Tindakan plagarisme di dunia musik memang sering terjadi, nggak terkecuali dengan musisi Kpop. Kali ini, grup fenomenal BTS mengalami hal tersebut di lagu terbarunya. 

Kabarnya, lagu "Dynamite" yang menarik publik Internasional itu diduga diklaim oleh seseorang. Benarkah? Lantas, seperti apa kronologisnya? Kira-kira, reaksi apa yang diberikan ARMY? Simak selengkapnya di sini, Bela.

Bermula dari akun TikTok

Calvin Sparks Diduga Mengklaim Lagu 'Dynamite' BTS, Apa Reaksi ARMY?Twitter.com/heathersuxx

Lagu "Dynamite" pertama kali diduga diklaim oleh seseorang muncul di sebuah akun TikTok bernama @veniceshiijiminie1813 yang mengunggah sebuah musik bernada dan berlirik sama dengan yang dirilis oleh BTS

Hal tersebut tentu saja mengundang reaksi keras dari ARMY, pasalnya semua nada dan liriknya hampir serupa. Hanya diubah di bagian judul, lalu lirik 'sang' menjadi 'song' dan mengganti nama BTS menjadi nama dirinya. Terlebih, lagu tersebut tidak mencantumkan nama BTS sebagai pemilik lagu asli. 

Tentu, lagu tersebut dianggap melakukan tindakan plagiarisme dan ARMY berharap agensi mengambil tindakan tegas dari seseorang yang mengklaim lagu "Dynamite" milik BTS menjadi milik dirinya. 

Diklaim oleh Calvin Sparks

Calvin Sparks Diduga Mengklaim Lagu 'Dynamite' BTS, Apa Reaksi ARMY?Trendsmap.com

Setelah ditelusuri, ternyata seseorang mengklaim lagu "Dynamite" BTS adalah Calvin Sparks. Ia sempat mengunggah lagu tersebut di kanal YouTube pribadinya dan mengganti nama lagu "Dynamite" menjadi "Light It Up Like Dynamite". Bahkan, rilisan lagu itu masih ada di Amazon.

Meski kini, video tersebut sudah dihapus dari YouTube namun ARMY telah menyimpannya terlebih dahulu sebagai bukti bahwa Calvin Sparks pernah mengambil kredit atas lagu BTS tersebut. 

Berbagai reaksi pun bermunculan di kanal YouTube bernama @mysterious army2015, salah satu akun bernama @jeonjungkook mengutarakan "Mungkin kamu (Calvin Spark) bisa mengklaim lirik tersebut, tapi kamu tidak pernah bisa mengambil suara merdu dari anggota BTS, dan jangan pernah membuat keributan dengan ARMY".

Sementara dari akun @micherrp6 mengungkapkan, "Kenapa semua orang mengatakan ini adalah cover? Baik, aku coba luruskan. Jika dirinya mengcover lagu BTS, bukankah harusnya diberikan kredit lagu tersebut ke BTS, tapi ia tidak melakukan hal tersebut. Bahkan, di deskripsi dan judul tertera kalau Dynamite rilis pada 29 Agustus, sementara lagu tersebut baru rilis pada 11 September. Jadi, bukan ini semacam plagiat?"

Bahkan, ARMY juga mempertanyakan apakah tindakan semacam ini bisa digugat dengan tuduhan plagiat. 

Sempat muncul di akun Spotify

Calvin Sparks Diduga Mengklaim Lagu 'Dynamite' BTS, Apa Reaksi ARMY?Trendsmap.com

Selain muncul di YouTube, Calvin Spark sempat memasukkan lagu tersebut ke akun streaming Spotify dengan judul  "Light It Up Like Dynamite". Bahkan, ia mencantumkan namanya sendiri sebagai sang pemilik lagu. 

Sayangnya, lagu tersebut telah dihapus dan tidak masuk dalam daftar pencarian di Spotify. Menariknya, justru nama Falan Dave yang muncul dengan judul lagu "Dynamite"  setelah dilakukan penelusuran lebih jauh. 

Sejauh ini belum ada komentar lebih lanjut baik dari Calvin Sparks maupun Big Hit Entertainment yang menaungi BTS. Nah, bagaimana tanggapan kamu, Bela?

Baca Juga: Kronologi Jason Derulo Diserang Army BTS, Dianggap Kacang Lupa Kulit

Baca Juga: Kali Kedua Dituduh Plagiat, Ini Penjelasan Via Vallen Soal MV Barunya

Baca Juga: Dituduh Plagiat Film Minsara Kanna, Pihak Parasite Angkat Bicara