Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta ditutup dengan upacara penurunan bendera. Prosesi yang dimulai pada pukul 16.40 WIB itu berlangsung khidmat.

Pasukan yang bertugas dan menyita perhatian masyarakat kali ini adalah Tim Pasukan Indonesia Sakti. Tak hanya soal parasnya, para petugasnya punya latar belakang yang cukup menarik. Daripada penasaran, simak informasinya di bawah ini, yuk!

Ayumi Putri Sasaki - pembawa bendera

Usai tampil apik sebagai pembawa bendera, Ayumi Putri Sasaki mendapatkan "tsunami" penggemar baru. Remaja asal Jawa Timur ini bersekolah di SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi.

Ayumi memukau masyarakat yang menyaksikan upacara penurunan bendera karena parasnya yang menawan. Selain itu, namanya cukup unik karena mengandung unsur Jepang. Menurut keterangan dari berbagai sumber, ayahnya memang merupakan orang Jepang.

Sebelumnya, Ayumi tak pernah menyangka bahwa dirinya akan lolos seleksi Paskibraka hingga tingkat nasional. Namun, kerja kerasnya membuahkan hasil. Ia bahkan dikabarkan sempat jadi kandidat pembawa baki untuk upacara penaikan bendera merah putih, lho!

Arnold Steven Sinaga - komandan kelompok 8

Profil Petugas Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka 2022 youtube.com/Sekretariat Presiden

Sosok dengan name tag A.S. Sinaga yang tadi kamu lihat memiliki nama lengkap Arnold Steven Sinaga. Ia merupakan putra kebanggaan provinsi Sulawesi Tenggara dan tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 4 Kendari.

Arnold tercatat dilahirkan pada 2007 di Pematang Siantar, Sumatra Utara. Ibunya adalah seorang dokter spesialis anak bernama dr. Elida Irawati Saragih. Sementara itu, ayahnya adalah Kombes Pol Adarma Sinaga yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulawesi Tenggara.

Dalam kesehariannya, Arnold merupakan anak yang disiplin. Cita-citanya adalah melanjutkan jejak ayahnya sebagai polisi Nggak heran, deh, ia memiliki tugas penting pada upacara penurunan bendera di Istana Merdeka ini.

Isra Mashel Arifin - pembentang bendera

Profil Petugas Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka 2022 youtube.com/Sekretariat Presiden

Jika kamu mengunjungi Instagram pribadi Isra (@isra.mashel), kamu mungkin akan terkejut melihat sejumlah nama selebriti papan atas Indonesia, seperti Fuji, Gisella Anastasia, hingga sultan Andara Raffi Ahmad mengikutinya.

Setelah diusut, ia merupakan putra dari Sandy Arifin, pengacaranya para artis. Isra yang mewakili provinsi Banten ini bersekolah di SMA Labschool Cirendeu, Tangerang Selatan. Beberapa waktu lalu, sang ayah mengungkapkan rasa bangga karena prestasi putranya yang satu ini.

Muhammad Rajwa Al Farizi - pengerek bendera

Profil Petugas Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka 2022 murianews.com

Lagi-lagi, Jawa Tengah dibuat bangga dengan terpilihnya Muhammad Rajwa Al Farizi alias Rafa sebagai petugas upacara di Istana Merdeka. Paginya, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi telah sukses mendapatkan kehormatan sebagai pembawa baki upacara penaikan bendera merah putih.

Rafa yang lahir pada 2005 ini memang terkenal berprestasi di sekolahnya, SMA Taruna Nusantara Magelang. Ia pernah menjuarai lomba panahan di ajang Popda Jepara 2017 saat masih SD dan menjadi runner-up lomba desain poster di ajang FLS2N Kabupaten Jepara 2020 saat masih SMP. Ia mengungkapkan, prestasi yang diraihnya selama ini tak terlepas dari doa dan dukungan dari orang tuanya.

Jadi ikut bangga, ya, Bela?

Baca Juga: Profil Pembawa Baki & Pengibar Bendera Upacara 17 Agustus 2022

Baca Juga: Sosok Farel Prayoga, Pelantun “Ojo Dibandingke” di HUT RI 2022

Baca Juga: Lirik Lagu “Ojo Dibandingke” - Farel Prayoga, Se-Istana Negara Goyang!