Memasuki awal Januari 2021, nasib GOT7 dipertaruhkan. Kontrak eksklusif mereka selama tujuh tahun hampir habis, bahkan beberapa agensi ternama lain telah melirik beberapa anggota GOT7 untuk ikut bergabung di agensi mereka. Meski sempat dikonfirmasi oleh pihak JYP Entertainment jika kontrak GOT7 masih dalam tahan perundingan.

Namun, melansir dari Allkpop.com pada 7 Januari 2021, perseteruan yang terjadi antara GOT7 dengan JYP Entertainment semakin memanas. Penggemar pun ikut bersuara dengan menaikkan tagar #Bambam, #Yugyeom, #GOT7, sampai #7orNot untuk mendukung dan melindungi grup yang digawangi oleh JB Cs ini. 

Lantas, bagaimana perseteruan tersebut terjadi? Kondisi apa yang membuat perseteruan ini memanas? Intip faktanya di sini, Bela. 

1. Tidak memperoleh promosi yang pantas

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentSoompi.com

Bulan November 2020 lalu, GOT7 baru saja mengeluarkan album terbaru bertajuk Breath of Love: Last Piece. Namun, saat promosi album terjadi, penggemar kembali dibuat kecewa dengan tim divisi 2 yang menangani kegiatan GOT7, dari masalah teaser foto, ketatnya pemilihan lagu, hingga kurangnya aktivitas promosi yang diberikan.

Malah, penggemar merasa Mark sebagai anggota tertua dari GOT7 yang lebih layak dijadikan sebagai tim promosi GOT7. Pasalnya, Mark secara berkala melakukan update di akun Instagram pribadinya untuk promosi album mereka sendiri, yang seharusnya dilakukan oleh pihak agensi. 

Tidak hanya itu, perlakukan tidak adil juga kerap diterima oleh GOT7. Penggemar juga sempat mengirimkan truk berisi isi protes kepada JYP Entertainment agar lebih memerhatikan dan memberikan perlakukan yang layak ke GOT7. Berangkat dari persoalan inilah, penggemar melihat jika GOT7 tidak pernah diberikan promosi yang pantas dari JYP Entertaiment.  

2. Jinyoung dilirik oleh agensi aktor

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentKpopchart.net

Bersinar melalui bakat aktingnya di drama When My Love Blooms, hingga mencetak prestasi di ajang penghargaan Asia Artist Awards 2020 lalu kategori Actor Potentian Award dan Actor Popularity Award membuat Jinyoung 'GOT7' mendapat berbagai tawaran akting sampai dilirik oleh agensi aktor, yakni BH Entertainment.

BH Entertainment sendiri merupakan rumah dari para aktor/aktris berbakat seperti Lee Byung-hun, Go Soo, Kim Go-eun, Park Bo-young, dan Han Ji-min. Sebelumnya, JYP Entertainment mengungkapkan jika perpanjangan kontrak Jinyoung masih dalam tahap perundingan, meski BH Entertainment tidak membantah telah melakukan pertemuan secara ekslusif dengan Jinyoung 'GOT7'.

3. Yugyeom dikabarkan ikut hengkang

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentAminoapps.com

Tidak lama setelah kabar dilirik Park Ji Young 'GOT7' ke agensi aktor, anggota termuda GOT7, yaitu Yugyeom juga dikabarkan bakal hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya selama tujuh tahun tersebut. 

Menariknya, hengkangnya Yugyeom justru ke agensi dari mantan anggota 2PM, yakni Jay Park yang mendirikan label sendiri bernama AOMG. Label AOMG merupakan agensi hip-hop, sekaligus rumah dari musisi seperti Lee Hi, Simon Dominic, Loco, hingga Gray. 

Kabarnya, Yugyeom telah mendapatkan tawaran 'panas' tersebut sejak awal musim panas tahun lalu. Terlebih, melihat bakat menari yang dimiliki oleh Yugyeom. Nggak heran, jika AOMG melirik untuk bisa mendapatkan dan mengembangkan bakat menari Yugyeom. 

4. Penggemar memberi dukungan ke GOT7

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentAllkpop.com

Meski dikhawatirkan dengan nasib masa depan grup GOT7 yang bakal berpisah jalan, namun penggemar tetap mendukung dan menerima keputusan dari anggota GOT7 nantinya.

Namun di sisi lain, penggemar juga tidak sabar untuk menantikan sisi lain dari Yugyeom dalam mengembangkan kariernya sebagai solois atau dancer berbakat nantinya, yang sayangnya jarang mendapat eksposur lebih saat berkarier di JYP Entertainment. 

Penggemar berbondong-bondong menunjukkan dukungannya pada Yugyeom dan Jinyoung, "Kualitas menari Yugyeom sering diabaikan dan dia benar-benar bisa membuat koreografi untuk grupnya sendiri dan orang lain" tulis seorang penggemar di laman sosial media, Twitter. 

"Yugyeom sangat berbakat. Penggemar mengetahui hal itu, bahwa dia sangat hebat sebagai penari, seorang komposer, hingga produser yang luar biasa. Bayangkan apa yang bisa dirinya lakukan jika memiliki kebebasan artistik secara penuh nantinya" timpal penggemar yang lain. Ditambah dengan agensi yang memilih Yugyeom, adalah agensi yang dulunya seseorang yang sempat bergabung di JYP Entertainment, namun memilih hengkang. 

5. JYP berhenti mengikuti akun anggota GOT7

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentAllkpop.com

Di saat kisruh pertimbangan kedua anggota GOT7 yang bakal keluar, warganet baru saja mengetahui jika pendiri JYP Entertainment, yakni J.Y.Park telah berhenti mengikuti akun beberapa anggota GOT7 seperti Bambam, Jinyoung, dan Mark Tuan. 

Lantaran hal tersebut, penggemar menduga jika perseteruan di antara mereka makin kencang. Ditambah dengan akun Younjae yang tidak lagi mengikuti J.Y. Park dan menghapus video dirinya yang meng-cover lagu milik J.Y. Park. 

Selain itu, bukti lainnya bahwa Jinyoung tampaknya akan keluar dari JYP Entertainment dilihat dari akun Instagram Jinyoung yang sudah diikuti oleh CEO dari BH Entertaiment.  

6. Bambam mendengarkan permintaan penggemar

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentAllkpop.com

Mengetahui J.Y. Park sudah tidak lagi mengikuti akun beberapa anggota 'GOT7', penggemar pun turun tangan dengan memberitahu Bambam tentang hal tersebut. Seakan mendengar permintaan penggemar, Bambam pun melakukan aksi menghapus foto dirinya bersama J.Y. Park dan foto J.Y. Park yang lain di akun Twitter pribadinya. 

Tidak hanya itu, Bambam juga merespon cuitan dari penggemar dengan sebuah gif mengangkat bahu dan berusaha untuk membuat tidak perlu khawatir akan situasi yang mengancam kelangsungan nasib grup 'GOT7'. 

Pasalnya, ketujuh anggota GOT7 selalu mengungkapkan jika mereka adalah satu kesatuan, bersama dengan Ahgase (sebutan penggemar GOT7). Berkat aksi savage-nya itu, nama Bambam langsung menjadi Trending Topic

7. Dinilai lebih mengutamakan citra agensi

Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP EntertainmentAminoapps.com

Menilik kondisi pembaharuan kontrak yang berlangsung sengit antara GOT7 dan JYP Entertaiment membuat penggemar kembali mengingat grup-grup JYP Entertainment yang tidak pernah utuh setelah masa kontraknya habis, seperti 2PM, Wonder Girls, hingga Miss A. 

Warganet menilai jika agensi lebih mengutamakan citra perusahaan daripada promosi dan memajukan bakat artisnya sendiri. "JYPE tidak bisa memberikan mereka promosi solo. Sejujurnya, aku tidak paham mengapa mereka tidak bisa memberikan mereka kesempatan untuk berkarya" tulis salah satu penggemar di laman Pann. 

"Mereka tampak seperti sebuah perusahaan dengan citra baik padahal tidak. Mereka terus-menerus mengikuti artisnya dan melakukan 'pembunuhan' karakter secara tidak langsung. Terlebih saat J.Y.Park merilis album di waktu bersamaan dengan artis lain di perusahaan" timpal warganet lainnya. 

Mencuatnya perseteruan GOT7 dan JYP Entertainment sampai membuat saham agensi terus-menerus mengalami penurunan hingga saat ini, lho. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari JYP Entertainment terkait aksi saling unfollow yang terjadi. 

Semoga perseteruan GOT7 dan JYP Entertainment segera menemukan titik terang. Apapun keputusan GOT7 nanti, semoga menjadi jalan yang terbaik buat mereka, ya, Bela. 

Baca Juga: TWICE Dinilai Tak Layak Dapatkan 7 Hal Ini, Fans Kritik JYP Ent.

Baca Juga: Tinggalkan JYP Entertainment, Apa Kesibukan 9 Idol Ini Sekarang?

Baca Juga: Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai Bully