Nggak ada pekerjaan yang mudah. Setiap pekerjaan punya tantangan dan rintangannya masing-masing bahkan buat kamu yang harus bekerja di rumah sekalipun. Rasa malas dan distraktor lainnya yang datang dari orang-orang rumah tentunya kerap membuatmu menunda pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan pada tenggat waktu tertentu. 

Menjadi disiplin dan lebih cekatan dalam melakukan segala sesuatunya sudah pasti harus kamu lakukan agar pekerjaanmu nggak menjadi berantakan. Tapi, Popbela memiliki beberapa tips tambahan yang dapat kamu terapkan agar dapat memenuhi deadline meski harus bekerja di rumah. Baca sampai habis dan simak selengkapnya ya!

1. Stop bermalas-malasan

Terapkan 5 Tips Penuhi Deadline Meski Bekerja di Rumahhttps://www.pexels.com/@olly

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar dapat menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan adalah dengan nggak menunda-nunda untuk segera mengerjakannya. Pekerjaan yang kamu miliki nggak akan selesai begitu saja kalau kamu nggak segera memulainya. So, berhentilah bermalas-malasan agar pekerjaanmu nggak semakin menumpuk dan malah justru semakin malas untuk dapat menyelesaikannya.

2. Tentukan jam kerja harian

Terapkan 5 Tips Penuhi Deadline Meski Bekerja di Rumahunsplash.com/Brooke Cagle

Bekerja di rumah berarti memberimu kebebasan untuk dapat mengerjakan pekerjaan sesuai dengan caramu. Tapi, hal tersebut nggak dapat menjadikanmu serta-merta bertindak seenaknya dalam bekerja. Meski bekerja di rumah terlihat santai dan bebas, kamu tetap harus menentukan jam kerja harianmu sendiri lho. 

Hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk dapat merancang apa saja yang harus kamu lakukan dalam satu hari penuh. Kalau sudah begitu, pekerjaan akan semakin tertata sehingga dapat dengan mudah untuk diselesaikan. Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba tips yang satu ini ya!

3. Rencanakan alur pekerjaan yang akan dilakukan

Terapkan 5 Tips Penuhi Deadline Meski Bekerja di Rumahhttps://www.pexels.com/@linkedin

Setelah menentukan jam kerja harian, kamu dapat melanjutkannya dengan menerapkan tips yang satu ini. Yap, rencanakan alur pekerjaan yang akan kamu lakukan dalam satu hari penuh. Paling tidak, kamu harus tahu daftar pekerjaan apa yang perlu kamu selesaikan dalam satu hari ini agar waktu yang kamu miliki nggak terbuang percuma dan pekerjaan yang kamu punya juga nggak semakin menumpuk. 

Gimana, tips yang satu ini cukup solutif untuk mengatasi permasalahan deadline pekerjaan yang kamu lakukan di rumah, kan? 

4. Cari spot yang tenang dan minta untuk tidak diganggu dahulu

Terapkan 5 Tips Penuhi Deadline Meski Bekerja di Rumahhttps://www.pexels.com/@andrew

Terkadang, tempat yang nyaman akan membuatmu lebih mudah untuk fokus dan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Nah, dengan bekerja di rumah, kamu diberi keleluasaan untuk dapat melakukan tips yang satu ini. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaanmu di spot kesukaanmu. 

Cara yang satu ini cukup ampuh untuk dapat membuatmu lebih bersemangat dan menaruh konsentrasi lebih terhadap pekerjaan lho. Selain itu, agar kamu dapat memenuhi deadline yang telah ditentukan, mintalah pengertian terhadap orang-orang di rumah untuk memberimu waktu dan nggak mengganggu selama beberapa saat. 

Dengan begitu, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan yang kamu miliki sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. Jangan ragu untuk mencoba tips yang satu ini ya!

5. Pakai baju rapi seperti berada di kantor

Terapkan 5 Tips Penuhi Deadline Meski Bekerja di Rumahnewsweek.com

Tips yang satu ini juga nggak kalah membantunya bagi kamu yang ingin selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Meski terlihat aneh dan lucu, cara yang satu ini nggak ada salahnya untuk dicoba kok! 

Ada kalanya kamu perlu untuk berpakaian lebih rapi selayaknya di kantor meski bekerja di rumah. Dengan begitu, kamu akan lebih disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan karena kamu berpikir bahwa ini adalah saatnya untuk bekerja bukan bersantai seperti yang biasa kamu lakukan di rumah.

Nah, itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk dapat memenuhi deadline meski bekerja di rumah versi Popbela. Jangan ragu untuk mencobanya dan tetap semangat mengejar beberapa tenggat waktu yang sudah semakin dekat ya! Happy working, Bela.

Baca Juga: Ini Lho Permasalahan yang Muncul Saat Kita Memutuskan Bekerja di Rumah