Hari kedua perjalanan Lombok Writers Festival 2022 menghadirkan Trinity dengan tema "Trinity The Explorer: Menulis Destinasi Lokal Menjadi Global". Diselenggarakan pada Kamis (10/03/2022), Trinity hadir sebagai pembicara sekaligus mentor selama sesi workshop. Dirinya juga membagikan pengalaman dan keseruan selama menjadi penulis travel blog

Bermula sejak tahun 2005, Trinity mulai menuliskan kisah perjalanannya dalam blog yang masih aktif hingga kini, yaitu naked-traveler.com. Telah menerbitkan 15 buku yang berhasil best seller, dua judul bukunya juga dijadikan film. Kini, Trinity masih aktif menulis dan membuka kelas menulis yang dimentori langsung olehnya. 

Pada kesempatan kali ini, Trinity membagikan beberapa tips untuk seorang penulis travel, baik untuk diterbitkan di blog pribadi maupun media lain.

LWF 2022: Belajar Jadi Penulis Travel Bareng Trinityinstagram.com/trinitytraveler

Tulisan travel biasanya bersifat subjektif dengan sudut pandang orang pertama. Untuk itu, penting sekali memahami diri sendiri serta audiens yang dituju. Tentu saja, perbedaan platform akan membedakan gaya bahasa yang digunakan.

Contohnya, jika tulisan dimuat untuk blog pribadi, kamu bebas menggunakan bahasa sehari-hari. Namun, jika untuk media konvensional atau digital seperti, koran, majalah atau situs resmi, tentunya kita harus mempelajari gaya bahasa yang digunakan.

1. Mengumpulkan informasi

LWF 2022: Belajar Jadi Penulis Travel Bareng Trinityinstagram.com/trinitytraveler

Ide tulisan traveler dapat kamu temukan dari hasil observasi. Gunakanlah unsur 5W+1H yaitu, what (apa), who (siapa), why (kenapa), when (kapan), where (di mana), how (bagaimana), di dalam tulisan agar artikel kamu kaya informasi. Agar semakin menarik, jangan hanya menuliskan apa yang kita lihat, maksimalkan apa yang pancaindra kita rasakan selama traveling

Contohnya, saat menulis mengenai restoran di daerah tertentu, kumpulkan informasi terkait suasana, jam operasional, menu makanan, harga, fasilitas, hingga pemandangan yang disajikan. Deskripsikan apa yang kamu lihat, dengar, juga rasakan selama berada di restoran tersebut.

2. Judul round-up

LWF 2022: Belajar Jadi Penulis Travel Bareng Trinityinstagram.com/trinitytraveler

Baik di media berita online maupun di blog pribadi, judul round-up sudah tidak lagi asing. Judul round-up adalah judul berita atau artikel yang menyisipkan angka dalam kalimatnya.  Penulisan judul dengan angka akan semakin menarik minat pembaca. Selain itu, penulis akan lebih mudah menyusun konten dan membuat tulisan semakin terarah.

3. Berlatih mencari angle yang tepat

LWF 2022: Belajar Jadi Penulis Travel Bareng Trinityinstagram.com/trinitytraveler

Untuk menghasilkan tulisan yang menarik, penting menentukan angle atau sudut pandang yang tepat. Selama menjadi travel blog, Trinity menjelaskan bahwa tidak semua tempat yang dirinya kunjungi bisa ditulis. Lebih baik menuliskan satu perjalanan yang paling berkesan, meskipun pengalaman itu tidak menyenangkan.

LWF 2022: Belajar Jadi Penulis Travel Bareng Trinityinstagram.com/trinitytraveler

Penulis berdarah Sukabumi ini, telah aktif menjadi backpacker sejak masih menyandang status sebagai mahasiswa. Trinity menggunakan uangnya sendiri untuk modal jalan-jalan, karena dirinya aktif berkuliah sambil bekerja. Menurutnya, waktu kuliah adalah saat yang tepat untuk banyak mengeksplor, karena pada umumnya, para mahasiswa memiliki waktu liburan yang cukup panjang.

Lombok Writers Festival 2022 telah memasuki hari terakhir pelaksanaanya. Untuk kamu yang ketinggalan, dapat mengunjungi YouTube resmi IDN Times dan menonton ulang keseruannya. Jangan lupa follow Instagram @indonesia.writers.festival, biar nggak ketinggalan kalau ada acara menarik lainnya. 

Baca Juga: LWF 2022: Tips Menulis Berita Lokal untuk Pemula, Bersama Linggauni

Baca Juga: IWF 2021: Tips Menulis Artikel Kuliner A la Kevindra Soemantri

Baca Juga: IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit