Direncanakan debut pada Mei mendatang, pengenalan Kim Garam sebagai salah satu anggota girlgroup baru HYBE Labels dan Source Music disambut rumor tak sedap. Saat foto debut dirilis pihak agensi, Kim Garam menerima respon positif berkat visualnya yang indah. 

Namun, situasi berbalik dalam sekejap. Kim Garam dituduh melakukan tindakan bullying dan berperilaku buruk semasa sekolah. Beberapa bukti percakapan dan foto masa lalunya beredar luas di media sosial. 

Kontroversi Kim Garam 'LE SSERAFIM' yang memanas di media sosial segera ditanggapi oleh pihak agensi. Lantas, benarkah Kim Garam melakukan aksi bullying dan memakai seragam sekolah kurang pantas di masa lalu? Melansir dari Kbizoom.com, ini faktanya.

Bermulai dari unggahan seorang warganet

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Kbizoom.com

Rumor bullying Kim Garam 'LE SSERAFIM bermula dari unggahan seorang warganet di komunitas daring Korea Selatan. Ia mengunggah foto masa lalu sang calon idol dengan tajuk utama 'Ini adalah foto masa lalu paling mengejutkan dari Kim Garam LE SSERAFIM'

Foto yang dibagikan oleh warganet itu memperlihatkan sebuah papan tulis yang dipenuhi gambar tidak senonoh. Di depannya, tampak Kim Garam berpose dengan beberapa teman-temannya. 

Foto masa lalu Kim Garam bersama temannya itu dinilai beberapa warganet Korea tidak pantas untuk seorang pelajar, ditambah ada konten seksual di latar belakang foto. 

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Kbizoom.com

Namun, seseorang yang mengaku sebagai teman Kim Garam membuat unggahan lain dengan pernyataan bahwa Kim Garam dipaksa untuk mengambil foto tersebut, tanpa mengetahui gambar yang ada di belakang layar.

Orang tersebut juga mengungkapkan bahwa Kim Garam sempat meminta fotonya dihapus setelah ia mengetahui gambar tidak pantas yang ada di papan tulis. 

Kim Garam dituding menjadi pelaku bullying

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Kbizoom.com

Berlanjut ke pengakuan warganet berbeda. Rumor Kim Garam 'LE SSERAFIM' semakin meluas. Kim Garam dituding oleh warganet lain sebagai pelaku bullying di masa sekolah.

Demi mendukung pernyataannya, warganet itu membagikan percakapan saat Kim Garam yang mengertak teman dan adik kelasnya. Ia bahkan dituduh melecehkan beberapa mahasiswa di kampus, merokok, memotong rok seragam sekolah lebih pendek dari peraturan, hingga mabuk saat masih berusia di bawah umur. 

Dirumorkan telah dikeluarkan dari line debut IVE

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Kbizoom.com

Tak hanya dituduh bullying dan melakukan beberapa tindakan kurang pantas di masa lalu, tetapi kehidupan masa trainee Kim Garam juga terkuak. Ada beberapa informasi yang mengungkapkan jika ia pernah menjadi trainee Starship Entertainment dan kemungkinan dikeluarkan dari line debut IVE. 

Rumor bullying Kim Garam diwarnai pro-kontra

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Soompi.com

Usai banyaknya bukti yang berbedar, rumor bullying Kim Garam langsung menuai pro dan kontra di kalangan warganet Korea. Di satu sisi, warganet belum bisa memercayai rumor tersebut, mengingat kejadian tersebut sempat dialami oleh salah satu anggota AESPA dan terbukti palsu.

"Ada banyak klaim seperti ini terjadi, jadi aku sulit memercayainya."

"Tidak ada bukti kuat. Ia hanya berbicara. Lebh baik aku menunggu kepastian rumor ini."  

"Bagaimana mungkin mengatakan jika bukti chat itu asli? Itu dapat dimanipulasi dengan mudah."

Sementara di sisi lain, warganet bersimpati terhadap korban bullying Kim Garam. Mereka juga tidak ingin melihat seorang bintang idola adalah pelaku bullying di masa lalu, jika isu tersebut terbukti kebenarannya   

Agensi langsung memberikan tanggapan

Kim Garam 'LE SSERAFIM' Dituduh Bullying, Ini Deretan Faktanya!Allkpop.com

Mengetahui calon bintang idolanya terseret kontroversi, Source Music dan HYBE Labels selaku agensi yang menaungi debut LE SSERAFIM langsung memberikan tanggapan. 

"Sejak kemarin, rumor online seputar Kim Garam pertama kali diangkat. HYBE telah melakukan upaya untuk mengonfirmasi fakta tersebut. Setelah pencarian menyeluruh, kami menemukan bahwa tuduhan itu berkisar pada kejadian awal masa sekolah menengah Kim Garam."

HYBE Labels dan Source Music mengungkapkan bahwa Kim Garam baru mengenal teman-teman sekelasnya dan kejadian itu diedit dengan niat jahat. Mereka mengatakan jika pihak ketiga telah mengonfirmasi bahwa Kim Garam sebenarnya bukan pengganggu, tetapi korban dari berbagai rumor jahat dan penindasan di dunia maya selama masa sekolah menengahnya. 

Serta, rumor mengenai Kim Garam adalah mantan trainee agensi lain atau ada dokumen dari HYBE Labels yang bocor, sepenuhnya salah. Agensi menyatakan jika sejumlah besar tuduhan ini diajukan untuk memfitnah Kim Garam, yang akan memulai debutnya. 

Pihak agensi juga tidak akan tinggal diam. Mereka mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap siapa pun yang menyebarkan rumor sepihak, berlebihan, atau palsu mengenai artis mereka. 

Hati-hati dalam menyebarkan rumor tidak terbukti, ya.

Baca Juga: 7 Kasus Bully Paling Menggegerkan Industri Hiburan Korea Selatan

Baca Juga: Tak Terima Anaknya Di-bully, 5 Artis Ini Laporkan Netizen ke Polisi

Baca Juga: Ini Karma yang Diterima Haters Terhadap Bullying ke Idol Kpop