Sundance Film Festival: Asia 2022, Mengenal Kritik Film

Sundance Film Festival: Asia 2022, Mengenal Kritik Film dari Ahlinya

Wadah untuk mengupas suatu aspek dalam sinema

Sundance Film Festival: Asia 2022, Mengenal Kritik Film dari Ahlinya

Saat sebuah film tayang, akan muncul berbagai reaksi dari para penontonnya. Tanggapan muncul dari sejumlah kalangan dengan medium yang beragam. Salah satu produknya adalah kritik film.

Festival Chat sesi ketiga Sundance Film Festival: Asia 2022 menghadirkan diskusi menarik soal hal ini, lho, Bela! Pembicaranya pun datang dari para kritikus yang mumpuni, yaitu Adrian Jonathan Pasaribu, Eric Sasono, dan Umi Lestari. Selain itu, hadir pula Alexander Matius, Film Programmer FLIX Cinema & Kinosaurus, sebagai moderator.

"Kritik itu lahir dari perasaan dan didewasakan oleh pengetahuan," kata Adrian.

Menyorot secara spesifik

Sundance Film Festival: Asia 2022, Mengenal Kritik Film dari Ahlinyainstagram.com/sundanceffasia

Sekilas, kritik film memang tampak mirip dengan ulasan film. Namun, perbedaan yang cukup mencolok adalah kedalaman hal yang disorot. Dalam kritik film, aspek tertentu akan dibahas lebih jauh oleh si kritikus dengan pengetahuan yang dimilikinya.

"Kalau kita ngomongin film critic, pasti ada satu hal. Dia nggak pernah ngomongin si film itu secara general, tapi dia akan langsung to the point gue sukanya apa, di bagian apa, dan itulah yang akan aku tulis. Dan dari situ kita bisa melihat si kritikus ini sharing pengetahuan dia dan sharing taste-nya dia akan film," ujar Umi.

Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah, apakah sebuah kritik film harus berupa tulisan atau obrolan panjang? Eric punya perspektif tentang hal ini, nih, Bela!

"Persisnya (kritik film itu) soal argumen, sih. Bagaimana pendapat kita didukung oleh substansiasi, entah dari unsur filmnya atau apa pun lah. Yang jelas bahwa itu bisa dipertanggungjawabkan secara argumen akhirnya, meskipun perspektifnya sangat sempit. Ketika argumennya ada, ya, sudah. Terserah masing-masing penulis saja. Karena repot sekali kalau punya syarat-syarat," tuturnya.

Aspek dalam kritik film

Sundance Film Festival: Asia 2022, Mengenal Kritik Film dari Ahlinyapopbela.com/Zikra Mulia Irawati

Karena hal itulah, ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kritik film. Menurut hasil diskusi Adrian dan kritikus lain yang tergabung di Cinema Poetica, ada tiga hal yang patut jadi sorotan.

"Pertama, unsur filmnya, apa yang terlihat. Kita bicara adegan dulu, yang bisa kita teliti, kita perhatiin. Bagaimana, sih adegan ini bisa menghadirkan pengalaman yang sensasional. Kedua, aspek-aspek yang tersirat atau sering disebut konsep. Gimana cerita tersampaikan, gimana gagasan di balik gambar. Terakhir, konsep dari karyanya. Apakah film ini merespons konteks tertentu? Apakah representasi dalam film ini?" terangnya.

Selain itu, Umi punya tambahan pendapat soal aspek yang perlu ada di sebuah kritik film. Menurutnya, penting bagi kritikus untuk turut memperhatikan perspektif penonton dan menempatkan film tersebut dalam sudut pandang generasi yang berbeda.

"Untuk kritik, yang pertama harus ada itu posisi si penonton sama yang dia tonton. Penonton punya perspektif. Nah, perspektif macam apa yang bisa kamu sharing ke situ. Terakhir, bagaimana kamu memosisikan film ini di generasinya, atau dengan generasi sebelumnya," katanya.

Tertarik menjadi seorang kritikus film, Bela?

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2022 Dibuka, Wadah Sineas Unjuk Gigi

Baca Juga: Siap-Siap, Sundance Film Festival: Asia 2022 akan Hadir Secara Offline

Baca Juga: Film Inang Full Movie 2022: Sinopsis, Pemain, Fakta, dan Cara Nonton

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Jungkook BTS Akhirnya Nge-live, Ini Momen yang Mungkin Kamu Lewatkan

Jungkook BTS Akhirnya Nge-live, Ini Momen yang Mungkin Kamu Lewatkan

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?