LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggauni

Linggauni adalah editor di IDN Times NTB

LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggauni

Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times memasuki hari pertama penyelenggaraan, pada Rabu (9/03/2022). Sesi workshop "Jadi Penulis Andal dengan Berita Lokal", dibawakan oleh Linggauni selaku editor di IDN Times NTB. 

Sesi dibuka pada pukul 13.30 WITA, bersama para peserta terpilih yang dapat mengikuti Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times secara langsung di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Kali ini, Linggauni membagikan tips untuk menulis judul berita, serta membagikan beberapa tips menulis untuk berita lokal.

Penulisan judul yang baik

LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggauni

Setiap artikel harus memiliki unsur 5W + 1H yaitu, what (apa), who (siapa), why (kenapa), when (kapan), where (di mana), how (bagaimana). Tulisan akan lebih lengkap akan informasi jika memiliki unsur 5W + 1H. 

Di awal, Linggauni menceritakan pengalamannya saat pertama kali menulis artikel. Tidak jarang dirinya merasa kesulitan saat menentukan judul yang tepat untuk artikel yang sudah ditulisnya. Salah satu kesulitan yang dialaminya adalah menentukan diksi yang tepat, untuk digunakan dalam judul.

Namun, sebelum menentukan judul, penulis dapat terlebih dahulu menentukan topik apa yang akan ditulisnya, lalu mengadakan riset untuk keperluan informasi dalam tulisan. Setelah artikel atau berita selesai ditulis, penentuan judul tulisan akan lebih mudah. 

Tips untuk para penulis pemula

Dalam sesinya, Linggauni juga membagikan tips untuk para penulis pemula. Pertama, biasakan untuk langsung menuliskan ide yang terpikirkan di dalam kepala, jangan biasakan diri untuk menunda, atau ide tulisan akan lenyap. 

Sebagai penulis, kita juga harus peka terhadap lingkungan sekitar, apa yang kita dengar dan lihat bisa menjadi ide tulisan. Selain itu, gunakan media sosial untuk mengetahui update berita terbaru. Di sisi lain, pilihlah informasi yang memang bermanfaat dan penting untuk dibagikan.

Hal terakhir, dalam penulisan berita lokal, penting sekali mengetahui kearifan lokal daerah yang akan ditulis. Lengkapnya informasi dalam sebuah tulisan, akan membantu daerah tersebut semakin berkembang. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here