Gangga Kusuma sedang ramai diperbincangkan berkat aksi romantisnya melamar selebgram Karin Novilda atau yang akrab dikenal Awkarin. Tepat di hari ulang tahun Karin (29/11/2021), dengan berani Gangga melamar Awkarin sambil menyanyikan lagu “Kisah Romantis”. Ingin lebih mengenal penyanyi berusia 23 tahun yang sedang banyak digandrungi anak muda ini? Yuk, simak profil lengkap dari Gangga Kusuma. 

1. Menggunakan nama ibu sebagai nama panggung

Segera Menikah, Ketahui Fakta Gangga Kusuma Si Pelantun Blue Jeansinstagram.com/ganggaksm

Dikenal sebagai Gangga Kusuma, namun ternyata itu bukan nama aslinya, lho! Kusuma merupakan nama yang dibawanya dari pihak ibu, penyanyi yang lahir pada (27/03/1998) ini memiliki nama asli Gangga Hataqwa. Sempat tinggal di Surabaya, Gangga pindah ke Jakarta dan tinggal bersama nenek dari ibunya. Masa sekolahnya dihabiskan dengan menjajal berbagai ekskul dan bermain musik.

2. Berawal dari hobi menjadi pekerjaan

Segera Menikah, Ketahui Fakta Gangga Kusuma Si Pelantun Blue Jeansinstagram.com/ganggaksm

Gangga kecil tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan menjadi penyanyi. Lulusan SMA Negeri Setiabudi 3 Jakarta ini sudah aktif ngeband sejak SMP. Dirinya telah membuktikan kemampuannya dengan banyak memenangi lomba band antar SMA. 

Memutuskan untuk kabur dari rumah, selama di Jakarta, Gangga sempat bekerja di coffee shop hingga menjadi kru perfilman. Bergabung bersama A-team, dirinya mulai aktif mengcover lagu dan mengunggahnya di Instagram. Kini, selain menjadi influencer, Gangga memfokuskan dirinya di musik.

3. Perjalanan karier Gangga Kusuma

Segera Menikah, Ketahui Fakta Gangga Kusuma Si Pelantun Blue Jeansinstagram.com/ganggaksm

Sebagai penyanyi dan penulis lagu, Gangga pertama kali mengeluarkan single “Don’t” pada tahun 2019. Setahun kemudian, dirinya kembali mengeluarkan single “Don’t” versi akustik. Di bawah label rekaman independen KSM Record, tahun 2020 Gangga kembali mengeluarkan single “Blue Jeans”.

Berkat single “Blue Jeans”, namanya mulai melejit. Kini, video musiknya telah mencapai 25 juta penonton dan didengarkan melalui platform musik Spotify 92 juta kali dengan 8,7 juta pendengar. Kurang dari satu tahun perjalanan musiknya, Gangga berhasil masuk nominasi AMI Awards 2021 untuk kategori artis solo/wanita urban terbaik.

4. Meluncurkan album perdana

Segera Menikah, Ketahui Fakta Gangga Kusuma Si Pelantun Blue Jeansinstagram.com/ganggaksm

Lama ditunggu penggemar, akhirnya Gangga mengeluarkan album bertajuk It’s Never Easy pada Agustus 2021. Dengan sentuhan jazz chord progression, Gangga menulis seluruh lagu di dalam album dengan menggunakan bahasa Inggris.

Berisi 10 lagu, album ini menceritakan bagaimana proses jatuh bangun suatu hubungan. Dengan lagu utama “This Love Will Never End”, nyatanya album ini sukses di pasaran. Selain lagu utama, ada juga lagu-lagu lainnya seperti “Forever”, “Whiskey Bottle” hingga “Waiting for You”.

Itulah profil dari Gangga Kusuma, seorang penyanyi dan penulis lagu. Setelah lamarannya diterima, kita doakan yang terbaik untuk perjalanan Gangga dan Awkarin ya, Bela! Jangan lupa, nantikan karya-karya terbaru dari Gangga yang siap menghibur kamu dengan lirik galaunya!

Baca Juga: Sempat Putus, Perjalanan Cinta Awkarin & Gangga Kusuma Hingga Lamaran

Baca Juga: Awkarin, Si Influencer dengan Jiwa Sosial Tinggi

Baca Juga: Dituduh Selingkuhan Pacar Awkarin, Ini 7 Fakta Menarik Oubrey Aulia