Bagi kamu pecinta film Korea, tentu sudah nggak asing dengan film Sunny yang menjadi box office di tahun 2011, kan? Film yang menceritakan tentang persahabatan remaja perempuan ini berhasil mendapatkan tempat di hati para penonton karena ceritanya yang sangat apik. Kabar baiknya, film Sunny ini ternyata telah dibuat dalam versi Indonesia, lho.

Miles Films yang bekerja sama dengan CJ Entertainment baru saja menyelesaikan penggarapan film Sunny versi Indonesia dengan judul Bebas. Setelah 3 bulan menjalani proses syuting, akhirnya Miles Films secara resmi memperkenalkan karakter dalam film Bebas. Lalu, apa saja fakta unik di balik film Bebas ini? Keep scrolling, Bela!

1. Diadaptasi dari film Sunny yang populer di tahun 2011

Diadaptasi dari Film Box Office Korea, Ini 5 Fakta Unik Film 'Bebas'Popbela.com/Miles Films

Film Bebas diadaptasi dari film box office Korea 2011 berjudul Sunny. Film Bebas mengisahkan tentang persahabatan 6 orang remaja Jakarta di tahun 1995-1996 yang terpisahkan selama 23 tahun. para remaja ini tergabung dalam kelompok pertemanan yang disebut “Geng Bebas”. Menariknya, film ini akan menggambarkan bagaimana situasi kota Jakarta di tahun 1995 dan Jakarta di tahun 2019.

2. Perbedaan antara film Korea Sunny dan film Bebas

Diadaptasi dari Film Box Office Korea, Ini 5 Fakta Unik Film 'Bebas'Popbela.com/Miles Films

Meski merupakan film adaptasi, rupanya film Bebas juga memiliki beberapa perbedaan dari film Sunny. Perbedaan pertama ialah film ini nggak menggambarkan tokoh-tokohnya menjalani pendidikan di sekolah khusus perempuan. Selain itu, persahabatan dalam film Sunny terdiri dari 7 orang perempuan. Namun dalam film Bebas, Mira Lesmana menghilangkan 1 tokoh dan menambahkan 1 karakter laki-laki dalam “Geng Bebas”.

"Yang jelas kita membuat ini menjadi film Indonesia, bukan film Indonesia dengan cita rasa Korea, jadi semua karakter harus Indonesia dari gaya hidup. Dan ketika kita gambarkan sekolah tahun 90-an, nomor satu kita putuskan tidak menggambarkan sebagai sekolah perempuan meski Sunny ber-setting di sekolah khusus perempuan," jelas Mira Lesmana selaku produser film Bebas dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (10/5). 

3. Film produksi Miles Films dengan pemain terbanyak

Diadaptasi dari Film Box Office Korea, Ini 5 Fakta Unik Film 'Bebas'Popbela.com/Miles Films

Sang sutradara, Riri Riza, mengungkapkan bahwa pemilihan tokoh dalam film Bebas menjadi suatu tantangan tersendiri. Pasalnya, ia harus menemukan pemain yang memiliki kemiripan antara tokoh saat remaja dan tokoh saat menjadi dewasa. Dari 400 orang yang menjalani proses casting, terpilih 11 tokoh utama dan 24 tokoh pendukung yang bermain dalam film ini. 

“Kurang lebih 3 bulan pemain di film Bebas berproses. Cukup seru dan heboh mengingat film Bebas memegang rekor sebagai film produksi Miles Films dengan jumlah pemain terbanyak,” tutur Riri Riza antusias.

4. Pengenalan karakter film Bebas

Diadaptasi dari Film Box Office Korea, Ini 5 Fakta Unik Film 'Bebas'Popbela.com/Miles Films

Setelah menjalani proses casting, terpilih sejumlah aktris dan aktor ternama yang membintangi film Bebas ini. Karakter utama yang berperan sebagai tokoh remaja antara lain Maizura berperan sebagai Vina, Sheryl Sheinafia berperan sebagai Kris, Agatha Pricilla berperan sebagai Jessica, Lutesha berperan sebagai Suci, Zulfa Maharani berperan sebagai Gina, dan Baskara Mahendra berperan sebagai Jojo.

Sedangkan untuk karakter dewasa diperankan oleh Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, dan Baim Wong. Nggak hanya itu, beberapa nama artis juga ikut menjadi tokoh pendukung di film Bebas. Sebut saja Amanda Rawles, Giorgino Abraham, Brandon Salim, Kevin Ardilova, dan Syifa Hadju. 

5. Film pertama yang syuting di MRT

Diadaptasi dari Film Box Office Korea, Ini 5 Fakta Unik Film 'Bebas'Popbela.com/Miles Films

Menggambarkan Jakarta dalam dua era yang berbeda membuat sang sutradara, Riri Riza, harus bisa menunjukkan perubahan yang jelas terjadi di Ibu Kota. Salah satunya menunjukkan hadirnya MRT sebagai transportasi modern di Jakarta. Riri Riza pun menjadi sutradara pertama yang melakukan syuting film di MRT. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena karyanya bisa memotret perkembangan zaman.

Nah, bagi kamu yang sudah nggak sabar menonton film Bebas di bioskop, nantikan perilisannya di bulan Oktober 2019 mendatang, ya! 

Baca Juga: Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpad