Simak Bahasa, Fungsi, Jenis, serta Pengertian Scripting Language

Calon programer wajib tahu, nih!

Simak Bahasa, Fungsi, Jenis, serta Pengertian Scripting Language

Dalam pemrograman, tindakan scripting pada dasarnya adalah menulis serangkaian perintah yang ditafsirkan satu persatu oleh aplikasi atau mesin scripting. Oleh sebab itu, setiap programer perlu memahami scripting language agar aplikasi atau software yang sedang dikembangkan dapat bekerja.

Bagi beberapa orang scripting masih terasa membingungkan. Untuk itu Popbela akan memberikan penjelasan mengenai pengertian scripting, bahasa scripting, hingga fungsinya dari berbagai sumber. 

1. Pengertian scripting

Simak Bahasa, Fungsi, Jenis, serta Pengertian Scripting Language

Pengertian scripting yang dimaksud dalam artikel ini bukanlah tulisan sebagai bahan persiapan untuk mempersiapkan serangkaian kalimat yang akan disampaikan di depan khalayak namun merujuk kepada serangkaian tindakan programing untuk memberitahu browser apa yang harus dilakukan.  

Sering disalahpahami, banyak yang mengira jika scripting sama dengan coding, namun keduanya adalah hal yang berbeda. Sederhananya, scripting memungkinkan kamu untuk mengontrol program dengan pengkodean sedangkan coding sendiri memungkinkan kamu untuk membuat program. Singkatnya, scripting menyediakan fungsionalitas sedang coding menyediakan struktur. 

2. Scripting language

Melansir dari situs indeed.com, scripting language atau bahasa scripting adalah bahasa komputer yang menyediakan instruksi yang disebut skrip untuk perangkat lunak di aplikasi dan situs web. Skrip berisi serangkaian perintah yang diinterpretasikan oleh perangkat lunak, aplikasi, atau mesin skrip satu per satu dalam lingkungan runtime.

Scripting language menggunakan program yang dikenal sebagai juru bahasa untuk menerjemahkan perintah dan langsung ditafsirkan dari kode sumber tanpa memerlukan langkah kompilasi. Perlu diketahui jika semua scripting language adalah bahasa pemrograman namun tidak semua bahasa pemrograman adalah scripting language

Biasanya, scripting language digunakan oleh pengembang web untuk membuat dan memelihara situs web, dimanfaatkan oleh administrator sistem untuk mengidentifikasi dan mengatasi kesalahan pada sistem, hingga dipakai analis pemrogram sebagai alat untuk membuat perintah ringkas dan mengotomatiskan tugas tertentu. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here