Coba hitung berapa waktumu yang habis dalam sehari karena menggunakan gadget? Atau posisinya selalu berdekatan denganmu jadi mudah memantaunya setiap waktu? Jika kamu telah mengalami gejala tersebut itu merupakan tanda-tanda kamu perlu melakukan detoksifikasi digital yaitu mengurangi ketergantungan kepada gadgetmu. Sesekali perlu lho usaha untuk mengurangi paparan layar gadgetmu supaya lebih peka dengan lingkungan sekelilingmu. 

Berani mencoba? Ini tujuh hal yang perlu kamu lakukan.

1. Matikan Paket Data Ponselmu

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Bagi kamu yang ingin benar-benar detoks, langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan menonaktifkan dan berhenti berlangganan paket data. Jadi kamu bisa mengendalikan diri dan tidak tergoda untuk memeriksa dan menggunakan ponselmu setiap saat terutama ketika bepergian. Tetapi kamu tetap boleh menggunakannya untuk membuka semua aplikasi favorit saat terhubung Wi-Fi. Tidak hilang sepenuhnya hanya membatasi aksesnya saja.

2. Hapus Aplikasi Media Sosial di Smartphone

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Tanyakan kepada diri sendiri, berapa kali dalam sehari waktumu untuk mengecek media sosial di ponselmu? Kenyataannya Facebook, Instagram sampai Twitter memang dirancang untuk menghabiskan waktumu untuk browsing dan menelusuri feed-mu. Cobalah untuk menghapus di ponselmu, cukup di desktop laptop saja sehingga kamu tidak tergoda melihatnya sesering mungkin.

3. Perbanyak Interaksi Langsung

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyaunsplash.com

Kamu pernah menghabiskan banyak waktu untuk melihat ponselmu seperti WhatsApp, DM Chat atau aplikasi chatting lainnya? Mari mencoba log out sejenak dari aplikasi messenger tersebut dan lakukan pertemuan tatap muka secara langsung untuk meningkatkan komunikasi yang akrab dan hangat. 

4. Siapkan Agenda, Notes dan Pulpenmu Setiap Saat

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Siapkan agenda, notes dan pulpenmu setiap saat untuk menggantikan fungsi notes digital di ponselmu. Kamu nggak perlu khawatir akan terhapus atau sewaktu-waktu hilang karena sistem yang eror atau lainnya karena tercatat dengan aman.

5. Olahraga di Gym atau di Outdoor

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Kini banyak orang yang menggunakan fasilitas YouTube dan layanan streaming lainnya tak hanya untuk menonton film saja tetapi sebagai panduan dan tutorial untuk berolahraga seperti gerakan senam ataupun yoga. Kini saatnya berubah, kamu bisa mengikuti kelas gym, bermain sepeda statis karena selain olahraga sekaligus dapat menambah teman. Jika tidak menyukai aktivitas indoor tenang saja karena kini semakin banyak fasilitas olahraga outdoor yang mendukung dan nyaman yang bisa kamu pilih dengan pemandangan indah dan hijau, misalnya di Gelora Bung Karno Senayan atau Car Free Day di akhir pekan.

6. Daftarkan Diri Sebagai Anggota Perpustakaan

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Membeli dan membaca buku secara langsung bisa menjadi kenikmatan tersendiri dibandingkan menikmatinya dalam bentuk e-book. Jika kamu suka membaca buku selain membeli, kamu juga bisa  memperluas aksesmu dengan mendaftarkan dirimu menjadi anggota perpustakaan misalnya di perpustakaan kampus atau nasional, selain lebih ekonomis juga  menyediakan beragam buku dengan tema-tema menarik. Satu yang pasti akan membantu mengurangi waktu berselancar di dunia maya.

7. Tinggalkan Ponselmu di Rumah

Yuk Sesekali Detoks Gadgetmu, Ini 7 Caranyapexels.com

Apakah kamu berani untuk meninggalkannya dengan sengaja? Coba lakukan sesekali saat bepergian bersama kerabat atau teman-teman supaya lebih fokus. Nikmati momentum bersama orang-orang tercinta daripada alih-alih memeriksa telponmu setiap lima menit. Untuk keperluan dokumentasi, kamu bisa mengandalkan camera digital atau DSLR. So, bantulah dirimu sendiri dan cobalah istirahat sejenak dari ponselmu.

Yuks saatnya detoks!

Baca Juga: Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinya