Menggunakan internet bukan hanya sekedar pamer selfie dan ngepoin kehidupan orang lain di dunia maya. Bila cerdas memanfaatkannya, kamu bisa mendapat banyak keuntungan bagi diri sendiri. Meskipun sebelumnya tidak pernah terpikirkan, nyatanya dunia maya dapat menghasilkan uang jajan tambahan dengan cara ini.

Menjual hasil foto

 
Hampir setiap  orang suka mengabadikan momen dalam sebuah gambar. Ditambah lagi, kemajuan teknologi membuat kamera dapat dimiliki oleh banyak orang dengan harga yang semakin terjangkau. Bila kamu memiliki kemampuan fotografi yang bagus dan berseni, kenapa tidak mulai saja menjual karyamu? Nyatanya, saat ini sudah banyak website seperti Shutterstock, Foap, Clashshot, hingga iStockphoto yang bisa membeli karyamu.

Menyempurnakan microtask

 
Bila kamu memiliki waktu lebih untuk sekedar scrolling akun gosip, ada baiknya kamu menghabiskannya dengan melengkapi deskripsi produk, menyalin audio, atau memeriksa foto yang diunggah tidak mengandung unsur pelanggaran hukum. Kamu bisa melakukannya di situs Crowdflower Amazon Mechanical Turk. Meski pada awalnya hanya dibayar kecil, namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring jam terbangmu, Bela.

Buat pelatihan online

 
Bila memiliki keahlian dan pintar dalam mengajarkan seseorang, kamu bisa aktif membuat kursus dan pelatihan online. Selain berbagi ilmu, kamu akan mendapat honor dari setiap orang yang menonton video kamu. Coba deh daftarkan diri kamu di situs seperti Skillshare atau Udemy. Ilmu yang kamu berikan pun dapat bermanfaat untuk orang lain.

Melakukan bimbingan secara live

 
Percaya atau tidak, namun profesi mengajar juga dibutuhkan secara langsung. Kamu bisa bergabung sebagai tenaga pengajar untuk membagi ilmu yang lebih spesifik untuk siswa yang mengikuti kelasmu dalam bentuk online. Coba deh mengajukan diri di situs Chegg Tutor, atau tutor.com. Syaratnya, kamu tentu harus memiliki kemampuan dan sertifikat di bidang tersebut ya Bela

Menjadi pengguna aplikasi percobaan

5 Cara Mendapat Uang Halal dari Dunia Mayawww.g2crowd.com
 
Banyak orang yang rela menunggu lama dan membayar mahal untuk mendapat smartphone atau game terbaru. Bila kamu menjadi salah satunya, coba deh beri feedback untuk mencoba dan menguji perangkat yang kamu dapatkan. Kamu bisa mencobanya dengan bergabung di situs Erlibird.com untuk melihat perkembangan pada perangkat ini. Namun, kamu harus memiliki beberapa perangkat sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan review untuk menyelesaikan tugas tersebut ya.

BACA JUGA: 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji