Jutaan pengguna telah mengakses YouTube setiap harinya, menyebabkan situs yang telah hadir sejak tahun 2005 ini menjadi situs kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Google.

Tahun berjalan, kini pengguna YouTube dapat menghasilkan uang dari video yang mereka unggah. Para content creator mendapatkan uang dari iklan dan seberapa banyak pengikut yang menonton konten mereka. Mulai dari selebriti hingga ibu rumah tangga, ada banyak sekali video yang dapat pengguna YouTube nikmati.

Menurut data, tidak sedikit video YouTube yang penayangannya menembus lebih dari 3 miliar penonton, menjadikan video tersebut bernilai jutaan dolar. Penasaran dengan daftarnya per tahun 2022? Keep scrolling! 

1. “Baby Shark Dance” – Pinkfong (10 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/XqZsoesa55w

Memiliki lagu yang catchy dengan lirik yang mudah dihafal, tidak mengherankan jika “Baby Shark Dance” yang rilis di tahun 2016 ini menjadi begitu populer. Ditulis oleh komposer kenamaan, Robin Davies, “Baby Shark Dance” diproduksi oleh perusahaan asal Korea Selatan, Pinkfong, dan menjadi video YouTube pertama yang ditonton lebih dari 10 miliar pemutaran.

2. “Despacito” – Luis Fonsi ft. Daddy Yankee (7,8 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/kJQP7kiw5Fk

Setelah 20 tahun, “Despacito” menjadi lagu berbahasa Spanyol pertama yang berhasil mencapai puncak Billboard 100. Ditulis langsung oleh Luis Fonsi, Erika Ender dan Daddy Yankee, hingga kini video musik “Despacito” telah ditonton lebih dari 7 miliar pemutaran di YouTube.

3. “Johny Johny Yes Papa” - LooLoo Kids (6,3 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/F4tHL8reNCs

Video musik “Johny Johny Yes Papa” menampilkan seorang anak bernama Johny yang tertangkap sedang memakan gula oleh ayahnya. Diunggah oleh akun YouTube, LooLoo Kids - Nursery Rhymes and Children's Songs, kini video “Johny Johny Yes Papa” telah ditonton lebih dari 6 miliar kali. Bahkan, lagu ini sampai diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol yang berhasil ditonton lebih dari 1 miliar penayangan.

4. “Shape of You” – Ed Sheeran (5,7 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/JGwWNGJdvx8

Rilis tepat pada 30 Januari 2017, video musik “Shape of You” milik Ed Sheeran berhasil menjadi salah satu video YouTube tercepat yang melampaui satu miliar penayangan. Lagunya sendiri berhasil menduduki puncak tangga lagu di 44 negara, dan menjadi lagu paling populer di tahun 2017 pada daftar 100 Single Akhir Tahun di Hot Billboard. 

5. “See You Again” - Wiz Khalifa ft. Charlie Puth (5,5 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/RgKAFK5djSk

Menjadi lagu penutup untuk film Furious 7, “See You Again” disebut sebagai lagu untuk mengenang mendiang Paul Walker. Selama 12 minggu, lagu ini berada di puncak Billboard 100 di Amerika Serikat, dan menduduki puncak daftar di beberapa negara lain. Kehadiran lagu ini berhasil melengserkan posisi “Gangnam Style” milik Psy dari posisi pertama video musik dengan jumlah penonton terbanyak di YouTube.

6. “Bath Song” - Cocomelon - Nursery Rhymes (5,4 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/WRVsOCh907o

Ditonton lebih dari 5 miliar kali penayangan di YouTube, “Bath Song” menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Kehadiran akun Cocomelon - Nursery Rhymes berhasil menduduki peringkat ketiga saluran YouTube yang paling banyak memiliki pengikut setelah PewDiePie dan T-Series.

7. “Learning Colors” - Colorful Eggs on a Farm (4,8 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/_nAu9D-8srA

Tampaknya, lagu anak-anak perlahan mulai mengambil alih peringkat video yang paling banyak ditonton di YouTube. Selama lima menit, video ini menjelaskan berbagai warna-warna berbeda yang dinarasikan dalam bahasa rusia. Namun, kamu dapat menyalakan subtitle untuk memunculkan arti dari video yang sedang ditampilkan.

8. “Phonics Song with TWO Words” - ChuChu TV Nursery Rhymes & Kids Songs (4,6 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/hq3yfQnllfQ

“Phonics Song with TWO Words” menampilkan video dengan tampilan dua animasi untuk setiap huruf. Gambar yang ditampilkan akan membantu anak-anak mengasosiasikan setiap huruf ke dalam objek dan suara yang sebenarnya. Memiliki kecepatan video yang stabil cenderung lambat, visual yang tajam dan jernih membuat video ini banyak ditonton.

9. “UpTown Funk” – Mark Ronson ft. Bruno Mars (4,5 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/OPf0YbXqDm0

Mark Ronson, seorang produser rekaman di Inggris berkolaborasi bersama Bruno Mars untuk menciptakan “UpTown Funk” yang rilis pada 2014 lalu. Kepopuleran “UpTown Funk” berhasil membawa lagu ini meraih gelar Record of the Year dalam Grammy Awards 2016. Hingga kini, video musik lagu ini telah ditonton lebih dari 4 miliar kali di YouTube.

10. Masha and Bear - Recipe for Disaster – Get Movies (4,4 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/KYniUCGPGLs

Bukan video musik, Masha and Bear-Recipe for Disaster – Get Movies yang berdurasi lebih dari enam menit ini menggunakan bahasa Rusia sepanjang video. Video ini merupakan serial TV animasi Rusia yang didasarkan pada cerita rakyat anak-anak. Jika kamu menontonnya melalui Netflix, tersedia edisi berbahasa Inggris yang tidak kalah seru.

11. “Gangnam Style” – Psy (4,4 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/9bZkp7q19f0

Penyanyi asal Korea Selatan, Psy, berhasil meluncurkan mega hit yang tidak terduga lewat lagunya, “Gangnam Style”. Melalui “Gangnam Style”, Psy menjadi penyanyi Kpop pertama yang mencapai posisi kedua di Billboard Main Chart Hot 100 selama 7 minggu.

12. Dame Tu Cosita - El Chombo feat. Cutty Ranks (3,9 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/FzG4uDgje3M

Pertama kali, lagu ini dirilis pada album El Chombo Cuentos de la Cripta II (1997) dalam versi pendek. Sebuah remix yang menampilkan Pitbull dan Karol G dirilis pada 24 Agustus 2018, berhasil menempati posisi pertama di chart Billboard Bubbling Under Hot 100. Bahkan, di Argentina lagu ini berhasil menduduki peringkat 31 Billboard Hot 100.

13. “Sugar” – Maroon 5 (3,7 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/09R8_2nJtjg

Bersama sutradara David Dobkin, Maroon 5 menampilkan video musik saat para anggota bernyanyi di acara pernikahan. Sebelumnya, kru produksi telah berkonsultasi dengan perencana pernikahan di Los Angeles untuk memutuskan pesta mana yang akan mereka datangi. Meski khawatir akan merusak keintiman dari acara pernikahan itu sendiri, namun nyatanya banyak orang yang menikmati kejutan yang diberikan.

14. "Sorry" - Justin Bieber (PURPOSE : The Movement) (3,5 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/fRh_vgS2dFE

Tidak menampilkan Justin Bieber sama sekali, namun video musik lagu ”Sorry”  berhasil menjadi video dengan jumlah viewers terbanyak miliknya hingga saat ini. Menampilkan para penari dengan pakaian berwarna-warni, koreografi untuk lagu ini dibuat oleh Parris Goebel. Menurut situs Cosmopolitan, Parris diminta untuk membuat sesuatu yang fun serta colorful, dan dia berhasil!

15. "Roar" - Katy Perry (3,5 Miliar)

https://www.youtube.com/embed/CevxZvSJLk8

Tergabung dalam album studio musik keempatnya, Prism, “Roar” telah menjadi hit besar untuk kesekian kalinya bagi Katy. Lagunya berhasil menempati posisi pertama pada tangga lagu di banyak negara, seperti Austria, Australia, Kanada, Irlandia, Israel, Selandia Baru dan Inggris. Sementara itu, video musik “Roar” telah ditonton lebih dari 3 miliar kali di YouTube pada Februari 2020, menjadikan Katy artis perempuan pertama yang berhasil melakukannya.

Itulah deretan video di YouTube yang memiliki penonton miliran. Banyak diisi oleh lagu anak-anak, tentunya daftar ini akan berubah seiring berjalannya waktu. Ada video favoritmu, Bela?

Baca Juga: Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Pop

Baca Juga: Raih Rp236 Miliar, 10 Idol K-Pop dengan Bayaran YouTube Tertinggi 2021

Baca Juga: Sudah Remaja, Penyanyi “Baby Shark” Gemparkan Publik dengan Suaranya