Pada pertengahan Juli 2021, BTS dilaporkan telah ditunjuk oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae In sebagai Utusan Khusus Presiden dalam bidang Generasi dan Budaya Masa Depan dan menghadiri Sidang Umum PBB ke-75. 

Penunjukkan BTS sebagai Utusan Khusus Presiden Korea Selatan untuk diplomasi publik  pun berlanjut dengan prosesi pengangakatan mereka di Blue House (Kantor Kepresidenan Korea Selatan) pada 14 September 2021. 

BTS Jadi Utusan Presiden Korea, Ini Kelebihan Paspor DiplomatikYucatan.com

Surat penunjukkan BTS dicap langsung oleh Presiden dan dikeluarkan berdasarkan nama asli para anggota. Tak hanya menerima surat pengangkatan, tetapi BTS juga menerima paspor diplomatik dan pulpen peringatan sebagai bagian dari peran mereka saat ini.

Setiap barang yang diterima memiliki makna tersendiri. Pulpen peringatan melambangkan tanda kehormatan dan diberikan masing-masing ke anggota BTS. Sementara untuk paspor, tak semua warga negara bisa memilikinya. Hanya orang-orang dengan pengaruh cukup tinggi yang bisa menerimanya. 

Hal yang sangat langka bagi seorang selebritas, mengingat paspor diplomatik Korea Selatan berada di peringkat ketiga di dunia di mana pemegangnya bisa bepergian ke 199 negara tanpa visa. Mereka hanya membutuhkan visa ketika ingin berkunjung ke negara Sudan, Libya, Yaman, Afganistan, Nigeria, hingga Kuba. 

BTS Jadi Utusan Presiden Korea, Ini Kelebihan Paspor DiplomatikYna.co.kr

Selain itu, paspor diplomatik Korea Selatan memberikan kelebihan lain berhubungan dengan pelayanan di bandara, seperti tidak akan terkena penundaan waktu dan melewati pemeriksaan imigrasi lebih cepat.

Umumnya, paspor diplomatik hanya dikeluarkan bagi mereka yang bepergian ke luar negeri untuk urusan pemerintahan, seperti pekerja konsulat yang ditempatkan di luar negeri atau individu yang bekerja dengan pemerintah yuridiksi tertentu.

BTS Jadi Utusan Presiden Korea, Ini Kelebihan Paspor DiplomatikAllkpop.com

Selanjutnya, perwakilan Blue House mengungkapkan jika BTS akan memulai kegiatan dengan sungguh-sungguh sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi dan Budaya Masa Depan dengan menghadiri sesi tahunan Majelis Umum PBB di New York bersama Presiden Moon Jae In. 

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In dan para anggota BTS dijadwalkan berpartisipasi dalam pertemuan kedua SDG (Sustainable Development Goals) Moment of the Decade of Action yang diadakan pada hari Senin, 20 September 2021. 

BTS Jadi Utusan Presiden Korea, Ini Kelebihan Paspor DiplomatikKenyabtsarmy.com

SDG Moment memiliki tujuan penting dalam memperkuat upaya masyarakat Internasional untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan menyelesaikan tantangan global yang tertunda, termasuk kelaparan, kemiskinan, dan krisis iklim. Nantinya, BTS akan menyampaikan pidato singkatnya. 

Telah menerima vaksin COVID-19, BTS direncanakan berangkat ke New York pada 18 September 2021 dari Bandara Incheon. Mereka akan berada di Amerika Serikat selama 5 hari 3 malam dan memulai aktivitasnya dengan mengunjungi Honolulu bersama Presiden Moon Jae In.

Selamat menjalankan tugas baru sebagai Utusan Khusus Presiden Korea Selatan. Semoga bisa terus memberikan pengaruh positif bagi masyarakat Internasional. BTS memang keren, ya, Bela. 

Baca Juga: BTS dan Coldplay Rilis Lagu Bersama, Ini Bocorannya!

Baca Juga: BTS Menyabet 3 Penghargaan dari MTV Video Music Awards 2021, Keren!

Baca Juga: Bikin Bangga, Deretan Rekor BTS Ini Masuk Guiness World Records 2022