Pengertian, Tujuan, Gaya Penulisan & Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

Kini menulis daftar pustaka buku bisa otomatis

Pengertian, Tujuan, Gaya Penulisan & Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

Pengertian daftar pustaka menurut KBBI adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad. Biasanya, kamu akan menemukan daftar pustaka pada buku-buku pelajaran, karya ilmiah, laporan hasil penelitian, tugas akhir, makalah, hingga skripsi. 

Tujuan keberadaan daftar pustaka yaitu untuk memberikan kredit terhadap sumber yang kutipannya telah diambil oleh si penulis. Saat menyusun buku atau karya tulis ilmiah, daftar pustaka akan ditempatkan pada bagian akhir. Namun, cara penulisan daftar pustaka berbeda dengan catatan kaki meskipun sama-sama berfungsi untuk menuliskan sumber. Agar lebih jelas, berikut serba-serbi daftar pustaka buku yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengapa daftar pustaka buku penting?

Pengertian, Tujuan, Gaya Penulisan & Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

Selain sebagai tempat untuk membubuhkan sumber dari informasi yang telah digunakan dalam penyusunan buku atau karya ilmiah, adanya daftar pustaka menunjukkan bahwa hasil tulisan bukanlah produk plagiat. 

Di sisi lain, argumen yang ditulis akan semakin kuat sebab apa yang ditulis bukanlah hasil mengada-ngada namun diperkuat dengan pernyataan yang telah disampaikan oleh para ahli. Para pembaca juga dapat memeriksa kebenaran dari kutipan dengan mengakses langsung sumber informasi. 

Terakhir, yang tidak kalah penting, penulisan daftar pustaka buku merupakan bentuk apresiasi terhadap penulis yang telah menerbitkan karyanya terlebih dahulu dan secara tidak langsung telah membantu menyelesaikan tulisan yang sedang kita garap.  

2. Perbedaan daftar pustaka dan catatan kaki

Daftar pustaka merupakan daftar yang mencantumkan seluruh sumber yang sebelumnya digunakan untuk menyelesaikan sebuah esai, karangan ilmiah, hingga tesis. Setiap buku, artikel, bahkan situs dari internet yang sebelumnya gunakan untuk mengumpulkan informasi perlu dikutip sehingga pembaca nantinya dapat melacak fakta ke sumber aslinya. 

Sedangkan catatan kaki adalah sebuah catatan yang ditempatkan pada bagian bawah halaman dalam sebuah tulisan dan ditunjukkan dalam teks dengan angka superskrip—dapat menggunakan angka atau huruf. 

Ada perbedaan mencolok antara daftar pustaka dan catatan kaki. Jika pada umumnya daftar pustaka akan diletakkan di bagian akhir sebuah karya ilmiah, maka catatan kaki dicantumkan di bagian bawah sebuah tulisan. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here