Berbicara mengenai penghasilan tambahan, kamu perlu memiliki keterampilan dan manajemen waktu agar semua dapat terselesaikan dengan baik. Adanya pandemi, telah mendorong kita untuk dapat bekerja secara multitasking tanpa adanya batas ruang.

Untuk memiliki penghasilan tambahan, kamu dapat memaksimalkan sumber daya, kesempatan dan inovasi yang ada. Nah, kamu dapat mengikuti tips untuk menghasilkan penghasilan tambahan yang akan Popbela berikan, agar mampu memanfaatkan kesempatan dan menjadikannya sebagai peluang.

1. Memanfaatkan internet untuk informasi tambahan

5 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bikin Ribet freepik.com/rawpixel-com

Mudahnya akses internet, akan membuka peluang yang lebih besar untuk kamu belajar dan mencari penghasilan tambahan. Jika memanfaatkan internet dengan baik, kamu dapat belajar dan memperkaya diri dengan ilmu yang dapat membantu mengembangkan diri. Selain itu, kamu dapat bertemu dan terhubung dengan orang-orang terbaik di bidangnya. Terakhir, kamu juga bisa mencari dan mendaftarkan diri sebagai freelancer pada pekerjaan yang kamu minati.

2. Maksimalkan waktu di luar jam kerja

5 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bikin Ribet freepik.com

Salah satu kunci agar pekerjaan utama kamu tidak terganggu, kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Berilah tubuh dan pikiran istirahat yang cukup, serta memanfaatkan waktu luang dengan maksimal.

Kamu dapat bekerja pada saat weekdays dan mengambil pekerjaan sebagai freelancer saat weekend. Dengan menyeimbangkan antara waktu istirahat dan waktu kerja, kamu tidak akan mudah stres dan kelelahan.

3. Menambahkan passive income dengan berinvestasi

5 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bikin Ribet freepik.com/rawpixel-com

Sudah lelah bekerja namun ingin memiliki passive income? Kamu dapat mencoba untuk berinvestasi. Agar investasi kamu tidak sia-sia dan berakhir menjadi penyesalan, sebelumnya perkaya diri dengan ilmu melalui buku, webinar, YouTube dan internet. Belajarlah dari orang yang lebih berpengalaman agar tidak tersesat di kemudian hari. 

Bentuk investasi ada banyak macamnya, salah satunya investasi saham, logam mulia dan crowdfunding. Investasi ini menerapkan konsep urunan atau crowdfund bersama beberapa orang untuk membiayai franchise atau bentuk bisnis lain. Selain mudah, sistem crowdfunding juga dapat dimulai dengan nominal investasi yang tidak terlalu tinggi, karena melibatkan banyak orang untuk pengumpulan dana.

4. Menjadi seorang content creator

5 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bikin Ribet freepik.com

Maraknya pengguna sosial media, telah menjadikan pekerjaan seorang content creator sebagai sebuah ladang penghasilan tambahan yang baru. Jika nama kamu mulai terkenal di mana-mana, akan datang banyak endorsement yang tarifnya dapat kamu sesuaikan dan atur sendiri. Menjadi content creator tidak terbatas pada status wilayah, umur dan pendidikan, semua orang bebas berkarya dan menjadi content creator.

5. Jualan online

5 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bikin Ribet freepik.com/rawpixel-com

Kini, kamu dapat dengan mudah membuka lapak secara online untuk memasarkan produk. Dengan promosi yang baik dan produk yang berkualitas, akan memperluas pasar dan jangkauan konsumen. Kamu juga dapat mengontrolnya kapan saja dan di mana saja menggunakan satu perangkat. Namun, diperlukan ilmu pemasaran, ketekunan dan kesabaran, agar bisnis kamu semakin berkembang.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Kamu juga dapat berbelanja di platform belanja online agar mendapatkan harga yang lebih murah, serta memanfaatkan diskon dan voucher yang disediakan. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan promo voucher cashback hingga 100% selama kampanye ShopeePay Super Online Deals tanggal 15-21 November ini. Voucher cashback dapat dibeli di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee, kemudian dapat langsung digunakan saat membeli saham kepemilikan bisnis dengan metode pembayaran ShopeePay di website Bizhare.

Baca Juga: Paling Dicari Saat Belanja Online, Ini Sejarah Cashback dan Diskon

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Bisa Kamu Tekuni di Rumah

Baca Juga: 7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kuliner