Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar resmi dimulai, nih, Bela. Tepat pada 20 November malam, upacara pembukaan diadakan secara meriah di Stadion Al Bayt, Al Khor. Netizen Indonesia pun bisa menyaksikannya secara langsung dengan layanan siaran langsung.

Meski singkat, gelaran upacara ini rupanya masih meninggalkan kesan di hati para netizen. Selain tampilnya member BTS, Jungkook, kira-kira ada momen berkesan apa lagi, ya, di opening ceremony FIFA World Cup 2022 Qatar? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Hadirnya aktor legendaris Morgan Freeman

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022instagram.com/fifaworldcup

Tak ada yang menyangka bahwa aktor legendaris asal Amerika, Morgan Freeman, akan muncul di opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan suara rendahnya yang khas, ia menjadi narator untuk upacara ini.

"Apa yang mempersatukan kita di sini jauh lebih besar daripada apa yang memisahkan kita. Bagaimana kita bisa membuatnya bertahan lebih lama?" katanya.

2. Pembacaan ayat suci Alquran oleh Ghanim Al-Muftah

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022nbcnewyork.com

Tak sendiri, Morgan juga ditemani oleh Ghanim Al-Muftah yang merupakan Duta Piala Dunia 2022. Sosok inspiratif ini mengidap Caudal Regression Syndrome. Bukan sekadar bercakap, Ghanim juga melantunkan ayat suci Alquran, yaitu surat Al Hujurat ayat 13. Berikut arti dari potongan ayat tersebut.

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti."

3. Medley lagu Piala Dunia

Penampilan lalu dilanjutkan dengan medley lagu-lagu Piala Dunia yang ikonik. Sebut saja Ricky Martin – "The Cup of Life" (1998), Shakira – "Waka Waka" (2010), dan K'NAAN – "Wavin' Flag" (2010). Meski sudah lebih dari satu–bahkan dua–dekade berlalu, lagu ini masih terkenang di telinga banyak orang.

4. Maskot raksasa

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022instagram.com/fifaworldcup

Maskot Piala Dunia 2022 Qatar nggak mau kalah eksis di opening ceremony kali ini, Bela. Figur bernama La'eeb ini tampil dalam ukuran raksasa. Ia berbentuk seperti penutup kepala orang-orang Timur Tengah. Adanya maskot ini diharapkan dapat mengenalkan semangat bermain serta menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri.

5. Jungkook BTS meriahkan suasana

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022instagram.com/fifaworldcup

Jungkook sekali lagi membuat ARMY–sebutan untuk penggemar BTS–bangga. Tak cuma menyumbang lagu di gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, ia juga berkesempatan untuk menampilkan tembang bertajuk "Dreamers" di opening ceremony semalam. Bersamanya, penyanyi asal Qatar Fahad Al Kubaisi turut bergabung untuk memeriahkan suasana.

6. Netizen: upacara pembukaan yang berwarna!

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022syndication.bleacherreport.com

Warna-warni kostum dalam acara opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar juga tak luput dari perhatian netizen. Jelang akhir upacara, warna tersebut berpadu dengan indah ditambah dengan hadirnya logo raksasa Piala Dunia 2022 yang berwarna emas. Megah!

7. Ditutup dengan pertunjukan kembang api

7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022apnews.com

Di penghujung acara opening ceremony Piala Dunia 2022 di Qatar, penonton disuguhkan dengan pertunjukan spektakuler kembang api yang muncul dari luar stadion. Dengan ini, Piala Dunia 2022 Qatar resmi dimulai!

Apakah kamu sudah lama menanti Piala Dunia 2022, Bela? Tim mana yang jadi jagoan kamu?

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Segera Dibuka, Ini Peran Jungkook 'BTS'

Baca Juga: Jadi Komentator Piala Dunia 2022, Intip Profil Bambang Pamungkas

Baca Juga: 12 Momen Spektakuler Jungkook 'BTS' di Pembukaan FIFA World Cup 2022