Ketenaran Park Bo Gum tidak hanya digandrungi oleh warga Korea Selatan, tetapi juga menerima cinta yang luar biasa dari penggemar Internasional. Namun, kabar kurang baik menimpa bintang Record of Youth ini.

Nama besar Park Bo Gum disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan menyebabkan kerugian materiel dari penggemar di Brasil. Lantas, bagaimana kronologinya dan cara sang oknum mengelabui penggemar Park Bo Gum? Mengutip Kbizoom, berikut fakta yang harus kamu tahu di bawah ini.

Menyamar sebagai Park Bo Gum

Identitas Park Bo Gum Digunakan untuk Penipuan, Ini FaktanyaAllkpop.com

Konsulat Jenderal Republik Korea di Sao Paulo pada 19 September 2022 waktu setempat mengabarkan bahwa ada seorang perempuan Brasil bernama Angela yang mengalami banyak penipuan dari seorang laki-laki. 

Dikabarkan bahwa Angela adalah seorang penggemar drama Korea dan budaya Hallyu. Baru-baru ini, ia bertukar pesan di Instagram dengan seorang laki-laki. Pada 9 September 2022, laki-laki tersebut menyamar sebagai Park Bo Gum. 

Angela mengaku bahwa laki-laki tersebut memberitahu dirinya akan pergi ke Brasil. Tapi, ia membuat alasan jika dirinya harus melalui prosedur yang rumit dan perlu mengganti biaya agensi.

Laki-laki tersebut meminta Angela untuk mengirimkan uang sebanyak 50.000 real atau sekitar 13,41 juta won (setara Rp140 juta) dan berjanji akan menggantinya nanti.

Angela mengirimkan sejumlah uang tanpa ragu

Identitas Park Bo Gum Digunakan untuk Penipuan, Ini FaktanyaSoompi.com

Nahasnya, Angela tidak menaruh rasa curiga atau ragu saat ia diminta untuk mengirimkan sejumlah uang kepada laki-laki yang mengaku sebagai Park Bo Gum. Ia mengirimkan uang sesuai dengan jumlah yang diminta.

Setelah uang terkirim, Angela kehilangan kontak dengan laki-laki tersebut. Angela baru menyadari aksi tersebut adalah penipuan dan melaporkan kasusnya ke pihak Kepolisian setempat.

Kejahatan yang dilakukan oleh warga lokal

Identitas Park Bo Gum Digunakan untuk Penipuan, Ini FaktanyaKdramastars.com

Usai menerima laporan dan ditelusuri, pihak berwenang Brasil telah mengantongi identitas pelaku. Pihak berwenang mengonfirmasi bahwa laki-laki yang menyamar sebagai Park Bo Gum adalah warga lokal. 

Konsulat Jenderal Korea di Brasil mengatakan bahwa kebanyakan orang di media sosial yang berpura-pura mengaku sebagai selebritas adalah penipu. Polisi Brasil pun bergegas melacak keberadaan penipu yang menyamar sebagai Park Bo Gum.

Ada sekitar tujuh laporan penipuan bermotif sama

Identitas Park Bo Gum Digunakan untuk Penipuan, Ini FaktanyaWowkeren.com

Saat ini, Seo Ki Yong selaku Konsulat Jenderal Departemen Kepolisian Sao Paulo di Brasil mengungkapkan bahwa selain Angela, ada tujuh kasus penipuan dengan pola serupa yang diterima oleh pihak berwenang.

Dalam kasus lain, para korban belum mengirimkan uang. Pihak berwenang menegaskan bahwa pihak Park Bo Gum tidak pernah melakukan tindakan kriminal dan meminta uang kepada penggemar.

Duh, semoga pelakunya segera tertangkap. Tetap waspada saat bertukar pesan di media sosial, ya. Ingat juga, jangan mudah terlena dan mengirimkan uang jumlah besar kepada orang yang identitasnya belum bisa dikonfirmasi.

Baca Juga: Ada Modus Penipuan WhatsApp Terbaru, Waspada!

Baca Juga: Ditinggal Ibu Sejak Kecil, Park Bo Gum Alami Masa Lalu Penuh Rintangan

Baca Juga: Gara-Gara Kasus Penipuan, 7 Artis Ini Kembalikan Dana dari DNA Pro