Tahukah kamu bahwa generasi millennial sering dianggap calon gelandangan? Gaya hidup yang semakin tinggi, lahan yang semakin sempit, dan harga rumah yang terus melambung menjadi alasan kenapa kita terhambat membeli rumah. Padahal bila ditanya ingin memiliki rumah, setiap orang tentu menjawabnya dengan yakin.

Nggak perlu di pusat kota, rumah di daerah pinggiran rupanya bisa menjadi alternatif pilihan untuk dilirik. Meski bisa dijadikan tempat tinggal atau investasi, pikirkan dulu hal ini sebelum membelinya. Yakin kamu membuat keputusan yang tepat?

Tuntutan orang lain

Jangan Beli Rumah Bila Kamu Masih Belum Siap dengan 5 Hal iniunsplash.com/tu tu

Saat dewasa, lingkungan seakan memiliki ekspektasi yang tinggi pada kita. Bekerja, menikah, dan membeli rumah menjadi harapan orang lain yang dibebankan pada diri kita. Padahal, hanya kamu yang paham apakah sudah siap dan yakin untuk membeli rumah. Nyatanya, mungkin saja masih ada kebutuhan lain yang lebih pantas untuk diprioritaskan.

Berniat pindah

Jangan Beli Rumah Bila Kamu Masih Belum Siap dengan 5 Hal iniunsplash.com/Jarosław Ceborski

Memilih lokasi rumah yang akan dibeli tentu harus melewati pertimbangan yang matang. Lokasi dari tempat kerja dan fasilitas umum bisa menentukan kebutuhan kamu untuk menempati daerah tersebut. Ingat Bela, menjual rumah tentu nggak segampang menjual baju atau makeup preloved. Bila kamu berencana pindah dalam waktu dekat sebaiknya pikirkan kembali untuk membelinya.

Tergiur cicilan rendah

Jangan Beli Rumah Bila Kamu Masih Belum Siap dengan 5 Hal iniunsplash.com/Terrah Holly

Bila diperhatikan, kini sudah mulai banyak bank yang menawarkan pembelian rumah dengan pembayaran bercicilan rendah.  Meski menggiurkan bukan berarti kamu boleh langsung menerima tawarannya. Pikirkan secara matang bagaimana pengelolaan uang yang tepat agar nggak menyiksa kamu di kemudian hari. Di samping itu, cermati pula syarat dan ketentuan pembayaran agar nggak merugikanmu.

Berhutang

Jangan Beli Rumah Bila Kamu Masih Belum Siap dengan 5 Hal iniunsplash.com/Jason Chen

Memang membeli rumah secara tunai dengan uang cash nggak mungkin dilakukan. Meski begitu, pastikan bahwa kamu nggak asal meminjam uang untuk membeli sebuah rumah. Pertimbangkan bunga dan lama cicilan yang harus kamu bayarkan untuk tinggal di lahan tersebut. Selain itu, pastikan pula kamu dapat membayarnya secara tepat waktu.

Biaya perbaikan rumah

Jangan Beli Rumah Bila Kamu Masih Belum Siap dengan 5 Hal iniunsplash.com/Jared Rice

Membeli rumah berarti kamu juga harus siap untuk merawatnya. Mengisi dengan barang-barang kebutuhan dan memperbaiki setiap kerusakan juga membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Sebelum membelinya, pikirkan pula bagaimana kamu dapat menyisihkan biaya untuk keperluannya ya.

 

BACA JUGA: Bagi Kamu yang Sudah Bekerja dan Ingin Memulai Bisnis, Simak 3 Tips Ini!