Cukup sukses beradu peran di drama fenomenal, The World of The Married. Nama aktris muda kelahiran 1994, Han So Hee melambung. Ia juga didapuk sebagai model iklan sejumlah produk kecantikan dan merek busana kelas atas. Saat ini, ia tengah mencicipi sinar kesuksesan yang diraih dari drama yang pernah dibintanginya. 

Sayang, kesuksesan yang ia capai dari kerja kerasnya selama ini ternodai dengan skandal penipuan yang diduga dilakukan oleh orangtuanya. Meski yang melakukan bukan dirinya, tapi sebagai publik figur, Han So Hee merasa malu dan bertanggung jawab atas masalah tersebut. Bagaimana skandal penipuan tersebut bisa terungkap dan membawa nama orangtuanya? Dilansir dari Koreaboo.com, ini dia kronologis lengkapnya. 

1. Bermula dari postingan warganet

Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal PenipuanKoreaboo.com

Semua ini bermula dari unggahan seorang warganet di sebuah situs, Nate Pann pada hari Sabtu, 18 Juli 2020. Dalam postingan tersebut, terdapat bukti percakapan antara korban dengan ibu Han So Hee yang saat itu menjadi pemimpin dalam tabungan koperasi. 

Simpanan koperasi yang dijalankan oleh ibu Han So Hee memiliki sistem cicilan setiap bulan. Dana tersebut disetor ke pusat dan nantinya akan dikembalikan ke anggota secara bergilir dengan jumlah yang lebih besar. 

Anggota tersebut menyetor dari Oktober 2015 sampai Agustus 2016 sebanyak 2.450.000 KRW atau setara 30 juta rupiah. Tetapi, saat mendapat giliran buat menerima uang tersebut di bulan September 2016, ibu Han So Hee kabur dan balik mengancam akan melaporkan ke polisi dengan kasus pencemaran nama baik. 

Setelah ditelusuri, ternyata ibu Han So Hee menghabiskan semua uang anggota dan membujuk anggota tersebut agar tidak membawa kasusnya ke pengadilan. Ia juga berjanji akan menggantinya setiap bulan. Namun, sang ibu malah menghilang dan mengganti nomor telepon.  

2. Sang ibu terlilit utang

Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal PenipuanPinterest.co.kr

Merantau jauh ke Seoul dan bekerja serabutan di sebuah bar, kehidupan Han So Hee tak seindah apa yang dibayangkan oleh publik. Ia memiliki seorang ibu yang terlilit utang sejak dirinya berusia belia. Ia baru mengetahuinya saat berusia 20 tahun dan mempelajari utang ibunya dari seorang penagih utang alias kreditur. 

Sang ibu menggunakan nama dan pekerjaan dirinya untuk meminjam uang. Sang ibu melakukan hal tersebut sebagai jaminan agar ada orang lain yang meminjamkan uang kepadanya. Jumlah utang dan uang yang dipinjam oleh sang ibu diakui oleh Han So Hee terlalu besar buat ditanggung olehnya.

3. Bekerja keras menutupi semua utang ibunya

Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal PenipuanYna.co.kr

Jauh sebelum mendapat kesempatan debut sebagai aktris, Han So Hee hidup dalam utang yang disebabkan oleh ibunya. Namun, sebagai anak yang berbakti, ia berusaha keras buat menutupi semua utang-utang ibunya. 

Pekerjaan serabutan yang dilakukan semasa dulu juga ia lakukan demi melunasi utang ibunya dan sekadar bertahan hidup di Seoul. Bahkan setelah debut, ia tidak melupakan utang-utang tersebut dan menghubungi kreditur buat melunasinya secara perlahan. 

4. Sudah tidak berkomunikasi dengan sang ibu

Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal PenipuanHellokpop.com

Dari skandal ini, terungkap kalau Han So He dibesarkan oleh kasih sayang sang nenek. Ayah dan ibunya telah bercerai sejak ia berusia 5 tahun. Setelah masuk SMA, ia pindah ke Ulsan dan tetap tinggal bersama sang nenek. Baru setelah lulus, ia memberanikan diri pindah ke Seoul. 

Sejak saat itu, ia tidak memiliki komunikasi yang intens dengan sang ibu. Sang ibu pun mengakui kalau Han So Hee sudah memutuskan hubungan dengannya karena ia terus dihubungi oleh penagih utangnya. 

5. Meminta maaf secara tulus

Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal PenipuanInstagram.com/hansohee.fanpage

Skandal penipuan sang ibu mencuat ke permukaan, Han So Hee pun memberikan klarifikasi dan mengucapkan permintaan maaf secara tulus di unggahan blognya.

"Hai, ini Lee So Hee (nama asli Han So Hee). Pertama, aku ingin meminta maaf ke para korban yang menulis mengenai perasaan mereka yang seperti berada di tepi tebing. Meskipun, saya tidak berani menghitung berapa banyak korban yang ada. Saya yakin, mereka berada di situasi di mana tidak ada yang dapat menghibur mereka. 

Selain itu, saya juga ingin meminta maaf dengan tulus kepada semua orang yang merasa tidak nyaman atau terluka karena insiden ini. Saya benar-benar meminta maaf. Saya berharap tidak akan ada lagi korban, karena saya menulis ini dengan perasaan malu. 

Saya menyesal bahwa kecerobohan saya di masa lalu memberi dampak cukup besar dan melahirkan lebih banyak korban, akibat penilaian saya yang tidak matang dan tidak berpengalaman. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah mengembalikan semua uang utang tersebut. Terakhir, sekali lagi saya meminta maaf kepada para korban."   

Semoga masalah ibu Han So Hee cepat selesai, ya, Bela. Biar Han So Hee bisa kembali berakting tanpa khawatir dikejar-kejar utang ibunya. 

Baca Juga: Usai Bermain 'The World of The Married', Han So Hee Jatuh Sakit

Baca Juga: Modal Nekat, Inilah 7 Fakta Han So Hee Sebelum Bersinar

Baca Juga: Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOA