Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times memasuki hari pertama penyelenggaraan, pada Rabu (9/03/2022). Sesi workshop "Jadi Penulis Andal dengan Berita Lokal", dibawakan oleh Linggauni selaku editor di IDN Times NTB. 

Sesi dibuka pada pukul 13.30 WITA, bersama para peserta terpilih yang dapat mengikuti Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times secara langsung di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Kali ini, Linggauni membagikan tips untuk menulis judul berita, serta membagikan beberapa tips menulis untuk berita lokal.

Penulisan judul yang baik

LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggaunifreepik.com/thanyakij-12

Setiap artikel harus memiliki unsur 5W + 1H yaitu, what (apa), who (siapa), why (kenapa), when (kapan), where (di mana), how (bagaimana). Tulisan akan lebih lengkap akan informasi jika memiliki unsur 5W + 1H. 

Di awal, Linggauni menceritakan pengalamannya saat pertama kali menulis artikel. Tidak jarang dirinya merasa kesulitan saat menentukan judul yang tepat untuk artikel yang sudah ditulisnya. Salah satu kesulitan yang dialaminya adalah menentukan diksi yang tepat, untuk digunakan dalam judul.

Namun, sebelum menentukan judul, penulis dapat terlebih dahulu menentukan topik apa yang akan ditulisnya, lalu mengadakan riset untuk keperluan informasi dalam tulisan. Setelah artikel atau berita selesai ditulis, penentuan judul tulisan akan lebih mudah. 

Tips untuk para penulis pemula

LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggaunifreepik.com/katemangostar

Dalam sesinya, Linggauni juga membagikan tips untuk para penulis pemula. Pertama, biasakan untuk langsung menuliskan ide yang terpikirkan di dalam kepala, jangan biasakan diri untuk menunda, atau ide tulisan akan lenyap. 

Sebagai penulis, kita juga harus peka terhadap lingkungan sekitar, apa yang kita dengar dan lihat bisa menjadi ide tulisan. Selain itu, gunakan media sosial untuk mengetahui update berita terbaru. Di sisi lain, pilihlah informasi yang memang bermanfaat dan penting untuk dibagikan.

Hal terakhir, dalam penulisan berita lokal, penting sekali mengetahui kearifan lokal daerah yang akan ditulis. Lengkapnya informasi dalam sebuah tulisan, akan membantu daerah tersebut semakin berkembang. 

Hindari hal-hal ini saat menulis

LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggaunifreepik.com

Selain memberikan tips untuk menulis, Linggauni juga menyampaikan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan seorang penulis.

Secara umum, tulisan tidak diperkenankan mengandung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). Hal ini ditakutkan akan menyinggung beberapa pihak, sehingga menimbulkan perselisihan.

Kedua, tidak mengandung unsur fitnah, selain merugikan diri sendiri tentunya hal ini dapat membuat orang lain rugi. Terakhir, hindari menggunakan kata-kata yang mengandung arti kasar atau tidak sopan.

Itulah beberapa tips menulis berita lokal untuk pemula, serta hal-hal yang harus dihindari saat menulis dari Linggauni, selaku editor di IDN Times NTB. Menurut Linggauni, dengan adanya media digital, kini kita tidak hanya dapat mencari informasi, namun juga dapat memberikan informasi, salah satunya melalui tulisan.

Ikuti terus keseruan dari rangkaian acara Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times melalui YouTube resmi IDN Times. Follow juga akun Instagram @indonesia.writers.festival agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya. 

Baca Juga: IWF 2021: Tips Menulis Artikel Kuliner A la Kevindra Soemantri

Baca Juga: Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa Tsana

Baca Juga: Inspiratif dan Jadi Panutan, 5 Perempuan Ini Sukses Karena Menulis