Setelah lama menunggu, akhirnya film John Wick: Chapter 3—Parabellum resmi ditayangkan ke bioskop Indonesia mulai 15 Mei 2019 kemarin. Film yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini memang mendapatkan tempat di hati para penggemar film. Namun, ada yang berbeda dari film ini dibandingkan seri sebelumnya. Bukan hanya dari jalan ceritanya saja, tapi juga keterlibatan 2 aktor laga Indonesia dalam film bergenre action thriller ini. 

Lantas, apa saja fakta unik film John Wick: Chapter 3—Parabellum ini? Dan apa yang akan membuatmu bangga saat menonton film ini? Psst... Popbela kasih bocorannya di sini! 

1. Keterlibatan Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman dalam film

5 Fakta Unik Film ‘John Wick 3’ yang Bikin Indonesia Patut BanggaInstagram.com/yayanruhian

Indonesia kembali berlaga di Hollywood lewat Yayan Ruhyan dan Cecep Arif Rahman dalam film John Wick: Chapter 3—Parabellum. Dalam film ini, Yayan dan Cecep berperan sebagai Shinobi 1 dan Shinobi 2. Mereka sama-sama melawan John Wick yang menjadi buronan karena membunuh seorang anggota serikat pembunuh internasional.

Ditemui di Gala Premier Film John Wick: Chapter 3—Parabellum di kawasan Jakarta Pusat, Yayan dan Cecep menceritakan awalnya mula keterlibatannya dalam film besutan sutradara Chad Sthelski tersebut. Keduanya pertama kali dihubungi oleh casting director, kemudian berkomunikasi dengan Chad lewat Skype. Yayan pun mengaku sangat bangga bisa terlibat langsung dalam film tersebut.

“Pastinya kita secara pribadi sangat bangga atas keterlibatan kami dalam film John Wick ini. Dan mudah-mudahan ini juga jadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya,” tutur Yayan.

2. Memperkenalkan pencak silat ke dunia internasional

5 Fakta Unik Film ‘John Wick 3’ yang Bikin Indonesia Patut BanggaInstagram.com/yayanruhian

Yang menarik, Yayan dan Cecep membawa ilmu bela diri pencak silat dalam film ini. Mereka juga diberi keleluasaan untuk menyusun koreografi pertarungan di lokasi syuting oleh tim produksi. Bahkan, Keanu Reeves sendiri juga tertarik untuk belajar pencak silat dari Yayan. Aktor asal Tasikmalaya ini mengaku bangga bisa mengenalkan pencak silat ke dunia internasional.

"Sebagai orang silat, saya merasa bangga kerja di negara lain. Kami merasa jadi raja, ya. Di sana kita dihargai sekali. Kita datang dijemput, pulang dibayar. Di sini kita nungguin, mau ngajar gratis saja kadang nggak ada yang datang," ungkap Yayan.

3. Senjata tradisional kerambit dipakai dalam film

5 Fakta Unik Film ‘John Wick 3’ yang Bikin Indonesia Patut Banggaimdb.com

Yayan dan Cecep menuturkan, ada 3 hal istimewa dalam film John Wick: Chapter 3—Parabellum yang akan membuat warga Indonesia patut berbangga. Selain ditonjolkannya ilmu bela diri pencak silat, senjata tradisional khas Minangkabau, Kerambit, pun ikut digunakan dalam adegan perlawanan. Rupanya, tim produksi memilih menggunakan Kerambit karena dinilai lebih unik ketimbang senjata-senjata yang sering digunakan dalam film-film aksi lainnya. Wah, keren banget, kan?

4. Adanya adegan berbahasa Indonesia

5 Fakta Unik Film ‘John Wick 3’ yang Bikin Indonesia Patut Banggaimdb.com

Nah, hal ketiga yang patut membuat kita bangga ialah momen di mana sang aktor utama, Keanu Reeves, berdialog dengan bahasa Indonesia. Rupanya, selama ini Keanu memperhatikan ucapan dalam bahasa Indonesia. Aktor asal Kanada itu pun tertarik dan meminta untuk berdialog dalam bahasa Indonesia saat beradegan laga bersama Yayan dan Cecep. Menurut Yayan, tampilnya mereka dalam film Hollywood seperti ini menjadi momen untuk mengangkat budaya Indonesia. 

5. Sinopsis film

5 Fakta Unik Film ‘John Wick 3’ yang Bikin Indonesia Patut Banggaimdb.com

John Wick: Chapter 3—Parabellum ini merupakan lanjutan dari cerita film John Wick: Chapter 2 (2017). Pada sekuel sebelumnya, film ini bercerita tentang John Wick yang membantai banyak orang untuk membalas dendam atas kematian anjing kesayangannya. Pada sekuel ketiga ini, John Wick melarikan diri setelah membunuh seorang anggota serikat pembunuh internasional. Ia pun menjadi target utama perburuan oleh pembunuh bayaran seluruh dunia. Bagi yang berhasil menangkapnya, akan diberi hadiah sebesar US$ 14 juta.

Baca Juga: Review Film: Hellboy, Ketika Pop-Culture Berpadu dengan Sejarah Klasik