Taecyeon '2PM' menjadi deretan idol aktor yang sudah diakui kemampuan aktingnya di dunia seni peran. Sebelum berakting, Taecyeon memulai debutnya sebagai seorang idol Kpop di bawah agensi JYP Entertainment, kini ia sudah pindah ke 51K Entertainment. 

Baru sekitar tahun 2010, Taecyeon mendapat tawaran berakting di drama Korea, Cinderella Sister dengan Moon Geun Young dan Chun Jun Myung. Saat itu, Taecyeon '2PM' memerankan karakter Han Jung Woo dan sukses dilirik oleh sutradara drama Korea lainnya.

Selain Cinderella Sister, ada sejumlah drama Korea terbaik yang dibintangi oleh Taecyeon '2PM' dengan berbagai karakter ikonik. Ada apa saja? Merangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi Popbela di bawah ini. 

1. Dream High (2011)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Hancinema.net

Meski bukan drama debut, tetapi peran Taecyeon di Dream High mampu meluluhkan hati penonton karena sifat dan kepribadian karakter yang dimainnya. Dalam drama ini, Taecyeon '2PM' berperan sebagai Hyun Shi Hyuk atau akrab disapa Jin Gook. 

Seorang anak konglomerat yang memilih hidup bebas di jalanan karena ayahnya tak pernah menganggap keberadaan diri Jin Gook. Lantas, ia masuk ke sekolah seni bernama Kirin Arts School agar tidak dikirim bersekolah ke luar negeri. 

Persaingan debut menjadi idola menjadi premis utama dari drama ini. Ditambah dengan bumbu romansa di mana Jin Gook (Taecyeon '2PM) terlibat cinta segita dengan Goo Hyemi (Bae Suzy) dan Song Sam Dong (Kim Soo Hyun). Bagaimana akhir kisahnya? Buat yang belum menonton atau lupa dengan ending-nya, bisa banget menonton ulang Dream High!

2. Who Are You (2013)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Pinterest.com

Lulus berperan sebagai anak sekolahan, Taecyeon beraksi lewat perannya sebagai Cha Gun Woo, seorang detektif yang hanya percaya pada fakta bersama So Yi Hyun dan Kim Jae Wook. 

Lantas, Gun Woo bertemu dengan Yang Shi On (So Yi Hyun), seorang detektif perempuan yang memiliki kemampuan supranatural. Awalnya, Gun Woo tidak percaya dengan hal metafisik tersebut, hingga sebuah peristiwa membuat mereka saling memahami dan membantu para arwah agar bisa beristirahat dengan tenang. 

Kegagahan Taecyeon berseragam polisi sukses membuat betah para penonton. Apalagi, drama misteri dengan adegan romansa tipis-tipis, Who Are You cocok banget ditonton buat penikmat drama Korea bertema supranatural.

3. Let's Fight Ghost (2016)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Wowkeren.com

Masih satu genre dengan drama sebelumnya, Taecyeon memerankan karakter bernama Park Bong Pal, seorang mahasiswa jurusan ekonomi yang tinggal di rumah susun. Ia mempunyai kemampuan melihat dan mengusir hantu atau roh jahat.

Kemampuan supranatural Bong Pal merupakan turun-temurun dari ayah angkatnya yang dulu berprofesi sebagai pengusir setan. Suatu hari, ia bertemu dengan Kim Hyun Ji (Kim Soo Hyun), seorang gadis SMA berusia sembilan belas tahun yang tewas karena kecelakaan lalu lintas.

Pertemuan tak sengaja menjadi awal baru dalam kehidupan keduanya. Mereka bekerja sama untuk mengusir hantu gentauangan. Petualangan mistis Bong Pal dan Hyun Ji membawa mereka bertemu dengan beraneka hantu. 

Karakter menggemaskan dari Hyun Ji dan menyebalkan dari Bong Pal membuat drama Korea terasa menyenangkan untuk ditonton bagi yang suka dengan genre horor. Ditambah, dengan romantis keduanya yang bikin baper. Dijamin senyum-senyum sendiri, kecuali adegan bertemu hantu, ya. 

4. Save Me (2017)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'koreandrama.org

Ini menjadi drama terakhir Taecyeon sebelum berangkat wajib militer. Bersama Woo Do Hwan dan Seo Ye Ji, ia berperan sebagai Hang Sang Hwan, seorang anak konglomerat yang berkuliah di jurusan hukum. 

Bersama Dong Chul (Woo Do Hwan), Sang Hwan berupaya menyelamatkan Im Sang Mi (Seo Ye Ji) dari sekte aliran sesat di mana Sang Mi dditahan dalam desa terpencil bernama Muji Gun, yang dikendalikan oleh kultus Goseonwon. 

Meraih rating cukup tinggi di iMDb, Save Me menjadi salah satu drama Korea yang banyak direkomendasikan karena alur ceritanya realistis dengan kehidupan di Korea Selatan. Sekte aliran sesat masih banyak dijumpai dan sering menghasut para turis asing yang tengah sendirian. 

5. The Game: Towards Zero (2020)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Hancinema.net

Pasca keluar dari wajib militer, Taecyeon menyapa penggemar lewat drama Korea, The Game: Towards Zero. Kali ini, ia memerankan karakter Kim Tae Pyung, seorang pria dengan kemampuan metafisik di mana ia bisa memlihat momen sebelum meninggal dari mata orang tersebut. 

Tae Pyung digambarkan sebagai sosok yang kaya raya, cerdas, rupawan, dan berkepribadian ceria. Sebuah kasus pembunuhan berantai dua puluh tahun lalu mencuri perhatian Tae Pyung. Ia harus bekerja sama dengan detektif perempuan, Seo Joon Young (Lee Yeon Hee) untuk menangkap si pelaku.  

Namun anehnya, hanya Joon Young yang tidak bisa diprediksi kematiannya oleh Tae Pyung. Hal ini yang membuat Tae Pyung merasa gelisah. Duh, kira-kira Joon Young aman nggak dari intaian pembunuh berantai? Kamu bisa mengetahui jawabannya dengan menonton drama ini. 

6. Vincenzo (2021)

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Hancinema.net

Drama paling fenomenal yang membuat pamor Taecyeon '2PM' melesat tinggi dan mendapat julukan dari warganet sebagai bos Babel. Dalam drama ini, Taecyeon memang berperan sebagai seorang villain bernama Jang Han Seok atau Jang Joon Woo. 

Ia memainkan karakter dengan dua penokohan dan menjadi musuh utama dari Vincenzo (Song Joong Ki). Sempat bermain aman di genre misteri, Taecyeon panen pujian setelah sukses memerankan kedua karakter dengan sangat apik dan memikat. 

Bahkan, Taecyeon berhasil mengecoh penonton dengan tingkah kocak dan lugu dari Jang Joon Woo. Namun di belakangnya, ia adalah bos besar dari perusahaan farmasi yang memproduksi obat berbahan dasar narkoba. 

7. Royal Secret Inspector Joy

Ada 'Inspector Joy', Ini 7 Drama Korea Terbaik dari Taecyeon '2PM'Hancinema.net

Lepas imej dari sosok villain, Taecyeon tampil segar dan ceria dalam drama Korea bergenre kolosal bersama Kim Hye Yoon. Ia akan memainkan karakter bernama Ra Yi Eon, seorang pemuda Joseon yang berprofesi sebagai pedagang pangsit. 

Sehari-hari, ia berjualan pangsung di sebuah toko kecil, di luar halaman istana dengan harapan dapat menjualnya dengan harapan tinggi. Meski hanya berjualan, Yi Eon merupakan sosok pemuda cerdas dan tampan. Berkat kecerdasannya, ia ditawari jabatan sebagai penyelidik rahasia kerajaan.

Ia mendapatkan tugas untuk menyamar dalam kasus korupsi dan bekerja sama dengan seorang perempuan bernama Kim Yo Ji. Keduanya menyusun rencana besar demi mengungkap kebenaran. Berhasil nggak, ya? Tonton episode perdananya di November mendatang.  

Nah, itulah drama korea terbaik yang dibintangi oleh Taecyeon '2PM'. Ada yang belum pernah kamu tonton, Bela? 

Baca Juga: Ada Taecyeon 'Vincenzo', 8 Aktor Korea Berperan Villain di Drama

Baca Juga: Jadi Bos Kejam di 'Vincenzo', Ini Kisah Cinta Ok Taecyeon

Baca Juga: Dianggap Underrated, 10 Idol Aktor Ini Layak Mendapat Perhatian