Dalam setiap grup Kpop, pasti memiliki anggota termuda atau disebut maknae. Biasanya, anggota termuda atau maknae ini identik dengan sifat yang lucu, menggemaskan, patuh, dan menghormati anggota grup lain yang lebih tua.

Namun, lain hal dengan para maknae satu ini, mereka dikenal dengan sifat super jahilnya yang luar biasa. Bahkan, para hyung-nya (anggota tertua) sampai harus bersabar untuk menghadapi sifat super jahil dari sang maknae. Makanya, nggak salah kalau mereka ini terkenal sebagai 'evil maknae'. 

Meski anggota tertua sering menjadi korban kejahilan, namun 'evil maknae' tetap menjadi adik yang paling disayangi dan dimanja oleh para anggota, lho. Nah, siapa saja maknae di grup Kpop yang terkenal sebagai 'evil maknae'? Kejahilan apa yang pernah dilakukan ke anggota tertua? Ini dia daftar lengkapnya, Bela. 

1. Changmin 'TVXQ'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Forbes.com

Pelantun dari lagu "Mirrotic" ini cukup terkenal di kalangan penggemar sebagai seorang evil maknae di grup TVXQ. Saat masih beranggotakan lima orang, sifat super jahil Changmin sudah berada di level yang berbeda. Bagaimana mungkin, seorang maknae bisa bertindak layaknya seorang leader? Namun, hal ini bisa terjadi jika Changmin yang melakukannya. 

Ia pernah memarahi atau memerintah anggota tertua di TVXQ, seolah-olah Changmin adalah seorang leader grup. Kocaknya, anggota TVXQ lainnya hanya bisa pasrah dan menuruti apa yang diperintahkan oleh Changmin. 

Nggak hanya itu, saat TVXQ hanya tinggal dua orang, Changmin nggak mau mengakui Yunho sebagai leader dan kerap menggoda Yunho dengan berbagai tingkah usilnya. Karena sudah mengetahui tabiat super jahil dari sang maknae, Yunho hanya bisa tertawa jika Changmin lagi berulah, nih. Duh, ada-ada saja tingkah Changmin ini, ya, Bela.  

Meski begitu, sifat ini pula yang membuat hubungan kedua anggota TVXQ ini semakin erat dan saling mendukung satu sama lain, lho

2. Kyuhyun 'Super Junior'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Allkpop.com

Para ELF (sebutan penggemar Super Junior) pasti sudah tidak asing lagi dengan sifat super jahil dari anggota Super Junior bernama Kyuhyun. Laki-laki yang baru saja merilis single berjudul "Moving On" ini tidak pernah pandang bulu untuk bertingkah jahil. 

Hampir semua anggota Super Junior pernah merasakan kejahilan dari Kyuhyun. Bahkan, Kyuhyun memiliki jadwal untuk menjahili para hyung-nya, nih. Nggak sekadar jahil, namun Kyuhyun juga dikenal dengan kalimat pedas dan jujurnya. 

Sama seperti Changmin 'TVXQ', Kyuhyun juga masuk ke dalam deretan maknae yang enggan menyebut kata hyung ketika memanggil anggota tertua. Yesung sendiri pernah mengakui kalau dirinya lelah menghadapi tingkah jahil Kyuhyun yang berada di atas rata-rata sebagai seorang anggota termuda. Wah, Yesung mesti banyak-banyak bersabar menghadapi Kyuhyun, nih.

Meski begitu, para anggota Super Junior yang lain tetap menyayangi Kyuhyun sebagai adik mereka di grup. Malah, penggemar selalu menunggu momen Kyuhyun menjahili anggota tertua solanya kejahilan Kyuhyun menjadi salah satu aksi paling menghibur. 

3. Chansung '2PM'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Pinterest.com

Awalnya, banyak yang mengira jika Chansung bukan seorang maknae karena parasnya tidak mencerminkan sosok maknae, ditambah dengan tinggi tubuhnya yang menjulang melebihi anggota tertua di 2PM. Kenyataannya, laki-laki yang baru saja keluar dari wajib militernya bulan Januari 2021 lalu tersebut, justru terkenal sebagai evil maknae di 2PM. 

Sifat super jahil Chansung juga kerap membuat anggota tertua harus bersabar diri menghadapi tingkah usil dan kekanak-kanakan dari sang maknae ini. Kalau sudah muncul sifat super jahilnya, rekor keusilan Chansung hampir menyamai dengan mantan anggota 2PM, Jay Park. 

Chansung nggak segan buat menatap tajam ke anggota tertua tanpa merasa bersalah. Bahkan, saat sedang jahil, Chansung sering lupa diri kalau ia mempunyai kekuatan ekstra yang membuat anggota tertua sering 'kehabisan napas' untuk menghentikan keusilan Chansung, seperti memukul atau menggoda anggota 2PM lain, lalu berlari sekuat tenaga menghindari kejaran dari anggota 2PM yang dijahilinya. Duh, ada-ada saja tingkah usil dari Chansung, ya

4. Hyuk 'VIXX'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Koreaboo.com

Saat pertama kali berjumpa dengan Hyuk, leader VIXX mengatakan kalau Hyuk adalah sosok maknae yang imut, menggemaskan, dan penurut. Tapi, perlahan sifat imut dari Hyuk mulai berubah menjadi sifat super jahil yang setara dengan evil maknae. 

Bahkan, anggota VIXX lain juga menyetujui jika Hyuk yang dulu menggemaskan telah mengubah menjadi maknae super jahil. Saking jahilnya, para anggota VIXX memilih untuk menghindari Hyuk daripada harus terkena kejahilannya. 

Serupa dengan Chansung, Hyuk juga memiliki tenaga yang ekstra. Ia tidak segan memukul atau menganggu anggota tertua. Makanya, Hyuk terpilih sebagai anggota termuda VIXX yang menakutkan di grup.  

5. Sungjae 'BTOB'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Kpopping.com

Tidak hanya berbakat di bidang tarik suara dan akting, namun Sungjae juga dikenal dengan sifat super jahilnya yang luar biasa, lho. Menurut pengakuan para anggota BTOB, tingkah jahil Sungjae mempunyai tingkat yang berbeda-beda. 

Di tingkat pertama, anggota tertua BTOB masih menanggapinya dengan santai karena masih biasa saja. Namun, jika sifat jahilnya sudah masuk tingkat kedua, maka kesabaran anggota BTOB perlu ditingkatkan, nih.

Memasuki tingkat kedua ini, Sungjae sudah bisa membuat para hyung-nya kesal dan geram. Apalagi, kalau sudah berhubungan dengan permainan gim. Sungjae senang mengacaukan anggota BTOB lain saat sedang asyik bermain game sampai gagal, lho. Walaupun sering bikin kesal, Sungjae tetap menjadi adik kesayangan dari BTOB, nih

6. Chanwoo 'iKON'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Twitter.com/chanwoopic

Saat pertama kali bergabung dengan iKON, Chanwoo yang dulu seorang aktor cilik sempat terlihat sebagai seorang maknae yang kalem dan penurut. Namun, keadaan berubah dengan cepat ketika anggota iKON sudah saling dekat satu sama lain, nih. 

Sifat kalem dan penurut yang terlihat diawal berubah menjadi sosok maknae yang usil dan super jahil. Dari sinilah, Chanwoo mulai terkenal sebagai evil maknae-nya iKON. Malah kejahilannya itu membuat Chanwoo mendapat julukan lain dari Bobby, yakni 'Satan Chanwoo'. 

Malah, Chanwoo pernah mengutarakan rasa cintanya ke hyung-nya seolah-olah mereka sepantaran. Bahkan, ia mengungkapkan kalau para hyung-nya adalah miliknya dan berada di genggamannya. Sekalipun dibuat kesal oleh Chanwoo, namun anggota iKON tetap menganggap Chanwoo sebagai maknae terbaik. Yunhyeong sendiri sangat dekat sama Chanwoo, Bela.  

7. Yugyeom 'GOT7'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Kpopping.com

Tampaknya hampir semua maknae JYP Entertainment dikenal dengan sifat super jahilnya, nggak terkecuali dengan Yugyeom, nih. Ia tidak pernah takut untuk menjahili anggota tertua GOT7 termasuk sang leader, JB dan sang member savage, Jinyoung.

Tingkah kejahilan Yugyeom sungguh bervariasi dari hanya menggoda, memukul, sampai menyimpan nomor telepon anggota GOT7 lain dengan nama yang aneh dan unik. Saat ditanya mengenai sifat usilnya itu, Yugyeom menjawab bahwa dirinya belajar jahil dari anggota GOT7 lain. Harus ekstra sabar menghadapi Yugyeom, nih.

Sering menjadi korban keusilan Yugyeom, anggota GOT7 lain berusaha membalikkan keadaan. Namun, tetap saja seorang evil maknae tidak pernah terkalahkan. Yugyeom tetap menjadi maknae yang bisa membuat para anggota kewalahan dan memilih untuk menghindarinya. Berkat kejahilannya, semua anggota menjadi dekat satu sama lain, dan terlihat sekali rasa kekeluargaannya. 

8. Sehun 'EXO'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Hellokpop.com

Memiliki paras tampan dengan tatapan mata yang tajam tidak akan ada yang menyangka jika Sehun masuk dalam jajaran evil maknae. Suho, sang leader saja sampai kewahalan menangani sifat super jahil Sehun.

Laki-laki pemilik tinggi 183 cm ini pernah secara sengaja menginjak sepatu Chen saat pemotretan sebuah majalah. Nggak hanya itu, ia pernah mengusulkan untuk bermain Yaja Time agar ia bisa merasakan menjadi anggota tertua dan bersikap tidak sopan ke anggota lain sebagai bahan bercandaan.

Berada satu tingkatan dengan Kyuhyun 'Super Junior' dan Changmin 'TVXQ', Sehun sering melontarkan perkataan yang pedas, cepat, dan licik sebagai balasan terhadap hyung-nya. Meski sering bertingkah jahil, anggota EXO tetap menyayangi Sehun seperti adik kecil kesayangannya. Bahkan, kejahilan Sehun tidak mengurangi popularitasnya di kalangan para noona (sebutan perempuan yang lebih tua). Pesona tampannya sulit untuk ditolak, Bela.

9. Jungkook 'BTS'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Pinkvilla.com

Selain memiliki julukan Golden Maknae-nya, Jungkook juga dikenal sebagai anggota paling jahil di grup alias evil maknae. Bahkan, Jimin dan Jin pernah mengungkapkan kalau mereka bisa menulis novel tentang kelakukan Jungkook yang super ajaib ini. 

Jin, anggota tertua saja sampai kalah dan kehabisan kata-kata saat bermain game Of Course dengan Jungkook. Dengan candaan khas Jungkook, ia berani untuk menjahili, mengusili, bahkan memukul para hyung-nya. Jangan berharap bisa melihat Jungkook bersikap manis dalam jangka waktu lama. 

Tingkah super jahil Jungkook memang bikin kesal anggota lain, tapi satu sisi kejahilan Jungkook ke hyung-nya bikin penggemar kangen dan ikut tertawa karena para hyung-nya harang ada yang berani membalas kenakalan dari Jungkook ini. Mereka, anggota tertua sudah mengganggap kejahilan Jungkook sebagai bagian dari kasang sayang maknae dengan cara yang berbeda.

10. Dino 'Seventeen'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Channel-korea.com

Kalau dulu, Dino 'Seventeen' terlihat sebagai 'bayi' untuk anggota lain. Namun, seiring pertumbuhan usianya, Dino membuktikan bahwa dirinya bukan lagi 'bayi' yang bisa terus-terusan dimanja, tapi ia juga udah bisa menjahili dan mengusili para anggota tertua. 

Melalui kata-kata 'pedas'nya, Dino sudah bisa membalas ucapan anggota tertua tanpa merasa takut. Vernon sendiri pernah menjadi korban kejahilan dari Dino, lho. Namun, tetap saja senakal atau sejahil apapun maknae, mereka tetap kesayangan grup. 

11. Chani 'SF9'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Pinterest.com

Laki-laki yang baru saja menjadi cameo di drama True Beauty jika dilihat sekilas, penampilannya sungguh terlihat seperti 'bayi' yang menggemaskan, ditambah Chani memang termasuk maknae di grup SF9. 

Tapi, jika sudah mengenalnya, kata menggemaskan bisa berubah menjadi mengesalkan. Soalnya, Chani memang anggota yang dikenal sebagai evil maknae, nih. Ia pernah mengusili anggota SF9 dengan serangga palsu Selain itu, Chani sempat berbicara menggunakan bahasa informal dengan anggota tertua. 

Ditambah dengan pengakuan Chani yang mengungkapkan kalau anggota lain terlalu kekanak-kanakan dan membuatnya kesal. Tunggu, jadi yang maknae SF9 di sini siapa? Chani ada-ada saja tingkahnya, ya. 

12. Jisung 'NCT'

Super Jahil, 12 Idol Kpop Pria Ini Terkenal Sebagai 'Evil Maknae' Twitter.com/nctdreamcenter

Meski ketambahan anggota baru di grup NCT, Jisung tetap menjadi anggota termuda di grup dan sub-unitnya, NCT Dream. Dapat dikatakan, Jisung seperti memiliki duality personality. Di satu sisi, ia terlihat sangat manis dan menggemaskan untuk penggemarnya. 

Namun di sisi lain, sifat manis Jisung bisa berubah super jahil ke para hyung-nya. Ia bahkan bisa bertindak seolah-olah menjadi anggota tertua dan menggoda anggota lain. Seperti, memindahkan barang milik hyung-nya biar mereka ketakutan atau bingung melihat barang yang dipakai tidak ada. Beruntung, para anggota tertua NCT pada sabar, ya

Jisung mengungkapkan kalau dirinya tidak membutuhkan Yaja Time seperti Sehun karena ia menganggap para hyung seperti seorang teman. Namun tetap saja sejahil apapun Jisung, anggota NCT lain selalu memperlakukan Jisung seperti 'bayi'. Disayang banget sama para anggota, nih.

Ternyata, tidak semua anggota termuda atau maknae grup, kalem-kalem, ya. Justru, ke-12 idol Kpop pria ini membuktikan bahwa mereka terkenal sebagai evil maknae di grup masing-masing. Menurut kamu, siapa yang paling pantas mendapat julukan evil maknae on the top, Bela?

Baca Juga: 10 Momen Manis Leader dan Maknae KPop yang Gemesin Banget!

Baca Juga: Kumpulan 14 Foto V BTS Bangun Tidur Ini Bikin Mesem-Mesem Sendiri

Baca Juga: Kocak! Beginilah 5 Aksi Curang Idol Kpop di Variety Show