat Indonesia yang sudah mendunia, yakni Agnez Mo sempat memberikan bocoran kalau dirinya bakal berkolaborasi dengan Jay Park saat live di Instagram. 

Jika sesuai rencana, Agnez akan bertolak ke Korea Selatan pada September mendatang untuk mempersiapkan lagu kolaborasi mereka. Selain itu, Agnez mengonfirmasi jika dirinya dan Jay sudah cukup akrab. 

Mereka juga kerap berinteraksi melalui DM Instagram untuk membicarakan musik dan lagu-lagu yang tengah mereka buat. Bahkan, mereka sudah saling follow satu sama lain. Makin nggak sabar melihat penampilan mereka berdua, nih.

5. Caitlin Halderman-Thunder eks MBLAQ

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriMetrobali.com

Aktris muda berbakat, Caitlin Halderman sangat beruntung bisa bertemu langsung dan beradu peran dengan mantan anggota dari grup MBLAQ, yakni Thunder yang merupakan adik dari penyanyi hip-hop, Sandra Park. 

Keduanya bermain dalam sebuah film romansa berjudul Forever Holiday in Bali pada 2018 silam. Meski jarak usia mereka terpaut 10 tahun, namun akting keduanya cukup menyita perhatian penggemar. Film ini nggak hanya ditayangkan di Indonesia, tetapi di beberapa negara lain, seperti Malaysia, Korea Selatan, Filipina dan juga Taiwan. Hhmm, gimana, ya, rasa sedekat itu sama Oppa? 

6. Joe Taslim-Minyuk BTOB

Kolaborasi Bareng, 6 Artis Indonesia-Korea Ini Bikin Penggemar IriSoompi.com

Akting Joe Tasim di dunia seni peran memang juara banget, berbagai judul film pernah ia perankan. Selain itu, pemain film Fast & Furious 6 ini juga banyak berpartispipasi dengan film-film besutan luar negeri. 

Kepiawaannya bermain peran sukses membuat Korea Selatan tertarik berkolaborasi dengan Joe Taslim, nih. Laki-laki kelahiran 1981 ini berhasil mendapatkan peran di salah satu film sejarah berjudul Swordsman pada 2018 silam. 

Di film ini, Joe Taslim juga berkesempatan main bareng salah satu anggota BTOB, lho, yaitu Minhyuk. Bahkan, Joe pernah foto bersama dengan Minhyuk di laman Instagram pribadinya. Ia juga nggak segan menggunakan bahasa Korea dalam setiap caption-nya.

Ternyata, banyak juga kolaborasi menarik antara dua negara Asia ini. Ada nggak kolaborasi yang kamu nunggu antara artis Indonesia dengan Korea, nih, Bela?

Baca Juga: Punya Harta Rp452 Miliar, Agnez Mo Jadi Penyanyi Terkaya di Indonesia 

Baca Juga: Bangga! Tatjana Saphira Raih Penghargaan Internasional di Seoul

Baca Juga: Bikin Karya Bersama, Deretan Penyanyi Ini Pernah Kolaborasi Bareng IU