Saat menerima tawaran peran dari sebuah drama Korea, seorang artis dituntut untuk bersikap profesional dan memberikan yang terbaik dalam setiap karakter yang dimainkannya. 

Demi peran, para artis Korea Selatan rela melakukan berbagai cara agar terlihat memukau di layar kaca. Nggak mengherankan jika akting dari artis Korea Selatan selalu menuai decak kagum dan pujian dari warganet di seluruh.

Namun, di balik gemerlap totalitas yang diberikan, tersimpan kisah cukup menyedihkan yang dialami oleh para artis saat terlalu mendalami peran di sebuah drama Korea. Ada yang menjadi depresi, tetapi ada pula yang sangat kelelahan karena peran tersebut. 

Lantas, siapa saja artis Korea yang mengalami hal memilukan ini? Dirangkum dari berbagai sumber, ikuti kisahnya di bawah ini.

1. Nam Yoon Soo

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranHancinema.net

Beradu akting dengan Kim Dong Hee, Nam Yoon Soo mendapatkan peran sebagai Kwak Ki Tae yang berkepribadian kasar dan senang perundungan teman sekolahnya, termasuk Oh Ji Soo (Kim Dong Hee). 

Drama Korea Extracurricular yang tayang tahun 2020 memang telah lama berakhir, tetapi peran Kwak Ki Tae masih terpatri kuat di benak Nam Yoon Su. Dalam sebuah wawancara di pemotretan majalah terbaru tahun ini, Nam Yoon Su berbagi keresahannya karena terlalu mendalami perannya tersebut. 

"Kejadian tersebut sekitar dua tahun lalu saat syuting Extracurricular. Karakter Ki Tae yang aku perankan sangat suka kekerasan dan terbiasa mengumpat. Itu sangat jauh berbeda dengan kehidupanku sehari-hari. Secara psikis, aku sangat kelelahan. Sepulang dari kelas akting, aku pulang naik taksi dan supir taksi bertanya tentang kondisiku. Mendengar hal itu membuatku ingin menangis, tetapi aku tak bisa. Jadi, aku hanya meneteskan air mata."

Bahkan, Nam Yoo Soo mengungkapkan ada satu adegan ketika dirinya harus melakukan tindakan perundungan kepada adik dan kakak kelas. Saat adegan itu dimulai, ia memberikan yang terbaik. Tetapi, setelah adegan itu selesai, Nam Yoon Soo segera meminta maaf karena ia merasa sangat bersalah. 

Akibat peran jahatnya itu, banyak komentar di laman media sosial Nam Yoo Soo yang mempertanyakan sifat aslinya. Namun, situasi segera terselesaikan setelah seorang aktor memberikan penjelasan bahwa sifat Nam Yoo Soo jauh berbeda dengan karakter di drama. 

2. Seo Ye Ji

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranHancinema.net

Sebelum beradu akting dengan Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji lebih dulu beradu akting dengan Ok Taecyeon dan Woo Do Hwan dalam drama Korea, Save Me (2017). Dalam drama tersebut, Seo Ye Ji berperan sebagai Im Sang Mi, seorang perempuan yang terjebak di sebuah perkumpulan sekte agama tertentu. 

Demi peran Im Sang Mi, Seo Ye Ji mengurung diri selama dua minggu dan mendengarkan lagu bernuansa kelam agar menyatu dengan tokoh tersebut, sebelum proses pengambilan gambar drama dimulai. 

Namun, kehidupan sehari-hari Seo Ye Ji mulai terganggu. Ia mengalami gangguan tidur, depresi, hingga merasa ketindihan saat sendirian. Lama-kelamaan, Seo Ye Ji kehilangan jati dirinya dan sempat hidup menjadi orang lain selama empat bulan. 

3. Lee Dong Wook

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranSoompi.com

Goblin yang dibintangi oleh Kim Go Eun, Gong Yoo, Yoo Sungjae dan Lee Dong Wook ini menjadi drama Korea terpanas pada tahun 2016. Hingga saat ini pun, Goblin menjadi drama Korea yang sering direkomendasikan untuk ditonton ulang. 

Tetapi, kesuksesan yang diraih drama Goblin ternyata tidak sejalan dengan apa yang dirasakan Lee Dong Wook saat itu. Di sebuah wawancara majalah, Lee Dong Wook mencurahkan isi hatinya mengenai perannya tersebut. 

Ia mengaku bahwa dirinya pernah mengalami depresi dan kepercayaan dirinya mulai terkikis karena seluruh fans sering memanggilnya sebagai 'Grim Reaper'.

"Saya juga manusia, jadi saya tidak bisa selalu tampil sempurna...."

Lee Dong Wook mengungkapkan ada masa ketika dirinya ingin hidup tenang tanpa julukan peran. Ia juga pernah menghindari genre fantasi, karena peran sebelumnya terlalu melekat ke dirinya. 

4. Ha Ji Won

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranHancinema.net

Sebagai aktris veteran, akting Ha Ji Won selalu memikat banyak penonton drama Korea. Banyak peran dan profesi menantang yang dilakukan oleh Ha Ji Won, tetapi totalitasnya dalam bermain peran pernah membuat Ha Ji Won kehilangan kontak dengan dunia nyata. 

"Saat aku masih muda, sebagian besar waktuku dihabiskan untuk akting dan mendalami peran. Jadi, aku tidak tahu apa yang terjadi di dunia sekitarku. Aku sering merasa dunia nyataku terasa membeku karena terlalu larut dengan peran yang aku mainkan."

Kondisi tersebut segera teratasi oleh Ha Ji Won sejak dirinya mulai mengubah kebiasaannya dan mempelajari banyak hal lain di dunia nyata. Saat ini, belum ada karya terbaru dari Ha Ji Won, aktris cantik ini baru menyelesaikan aktingnya di film Pawn (2020) bersama Sung Dong Il.  

5. Lee Joon Gi

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranAsianwiki.com

Memukau lewat perannya di Flower of Evil, kondisi psikis Lee Joon Gi pernah terganggu saat dirinya terlalu mendalami karakter Jang Tae San dalam drama Korea, Two Weeks (2013). Lee Joon Gi mengaku bahwa dirinya bukan aktor yang terlalu menghayati sebuah peran yang dimainkan, tetapi tokoh Jang Tae San mengubah semuanya. 

Akibat peran Jang Tae San itu, Lee Joon Gi mengalami depresi dan kelelahan secara emosional. Bahkan, ia hidup sebagai Jang Tae San selama beberapa bulan karena merasa kehilangan dengan tokoh tersebut. Agensi Lee Joon Gi juga membenarkan kondisi psikis Lee Joon Gi saat itu. Kini, kondisi mental Lee Joon Gi sudah pulih dan telah berakting di berbagai drama Korea.  

6. Lee Sung Kyung

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami PeranEn.yibada.com

Masih ingat dengan peran Lee Sung Kyung di drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok Joo? Demi perannya di drama tersebut, aktris naungan YG Entertainment ini harus makan makanan serba tepung dan melakukan olahraga agar berat badannya bertambah sesuai dengan peran yang dimainkannya. 

Saat itu, Lee Sung Kyung mengalami dilema ketika dirinya merasa baik-baik saja saat berperan sebagai Kim Bok Joo. Tetapi, saat kembali menjadi dirinya sendiri, Lee Sung Kyung mengalami stres karena timbunan lemak dan kulit sehatnya berubah kusam. Setelah melewati beberapa bulan, Lee Sung Kyung berhasil menurunkan berat badannya seperti semula dan kembali berakting dengan ceria. 

7. Kim Jung Hyun

Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami Peranallkpop.com

Menjalankan method acting dalam mendalami peran, nyatanya membuat Kim Jung Hyun tak kuasa menahan tekanan mental.

Sebelumnya, dilaporkan atas dugaan perilaku kasarnya di lokasi shooting drama Korea Time terhadap lawan mainnya, Seohyun. Kemudian permintaan maaf dengan tulisan tangannya dirilis melalui agensinya. Tetapi, pada April lalu terungkap agensi PR membantunya merilis permintaan maaf ke outlet media. Agensi PR lebih lanjut mengungkapkan Kim Jung Hyun mengalami masalah kesehatan mental, menjelaskan bahwa dia menderita depresi dan insomnia sejak kariernya mulai menanjak sebagai aktor.

Pada bulan September, Kim Jung Hyun mengunggah pesan di Instagramnya setelah beberapa bulan hiatus, bahwa ia dalam masa memperbaiki kesehatan mentalnya dengan banyak refleksi diri, meminta maaf atas perilaku buruknya, serta telah bergabung dengan agency baru, Story J Company.

Beruntungnya, para artis Korea ini bisa kembali bangkit dari peran yang menganggu kehidupan sehari-hari, ya. Menurut kamu, adakah artis Korea lain yang mengalami hal serupa saat terlalu mendalami peran di sebuah drama, Bela?

Baca Juga: Kim Jung-Hyun Dikira Depresi, Ini yang Dimaksud dengan Method Acting

Baca Juga: Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami Depresi

Baca Juga: 7 Tanda Depresi yang Wajib Kamu Waspadai