Begini Nasib Artis K-Pop Kasus Burning Sun Sekarang

Seungri santuy jalani hidup

Begini Nasib Artis K-Pop Kasus Burning Sun Sekarang

Kasus Burning Sun kembali menjadi sorotan media sosial berkat film dokumenter rilisan BBC. Publik dikejutkan dengan fakta tersembunyi yang melibatkan deretan artis K-Pop, yaitu Seungri, Jung Joon-young, hingga Choi Jong-hoon. 

Para pelaku Burning Sun menerima beberapa dakwaan dan dijatuhi hukuman penjara atas keterlibatannya. Bertahun-tahun berlalu, publik dibuat penasaran dengan nasib dari para pelaku Burning Sun dan artis K-Pop yang ikut terseret. 

Apakah mereka hidup dalam penyesalan atau malah sebaliknya? Seungri sendiri, salah satu pelaku kasus Burning Sun sudah menghirup udara segar dan santuy menjalani hidup. Merangkum dari berbagai sumber, intip perkembangan terkini para pelaku Burning Sun di bawah ini. 

Lee Seung-hyun atau Seungri eks 'BIGBANG'

Begini Nasib Artis K-Pop Kasus Burning Sun Sekarang

Lee Seung-hyun atau dikenal dengan nama panggung Seungri memiliki peran besar dalam kasus Burning Sun. Mantan pentolan grup BIGBANG ini disebut-sebut sebagai bos besar dari kasus tersebut. 

Ia adalah sosok yang merencanakan acara penting, melayani klien, serta memanfaatkan lingkar pertemanan untuk membantunya. Seungri juga 'menggunakan' perempuan sebagai 'alat' untuk melancarkan bisnisnya dengan para investor.

Setelah melewati banyak persidangan dan bantahan, Seungri ditetapkan bersalah dengan sembilan dakwaan. Dakwaan tersebut berupa prostitusi, penggelapan, mediasi prostisusi, pelanggaran Undang-Undang Keamanan Pangan, berjudi, hingga pelanggaran Undang-Undang Valuta Asing. 

Seungri sempat dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun dan denda sebesar 1,15 miliar won atau kurang lebih Rp142 miliar. Data pribadi Seungri juga masuk dalam daftar Pelanggaran Undang-Undang tentang Hukuman Kejahatan Seksual. 

Ternyata, Mahkamah Agung hanya menjatuhi hukuman Seungri selama 1 tahun 6 bulan dan telah bebas pada 9 Februari 2023. Ia menjalani hidup santuy dan sempat berada di Bali, Indonesia. Seungri masih berkeliaran di acara ulang tahun Crazy Rich Malaysia dan membawakan lagu BIGBANG berjudul "Bang Bang Bang" pada awal Mei 2024.

Solois Jung Joon-young

Solois Jung Joon-young juga masuk dalam daftar pelaku Burning Sun dan dikenal sebagai tangan kanan Seungri. Ia adalah sosok paling aktif yang terlibat dalam ruang obrolan dan membagikan 11 video ilegal yang direkam secara diam-diam. 

Skandal ini terungkap bermula dari ponsel Jung Joon-young yang diperiksa terkait kasus Molka pada 2016. Pihak yang mengakses data di ponsel Joon-young memutuskan untuk memberikan informasi penting ke seorang pengacara dan bekerja sama dengan reporter SBS. 

Lebih mengejutkannya, Jung Joon-young menggelar fansign sehari setelah melakukan pemerkosaan pada Maret 2016 dan lokasi acara dihelat tidak jauh dari hotel insiden, di daerah Daegu, Korea Selatan. 

Sang solois didakwa atas kejahatan seks, pemerkosaan berat, merekam aktivitas seksual, serta menyebarkannya secara ilegal. Ia dihukum 5 tahun penjara atas keterlibatannya di kasus Burning Sun. Namun, Joon-young mendapatkan keringanan dan telah bebas pada 19 Maret 2024. Kini, kehidupan Joon-young tidak diketahui karena Ia sudah pensiun dari dunia hiburan Korea Selatan. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here