Di tengah pandemi, banyak orang mulai membuka bisnis di rumah. Setiap penjual berlomba-lomba menjadi lebih kreatif untuk mempersempit persaingan. Memulai bisnis rumahan memang mudah, namun sulit untuk mempertahankannya. Banyak bisnis yang menyerah dan membiarkannya berhenti begitu saja. 

Nah, agar bisnis yang kamu kelola dapat berjalan dengan baik, yuk, simak tips mudah memulai bisnis rumahan untuk pemula dari Popbela

1. Meminta dukungan dari orang terdekat

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com/tirachardz

Langkah awal yang dapat kamu lakukan sebelum memulai bisnis rumahan adalah dengan meminta dukungan. Meski terlihat sepele, dengan dukungan dari orang terdekat kamu akan semakin termotivasi untuk memulai. Jangan dengarkan orang-orang yang ingin menjatuhkanmu, jadikan semua itu motivasi untuk membuktikan kepada mereka bahwa kamu bisa berhasil.

2. Mempelajari administrasi sejak dini

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis rumahan, penting sekali mempelajari administrasi. Administrasi penting dipelajari, agar kamu dapat mengelola dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Dengan catatan yang rapi dan tersusun, mudah untuk kamu menyadari seberapa jauh bisnis kamu telah berkembang. Hindari mencampur pengeluaran dan pemasukan pribadi ke dalam catatan bisnis.

3. Memiliki visi dan misi yang jelas

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com

Saat akan memulai bisnis rumahan, kamu perlu memiliki visi dan misi yang kuat. Visi dan misi ibarat sebuah tumpuan untuk kamu berdiri. Jika kamu tidak memiliki visi dan misi, mudah saja bagi kamu untuk menghentikan bisnis di tengah jalan. Dengan adanya visi dan misi, kamu akan memiliki target yang jelas, sehingga meminimalisir kemungkinan gulung tikar.

4. Menghitung modal yang dimiliki

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com/rawpixel-com

Apapun bisnisnya, kamu memerlukan modal untuk memulai. Hitung secara rinci apa saja yang diperlukan untuk bisnis yang ingin kamu bangun. Mulailah dengan memikirkan bahan baku produksi, packaging yang akan kamu gunakan, serta berapa jenis produk yang akan kamu jual. Dengan administrasi yang baik, ini akan memudahkan menghitung modal yang kamu butuhkan serta menghindari masalah keuangan ke depannya.

5. Produk yang kamu jual harus memiliki ciri khas

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com/tirachardz

Di tengah kehidupan yang kini sangat ketergantungan dengan internet, kamu dapat menemukan apapun dalam satu genggaman. Sebagian besar produk yang ingin kamu jual, sudah terlebih dahulu dijual oleh orang lain. Namun, jangan jadikan semua itu sebagai penghalang. Gunakanlah teknik ATM (amati, tiru, modifikasi) untuk menciptakan produk yang unik dan menarik.

6. Promosikan produk kamu di media sosial

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com

Pada umumnya, bisnis rumahan juga gencar memasarkan produknya melalui platform belanja online. Agar toko kamu semakin ramai dikunjungi, rajinlah melakukan promosi di sosial media, serta minta tolong orang terdekat untuk ikut berpromosi juga. Kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari influencer yang sedang naik daun, untuk memasarkan produk kamu agar semakin dikenal.

7. Berkomitmen dengan bisnis yang sedang dijalankan

Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan freepik.com/tirachardz

Menjalankan bisnis rumahan tidak semudah yang dikatakan. Ada kalanya bisnis kamu sepi pembeli, mengalami kerugian dan berbagai masalah internal lainnya. Tidak ada hasil yang instan, oleh karena itu, kamu perlu menanamkan pikiran yang positif dan mengevaluasi setiap kekurangan agar tidak mengulanginya di kemudian hari.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis rumahan. Meski belum berjalan mulus, jangan langsung menyerah di tengah jalan, ya! Jangan lupa perkaya diri dengan ilmu dan pengalaman agar bisnis kamu semakin berkembang, Bela!

Baca Juga: 3 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Ratusan Ribu A la ShopeePay

Baca Juga: Peluang Untung Besar, Ini 7 Ide Bisnis Pertanian Rumahan 

Baca Juga: 7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kuliner