Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok umat manusia. Setiap orang memiliki seleranya tersendiri dan setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Tidak heran jika banyak bisnis kuliner yang menjamur, karena kebutuhan manusia akan makanan yang tiada habisnya. 

Perkembangan kuliner semakin pesat, berkat kemajuan teknologi dan pertukaran budaya. Kini, kita mengenal berbagai jenis kuliner dari berbagai daerah, bahkan sampai negara tetangga. Hal ini, mendorong orang-orang untuk mulai membuka usaha di bidang kuliner. Nah, untuk kamu yang ingin memulai usaha di bidang kuliner, yuk, simak tips mudahnya!

1. Mengenali produk

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kulinerfreepik.com_freepic-diller

Sebelum memulai usaha di bidang kuliner, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang akan kamu jual. Selera setiap orang pastinya berbeda, maka kamu harus melakukan riset pasar di kawasan yang kamu pilih, untuk mengetahui selera konsumen.

2. Menentukan target pasar

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang KulinerIstock_monkeybusinessimages

Setelah riset pasar, kamu perlu menentukan target pasar, agar ke depannya dapat lebih mudah untuk berkembang. Dengan menentukan target pasar, kamu akan mengetahui seberapa banyak konsumen yang menyukai produk kamu.

3. Menentukan lokasi

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kulineristockphoto_ErmakovaElena

Meski perkembangan dunia digital sudah pesat, tidak jarang orang memilih untuk memulai usahanya secara offline. Kamu perlu memilih lokasi yang strategis, agar usaha kamu ramai pengunjung. Jika belum memiliki lokasi yang tepat untuk berjualan, kamu dapat menjual produk secara online.

4. Menentukan modal

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kulinerfreepik.com

Sebelum memulai usaha, kamu perlu mengetahui seberapa banyak modal yang kamu miliki. Kamu perlu menuliskan secara rinci, kebutuhan apa saja yang kamu butuhkan, untuk membuka usaha kuliner. Hal ini penting dilakukan agar usaha kamu tidak berhenti di tengah jalan karena kekurangan biaya.

5. Membuat SOP

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kulinerfreepik.com

SOP atau Standar Operasional Prosedur, berfungsi agar usaha yang sedang kamu jalani tetap berjalan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Kamu dapat membuat SOP produk yang dijual, SOP untuk karyawan, SOP di toko dan lainnya. SOP juga dapat membantu kamu menentukan jumlah karyawan yang akan direkrut.

6. Mencari pemasok bahan baku

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kuliner4 istockphoto_ErmakovaElena

Untuk kamu yang akan memulai usaha di bidang kuliner, kamu perlu mencari pemasok bahan baku untuk produk yang akan dijual. Jika sudah memiliki pemasok tetap, kamu tidak perlu bingung saat harus berbelanja.

7. Lakukan promosi

7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kulinerfreepik.com

Ketika kamu sudah mengenali lokasi dan produk apa yang akan dijual, kamu juga perlu melakukan promosi, agar produk kamu semakin banyak dikenali. Kamu dapat memanfaatkan media sosial seperti instagram, twitter dan facebook, serta mengoptimalkan e-commerce untuk meningkatkan nilai penjualan.

Itulah cara mudah memulai usaha kuliner untuk pemula. Namun hal yang paling utama adalah konsistensi, agar usaha kamu dapat terus berjalan dan berkembang. Saat usaha kamu sudah mulai besar nanti, kamu harus mengurus izin usaha, demi legalitas bisnis kamu.

Baca Juga: Mendatangkan Untung, 9 Tips Membuat Nama Toko Biar Nggak Ciong!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Toko Roti & Kue Paling Enak di Kelapa Gading

Baca Juga: 7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara Online