Coba kamu cek ponselmu saat ini berapa banyak foto-foto yang kamu miliki di galeri ponselmu? Sejak tahun pertama kamu memilikinya pasti banyak sekali jumlah foto dan video yang tersimpan di ponselmu kalau kamu nggak bergegas untuk mengatasinya.

Dampaknya kamu baru sadari ketika ponselmu mendadak bekerja lebih lama dan sering hang. Tentu tak ingin hal tersebut terjadi terus menerus bukan, tetapi dengan melakukan empat hal ini tenang saja masalahmu akan segera terpecahkan.

1. Rutin Menghapusnya Secara Berkala

Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinyapexels.com

Mari ciptakan sistem  seperti aturan untuk menghapus foto atau video di galeri ponselmu secara berkala minimal sebulan sekali. Caranya reminder dirimu setiap awal bulannya untuk menghapus foto yang sudah ada di memori ponselmu beberapa minggu sebelumnya.  Selanjutnya lakukan proses seleksi foto,  kumpulan gambar, screenshoot, konten dan video yang kamu buat atau kiriman dari orang lain di galerimu. Jika rutin melakukannya maka kamu akan mencegah ponselmu kepenuhan dan hanya menyimpan foto-foto yang berkualitas saja. 

2. Melakukan Back Up Data

Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinyapexels.com

Jika kamu merasa foto dan video yang tersimpan di galeri fotomu itu penting sebelum menghapusnya jangan lupa untuk melakukan back up data, hal tersebut bisa kamu lakukan dengan melakukan sinkronisasi dengan Google Photos, Dropbox dan Iclouds sehingga yang ada di galeri fotomu otomatis akan tersimpan. Cara lainnya kamu juga bisa menyimpannya di hardisk, external hardisk bahkan USB yang memiliki kapasitas besar.

3. Pilih dan Simpan Foto Terbaik

Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinyapexels.com

Agar galeri fotomu berkualitas, simpan foto-foto atau video terbaikmu saja yang membuatmu berkesan. Misalnya saat acara keluarga, ulang tahun sahabat bahkan menonton konser yang videonya ingin kamu ulang terus menerus. Abaikan postingan-postingan yang kurang bermanfaat yang biasanya kamu dapatkan melalui chat WhatsApp Group. Kamu bisa mengatur settingan ponselmu agar tidak otomatis menyimpan gambar dan video jika belum mendapatkan persetujuan dari kamu. 

4. Posting di Sosial Media

Sudah Terlalu Banyak Gambar di Galeri Ponsel? Ini 4 Cara Mengatasinyapexels.com

Media sosial seperti Facebook atau Instagram tak hanya untuk share informasi saja tetapi bisa kamu manfaatkan juga untuk menyimpan foto-fotomu di ponsel. Melalui Facebook misalnya, kamu dapat mengumpulkan foto-fotomu dalam album foto dan seluruh followers akun milikmu dapat menyaksikannya juga. Tetapi jika kamu ingin akses terbatas, kini beberapa layanan juga memberikan pilihan pengaturan khusus seperti bebas menentukan siapa yang bisa melihat postinganmu.

Mudah bukan, pokoknya bebas kepenuhan deh sekarang!

Baca Juga: Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu Penuh