Bagi banyak orang, meraih mimpi tentu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan perjuangan yang panjang dan jatuh bangun yang mungkin nggak semua orang bisa melewatinya. Namun segala perjuangan tersebut bisa berakhir manis ketika kita siap melewati segala suka dan dukanya. Pasalnya, memang nggak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara instan. 

Sama seperti yang dialami oleh penyanyi muda berbakat, Williana Saraswati atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Wizzy. Karier perempuan berusia 24 tahun ini memang tengah merangkak naik dan menjadi salah satu penyanyi yang memiliki talenta musik cukup kuat. Nggak cuma memiliki suara yang merdu, Wizzy rupanya juga mampu menciptakan lagu yang easy listening dan memiliki makna mendalam. Sebagai penyanyi, Wizzy memang ingin menyuarakan pesan positif lewat lagu-lagu yang ia bawakan. Tentu saja ini sangat sesuai dengan tema #IAMREAL edisi November ini yang membahas tentang “Voice Issue”. 

Lalu, seperti apa proses panjang Wizzy dalam meniti karier sebagai penyanyi? Dan apa yang ingin ia suarakan melalui lagu-lagu yang ia ciptakan? Simak obrolan lengkap Popbela bersama Wizzy berikut ini, ya!   

Sempat dilema karena lebih terkenal sebagai bintang iklan, bukan penyanyi

#IAMREAL: Cerita Wizzy Suarakan Pesan Positif Lewat Lagu CiptaannyaPopbela.com/Michael Cools

Bakat bernyanyi Wizzy memang sudah ada sejak kecil. Bahkan, perempuan berambut keriting ini sudah mulai mengikuti festival bernyanyi saat dirinya masih duduk di bangku kelas 3 SD. Namanya pun mulai terkenal saat dirinya mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia Show Musim kedua di tahun 2008 silam. Meski berhasil menjadi runner up, rupanya Wizzy tetap merasa nggak mudah untuk bisa masuk ke industri musik Tanah Air. Alhasil, Wizzy justru banting setir menjadi bintang iklan, bukan penyanyi seperti impiannya sejak kecil. Hal ini membuat dara berusia 24 tahun ini dilema.

“Terakhir ikut kompetisi itu tahun 2008 di Mamamia Show dan aku jadi runner up. Dari sana aku merasa ini saatnya aku masuk ke industri musik. Tapi, ternyata nggak segampang itu. Karena kalau di dunia kompetisi sudah jelas yang dinilai itu suara dan teknik vokal. Tapi kalau di dunia industri, modal suara dan teknik itu cuma modal awal. Aku merasa masih terombang-ambing setelah di dunia kompetisi. Makanya aku melalangbuana ke dunia akting dan iklan.” 

#IAMREAL: Cerita Wizzy Suarakan Pesan Positif Lewat Lagu CiptaannyaPopbela.com/Michael Cools

Meski sempat dilema, tapi dara kelahiran 14 Juni 1994 ini merasa bahwa ini adalah takdir yang sudah ditetapkan Tuhan untuk membuka jalannya ke industri musik. Benar saja, Wizzy pun akhirnya mendapat kesempatan untuk mengeluarkan single bertajuk Puzzle Pieces di tahun 2015, yang menjadi debut pertama Wizzy di dunia musik. Single tersebut sekaligus menjadi Original Soundtrack untuk film Negeri Van Oranje yang juga ia bintangi. 

“Awalnya aku memang sempat dilema sih (lebih dikenal sebagai bintang film dibandingkan penyanyi). Tapi, waktu itu aku percaya kalau semesta pasti punya jalan sendiri. Jadi aku pikir, ‘Oh, ya sudah mungkin jalannya di sini dulu kali ya.’ Jadi ya sudahlah jalanin saja. Dan akhirnya tahun 2015 aku mengeluarkan single pertama sebagai debut pertama aku di industri musik,” 

Cerita Wizzy ciptakan lagu saat menyetir

#IAMREAL: Cerita Wizzy Suarakan Pesan Positif Lewat Lagu CiptaannyaPopbela.com/Michael Cools

Selain memiliki suara yang merdu, Wizzy juga memiliki kemampuan dalam menciptakan lagu. Salah satu lagu yang merupakan ciptaannya sendiri ialah single bertajuk Bawa Hati. Penyanyi asal Surabaya ini bercerita bahwa ia inspirasinya dalam menciptakan lagu tersebut didapat saat dirinya sedang menyetir mobil. Setelah berdiskusi dengan music director-nya, Wizzy pun akhirnya berhasil menciptakan lirik yang ngena banget dalam lagu tersebut.   

“Lagu itu aku bikin iseng sih, pas lagi nyetir sendiri dan menemukan notasi yang enak. Terus besoknya aku ketemu music director aku dan mikir enaknya liriknya apa, ya? Kayaknya aku kepikiran sesuatu, seperti ada masalah di masa lalu yang belum tersampaikan dan ingin disampaikan di lagu itu. Jadi itu tentang seseorang yang sudah kasih yang terbaik untuk pasangannya, tapi pasangannya nggak bisa menerima itu dengan bijaksana. Oh jadi kita nggak bisa bersama, kita itu beda, jadi tentang perpisahan.” 

Menurut Wizzy, inspirasi menciptakan lagu bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Beberapa lagu ciptaannya pun ada yang berkaca dari pengalamannya sendiri maupun pengalaman orang lain. Oleh karena itu, dia nggak memiliki patokan kapan bisa menciptakan lagu ataupun nggak. 

Suarakan pesan positif melalui lagu-lagunya

#IAMREAL: Cerita Wizzy Suarakan Pesan Positif Lewat Lagu CiptaannyaPopbela.com/Michael Cools

Saat ini, artis yang pernah bermain dalam serial musikal iSkul Musikal tersebut memilih untuk lebih fokus di dunia musik Tanah Air. Ia pun berencana meluncurkan album terbaru di awal tahun 2019 mendatang. Lagu-lagu yang ia bawakan dalam album tersebut sebagian besar merupakan lagu ciptaan Wizzy sendiri. Sulung dari dua bersaudara ini mengungkapkan bahwa ia ingin memberikan pesan positif kepada anak muda zaman sekarang melalui albumnya tersebut.  

“Mungkin ada sekitar 8 sampai 10 lagu dan ada beberapa fase kehidupan, seperti love and life, dari titik terendah sampai akhirnya sampai di titik pasrah dan merelakan. Aku ingin menyuarakan—terutama untuk anak muda Indonesia—kalau kamu punya mimpi jangan cuma bermimpi, tapi lakukan dan selalu berkarya. Pokoknya aku sampaikan pesan-pesan positif di lirik-lirik lagu dalam album baru aku,”

Tentunya kita dapat mengambil banyak pelajaran dari sosok Wizzy, bahwa setiap orang bisa meraih mimpi asalkan nggak patah semangat dan percaya kalau setiap peristiwa pasti memiliki hikmahnya tersendiri. Kuncinya, jangan pernah berhenti berkarya dan sebarkan nilai positif pada sesama.

Photo credit

Photographer: Michael Cools

Asst. Photographer: Rahmadina Aina Saraswati

Makeup & Hair: Engelina Inez

Stylist: Ivan Teguh Santoso

Fashion Editor: Michael Richards

Accessories: boneka Uniqlo x KAWS x Sesame Street

Wardrobe: jaket bulu SARGI STUDIO

Location: Dharmawangsa Studio

Baca Juga: #IAMREAL: Tak Perlu Pencitraan, Danilla Riyadi Sampai Pernah Diboikot