Semester gasal telah berjalan selama sebulan. Sebagian besar perguruan tinggi telah melaksanakan program kerja tahunannya. Untuk menyelenggarakan acara yang baik, para anak himpunan berlomba-lomba menghadirkan acara yang dapat menarik penonton dari luar fakultas dan tentunya para panitia akan bekerja begitu keras. Kepanitiaan kampus adalah tempat yang sangat bagus untuk awal yang baik di perguruan tinggi. Kamu tentu akan menemukan banyak teman-teman baru di sana. Kamu juga dapat ikut serta dalam kompetisi dan memamerkan sedikit keahlianmu. Kamu tentu akan mendapatkan softskill yang tidak kamu dapatkan jika hanya duduk di bangku kelas. Untuk kamu yang baru mengikuti kepanitiaan kampus, di bawah ini ada lima tips yang dapat kamu terapkan. Yuk, dicek!

1. Jangan takut

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Mengikuti Kepanitiaan Kampuswww.pexels.com
 
Ya, benar. Kamu mungkin akan menemukan lingkungan baru yang luar biasa. Kamu juga mungkin akan merasa sulit untuk mendapatkan keberanianmu dan tetaplah maju! Jangan terlalu banyak berpikir negatif, ini yang biasanya sering terjadi di banyak orang. di tempat yang baru, semua orang butuh waktu untuk beradaptasi. Hal yang harus kamu lakukan adalah beranikan dirimu untuk mendapatkan kesempatan berkenalan dengan orang baru. Kamu juga harus berani untuk memulai pembicaraan dengan orang-orang tersebut. Bila sudah mendapatkan tugas, pahami tugas yang akan kamu lakukan. Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu akan tahu apa yang kamu lakukan di sana dan tidak perlu takut pada apapun dan siapa pun.

2. Berlatih dan persiapkan diri

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Mengikuti Kepanitiaan Kampuswww.pexels.com
 
Apapun kegiatan yang kamu ikuti, pastikan kamu siap untuk itu. Jika ini adalah yang pertama kali bagimu, pastikan kamu memahami semua hal tersebut. Bila kamu diterima di divisi acara, kamu harus memahami acara seperti apa yang akan disuguhkan untuk para penonton. Jadilah staf yang berperan aktif dan selalu mau menolong rekan kerjamu yang lain. Bila kamu diterima di divisi dokumentasi, kamu harus mempelajari teknik mengambil foto di panggung dari berbagai tempat, jarak dekat maupun jauh. Kamu harus mempersiapkan dirimu secara mental.

3. Jangan pernah menyerah

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Mengikuti Kepanitiaan Kampuswww.pexels.com
 
Banyak mahasiswa menghadapi situasi di mana mereka merasa lelah atau merasa tidak nyaman saat melakukan tugas. Kamu pasti merasa semua tugas seperti dilimpahkan kepadamu semua padahal ada staf yang lain. Situasi seperti ini sangat normal saat kamu baru pertama kali mengikuti kepanitiaan kampus. Sebenarnya, semua tugasmu sama saja seperti staf-staf lainnya. Sebelum memulai untuk mengerjakan tugasmu, cobalah untuk tenang. Tarik napas dalam-dalam dan tenangkan pikiranmu. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu harus menyelesaikan apa yang telah kamu mulai. Jangan pernah menyerah saat kamu telah terdaftar dalam sebuah acara.

4. Bertanyalah pada seniormu

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Mengikuti Kepanitiaan Kampuswww.pexels.com
 
Seniormu tentunya memiliki pengalaman dalam acara yang diselenggarakan itu. Mereka mungkin pernah terlibat dalam kepanitiaan itu di tahun sebelumnya. Jadi, cobalah untuk bertanya-tanya pada mereka caranya menangani situasi dalam kepanitiaan itu. Pengalaman adalah guru terbaik. Kamu akan belajar banyak dari mereka. Tanyakan pada mereka bagaimana mereka bisa melewati ini semua dengan lancar dan mintalah tips dan trik agar sukses menjalani kepanitiaan tersebut. Bukan hanya dalam hal kepanitiaan, menjaga hubungan baik dengan seniormu juga akan membantumu saat kuliah.

5. Inovasi adalah kunci

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Mengikuti Kepanitiaan Kampuswww.pexels.com
 
Satu hal yang perlu kamu tanamkan di kepalamu adalah bahwa setiap kepanitiaan kampus membutuhkan sebuah gagasan baru. Ke mana pun kamu pergi, orang-orang akan selalu tertarik dengan ide baru. Seseorang tidak dapat memaksakan kreativitas sesuai keinginan mereka tapi mereka dapat mengembangkannya seiring berjalannya waktu. Teruslah banyak membaca dan mencari tahu hal apa saja yang sedang disukai banyak orang. Tentunya idemu akan membantu jalannya acara kepanitiaan kampusmu.

 

BACA JUGA: Ikut Organisasi Kampus Mempengaruhi Kesuksesan di Dunia Kerja? Begini Penjelasannya