Dunia hiburan Korea Selatan selalu dipenuhi dengan beragam aktor berkualitas. Rasanya, jarang menemukan aktor asal Negeri Ginseng mengecewakan aktingnya, apalagi berasal dari dunia teater. 

Para aktor yang mengawali kariernya dari teater ini membuktikan jika mereka mempunyai kualitas berbeda. Mereka mengasah akting langsung di atas panggung tanpa pengulangan dan pengeditan di dunia teater.  

Tak mengherankan, apabila karier para aktor teater meningkat tajam pasca direkrut oleh tim produksi drama. Banyak sutradara film atau drama yang turun langsung mencari calon aktor potensial di penayangan teater Korea Selatan. 

Kira-kira, siapa saja aktor Korea Selatan yang berawal dari dunia teater? Mungkin saja ada aktor kesayanganmu, intip daftar terbarunya di sini. 

1. Ji Chang Wook

https://www.youtube.com/embed/pSIXSid63hI

Pemeran Lee Eul di The Sound of Magic meniti karier pertamanya dari panggung teater, karena kebutuhan ekonomi. Saat itu, Ji Chang Wook sudah bekerja paruh waktu di sebuah kafe, namun ia mempunyai keinginan untuk bisa menambah uang saku dan pengalaman sebagai aktor. 

Awal karier Ji Chang Wook diisi dengan tampil di berbagai pertunjukan musikal dan drama televisi dengan porsi tayang sedikit. Ia baru menerima perhatian publik setelah tampil di Smile Again. 

Meski mencuri perhatian, Ji Chang Wook pernah merasakan pahitnya tidak mendapat panggilan kasting selama dua tahun. Baru tahun 2014, karakter Healer melesatkan nama Ji Chang Wook di dunia hiburan Korea dan tawaran akting menghampiri dirinya. 

2. Jo Jung Suk

https://www.youtube.com/embed/mKmH_AUgJQg

Ditinggal wafat oleh sang ayah pada 2000, Jo Jung Suk menjadi tulang punggung keluarga dan mencari nafkah sebagai aktor musikal. Ia debut akting di panggung teater pada 2004 lewat pertunjukan musikal, The Nutcracker. 

Banyak penggemar teater musikal Korea yang terkesima dengan bakat dan pesona akting Jo Jung Suk di panggung. Ia mengambil peran di berbagai pertunjukan musikal populer, yakni Hedwig (2006) dan True West (2010).

Terakhir, Jo Jung Suk tampil di pertunjukan musikal pada tahun 2018 berjudul Amadeus, yang mengisahkan kehidupan Mozart, sang komposer jenius dari tanah Eropa. Ia telah tampil sebanyak 20 pertunjukan musikal selama debut. 

Selepas itu, Jo Jung Suk disibukkan dengan berbagai jadwal syuting, terutama Hospital Playlist yang tayang sebanyak dua musim. Kini, ia masih dari dunia akting demi menikmati waktu bersama keluarga kecilnya. 

3. Kim Seon Ho

https://www.youtube.com/embed/nzyj2YRHxYw

Sejak sekolah, bintang Hometown Cha-Cha-Cha ini sudah tertarik dengan dunia akting saat teman sekolahnya mengikuti kelas akting di distrik Gangnam. Selepas sekolah, Kim Seon Ho bergabung di grup teater Seoul Institute of the Arts. 

Bersama teman-temannya, ia menulis naskah musikal dan berdiri di atas panggung untuk pertama kali dengan memerankan karakter pekerja paruh waktu di kedai kopi. Akting juga menjadi salah satu sarana healing Kim Seon Ho atas trauma masa lalu. 

Sang aktor mengawali karier sebagai aktor teater 2009 berjudul The New Boeing Boeing. Baru di tahun 2017, Kim Seon Ho menjadi aktor layar dalam drama Korea, Good Manager bersama Lee Junho dan Nam Goong Min. 

Perlahan, karier Kim Seon Ho mengalami peningkatan. Ia membintangi sejumlah drama terkenal dan Start Up menjadi drama yang melambungkan namanya hingga ke luar negeri. Sebelum syuting sebagai Hong Du Shik, Kim Seon Ho masih aktif tampil di pertunjukan musikal berjudul ICE sebagai detektif. 

4. Kang Ha Neul

https://www.youtube.com/embed/5-BMIqRppOc

Sebelum mencetak prestasi sebagai Aktor Terbaik di Baeksang Arts Award (2020) untuk peran di When the Camellia Blooms, Kang Ha Neul menjajal dunia akting dari panggung teater.

Sejak remaja, Kang Ha Neul senang menghabiskan waktu dengan menonton pertunjukan musikal. Hal tersebut menjadi pemicu sang aktor untuk mengangkat nama pertunjukan teatar yang jarang terekspos oleh media. Lantaran itu, ia memilih terjun langsung ke dalam pertunjukan walau telah menjadi aktor ternama di Korea Selatan. 

The Celestial Watch menjadi pertunjukan musikal pertama Kang Ha Neul, diikuti Carpe Diem dan La Vida. Pada Maret 2020, ia masih bermain teater dalam pertunjukan Fable of Fantasy yang digelar di Balai Seni Pertunjukan Cotton Hall, Universitas Wanita Dongduk. 

5. Uhm Ki Joon

https://www.youtube.com/embed/PW0BpJgzGP8

Pemeran Joo Dan Tae di The Penthouse (2020-2021) memulai karier lewat teater musikal Richard III pada tahun 1995 silam. Sejak saat itu, sang aktor sering tampil di berbagai pertunjukan teater seperti Grease, The Three Musketeers, Singin in The Rain, dan The Count of Monte Cristo. 

Sebagai aktor musikal, Uhm Ki Joon dianugerahi suara yang indah. Dari panggung teater, ia menjelma menjadi aktor kenamaan Korea Selatan. Berbagai drama telah Uhm Ki Joon bintangi, namun ada satu karakter yang melekat di dirinya sebelum Joo Dan Tae, yakni guru Kang Oh Hyuk dalam drama Korea, Dream High (2011). 

6. Lee Kyu Hyung

https://www.youtube.com/embed/64iliiLQCXk

Bintang All of Us Are Dead ini dikenal sebagai veteran dunia teater. Secara akademis, ia merupakan alumnus dari Universitas Kyung Hee jurusan teater. Lee Kyu Hyung juga pernah dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik di Penghargaan Musikal Korea ke-3 dalam pertunjukan musikal A Gentleman Guide to Love and Murder (2018). 

Sepanjang pertunjukan, ia memerankan 9 anggota keluarga D'Ysquith dengan kostum yang berbeda-beda. Setahun kemudian, Lee Kyu Hyung kembali tampil di drama musikal berjudul Cyrano bersama Ryu Jung Han, Choi Jae Woong dan aktor musikal lainnya. 

Dengan jam terbang tinggi di dunia teater, ia membuktikan fleksibilitas dalam memainkan karakter antagonis atau protagonis. Menurut media Korea, Lee Kyu Hyung telah tampil di 33 drama musikal dalam 15 tahun terakhir. 

7. Cho Seung Woo

https://www.youtube.com/embed/Qgg_6MiCSvE

Terkenal sebagai Han Tae Sul di Sisyphus: The Myth bersama Park Shin Hye, Cho Seung Woo dulunya adalah salah satu aktor teater legendaris. Ia telah berakting di hadapan banyak orang selama lebih dari dua dekade.

Selama berkarier di musikal, ia memiliki daftar panjang drama musikal. Pertunjukan terbaru Cho Seung Woo berjudul Hedwig and the Angry Inch dan Man of La Mancha. Tahun 2019 seharusnya menjadi penampilan musikal Cho Seung Woo di Jekyll & Hyde, tetapi terpaksa dibatalkan karena kondisi kesehatannya yang tak baik. 

Banyak juga aktor Korea yang mengawali karier dari panggung teater. Kamu sendiri suka nonton pertunjukan musikal nggak, Bela?

Baca Juga: Dibesarkan Single Mom, Ini 8 Kisah Memilukan Ji Chang Wook

Baca Juga: Kembali ke Teater, Kim Seon Ho Siap Tampil di 'Touching the Void'

Baca Juga: 14 Aktor Korea yang Pernah Beradegan Panas, Bikin Berdebar!