Bisa menabung sebanyak mungkin setiap bulannya merupakan salah satu tujuan yang akan bermanfaat untuk kehidupanmu ke depannya. Tetapi jujur deh prakteknya ternyata gampang-gampang susah, tetapi bukan berarti kamu nggak bisa karena dengan cara-cara sederhana ini kita bisa menghemat uang, apalagi jika bisa kita lakukan setiap hari. Masih belum yakin? Yuk, mari kita lakukan 8 hal ini mulai dari sekarang.

1. Kurangi konsumsi kopi atau minuman kekinian lainnya di restoran atau kafe

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienpexels.com

Apakah agenda minum kopi sudah menjadi rutinitasmu?  Kini memang semakin banyak yang menawarkan kopi dengan harga ekonomis, namun jika kamu mengonsumsinya setiap hari apakah tidak akan memengaruhi pengeluaranmu? Jika sudah menjadi kebiasaan jangan putus asa, cobalah untuk mulai menguranginya. Kamu bisa menghemat uang dengan membeli kopi dalam bentuk sachet karena selain praktis sangat ekonomis. Pola ini juga bisa kamu terapkan untuk kebiasaan jajanmu yang lain seperti mengurangi konsumsi beragam minuman kekinian yang tak kalah enak dan menggiurkan. 

2. Memasak sendiri

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienunsplash.com

Coba kamu hitung berapa pengeluaranmu untuk jajan dan makan siang? Alangkah hematnya jika kamu mencoba untuk memasaknya sendiri, bahkan dengan biaya yang sama kamu bisa mencukupi kebutuhan untuk makan siang dan malammu. Dan kini kamu tak perlu khawatir dengan resep apa yang akan kamu buat karena semakin banyak aplikasi yang menawarkan resep sederhana yang bisa kamu praktekan sendiri di rumah.

3. Targetkan untuk menabung dengan nilai yang sama setiap harinya

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienphoto.com

Coba kamu cek berapa pengeluaranmu dalam sehari? Tantang dirimu untuk menabung dengan jumlah yang sama setiap harinya. Misalnya minimal menyisihkan Rp 20 ribu dalam sehari atau sesuai dengan kemampuanmu. Meskipun awalnya mungkin akan terasa berat, tetapi jika kamu hitung total jumlahnya di akhir bulan maka hasil akhirnya cukup besar! Bayangkan jika kamu rutin melakukannya setiap bulannya, kamu sudah bisa menghitung sendiri berapa jumlah uangmu yang akan terkumpul. 

4. Pilih barang yang tidak bermerek

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienpexels.com

Jangan terpaku dengan merek ternama, siapa tahu kamu bisa berhemat uang lebih besar dengan membeli barang-barang berkualitas tanpa merek-merek andalan. Misalnya untuk perlengkapan kebutuhan sehari-hari, jika isi kandungannya sama mengapa harus memilih yang mahal? Atau jika kamu memiliki kebutuhan fashion, daripada terjebak dalam merek internasional atau barang KW lebih baik kamu membeli barang tertentu yang khas misalnya produk lokal atau lainnya. Pilihlah fungsi, tak sekadar gengsi.

5. Membawa tumbler

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienpexels.com

Kini semakin banyak yang menyuarakan penggunaan tumbler untuk mengurangi pemakaian plastik karena faktanya selain bisa menghemat uang, kamu juga termasuk menjaga lingkungan. Keunggulan lainnya kamu bisa menggunakan tumbler tersebut secara berulang dengan cara mengisi ulang dengan air di dalam galon jika isi tumblermu habis. So, kamu tak perlu membeli minuman lagi karena selalu membawa perbekalan. 

6. Membuat daftar belanja

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienpexels.com

Sebelum kamu berangkat berbelanja biasakan terlebih dahulu untuk membuat daftar belanja dan menuliskannya, supaya sesuai rencana biasakan jangan menyimpang dari hal yang sudah direncanakan. Saat di supermarket, jelajahi lorong-lorong yang sesuai dengan daftar barang yang perlu kamu beli maka kamu akan fokus. Terapkan juga kondisi seperti ini saat bepergian ke mall atau pusat perbelanjaan.

7. Perhatikan opsi transportasi

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienunsplash.com

Transportasi merupakan hal yang paling penting sebagai akses untuk bepergian. Perhatikan juga jenis transportasi yang paling ekonomis dan sesuai dengan aktivitas sehari-harimu. Apakah lebih ekonomis menggunakan kendaraan pribadi, bus, kereta api, MRT atau bahkan ojek online? Apalagi kini beberapa aplikasi transportasi sering menawarkan promo yang membuatmu bisa membayar setengah harga dari harga normal. So, perhitungkan sebaik mungkin agar kamu bisa menghemat uang lebih banyak lagi. 

8. Berburu diskon

Lakukan 8 Hal Ini agar Hidupmu Lebih Hemat dan Efisienpexels.com

Carilah diskon sebanyak-banyaknya, karena akan menjadi kebahagiaan tersendiri bisa memperoleh barang impianmu dengan harga miring. Tetapi jangan lupa tetaplah membeli sesuai kebutuhan dan hindari berbelanja secara berlebihan. 

Sudah siap berhemat? Selamat mencoba!

Baca Juga: Sebenarnya, Berapa Sih Rata-rata Jumlah Tabungan Generasi Millennial? Cari Tahu, Yuk!