Di masa pandemi ini tidak terasa telah memberikan banyak dampak sosial, akibatnya banyak sebagian karyawan kehilangan pekerjaan, usaha yang gulung tikar dan kesulitan ekonomi lainnya. Momentum ini merupakan saatnya kita berbagi kepada mereka yang nasibnya mungkin tidak seberuntung kamu, Bela. Selain menghadirkan pahala kebaikan yang berlimpah, ternyata masih banyak manfaatnya yang perlu kamu ketahui, ini 5 diantaranya.

1. Membuat kita lebih bersyukur

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Pexels.com / Eternal Happines

Masa sulit seperti sekarang ini, mari kita gunakan kesempatan ini untuk berbagi kepada yang membutuhkan.  Saat kamu melakukannya nominal bukanlah hal yang utama, berapapun jumlahnya jika  diniatkan hanya kepada Sang Pencipta, niscaya akan memberikan keberkahan. Berbagi akan membuatmu lebih bersyukur dengan apa yang telah kamu miliki saat ini dan semakin yakin dengan kekuatan-Nya.

2. Memberikan kebahagiaan kepada orang lain

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Pexels.com / Daria Shevtsova

Apapun pemberianmu kepada orang lain, mereka akan bahagia dan mengingatnya. Misalnya, saat menggunakan layanan jasa ojek online cobalah untuk memberikan tip lebih dari biasanya, memberikan sedekah uang kepada pedagang kecil atau pemulung yang membutuhkan atau sekedar mengirimkan makanan kepada orang-orang tercinta sebagai wujud perhatian.

3. Meningkatkan kepedulian sosial

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Unsplash.com / duy pham

Pernah nggak kamu menerima kebaikan dari orang lain setelah berbuat baik kepada mereka? Kamu bisa memulainya dari lingkungan terdekatmu seperti berbagi rezeki dengan ART, satpam kantor ataupun kompleks perumahanmu, penjaga warung di sekitar atau bahkan tukang-tukang jualan yang sering melintasi rumahmu. Berbagi yang dimulai dari hal-hal sederhana di lingkungan sekitar ternyata bisa meningkatkan rasa kepedulian sosial, lho.

4. Tebarkan kebaikan

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Pexels.com / Dee J

Berbagi tak harus selalu berwujud materi, tetapi bisa dari hal-hal sederhana saja. Misalnya, membantu orang tua menyeberang jalan atau berbagi jika memiliki rezeki berlebih kepada orang-orang yang membutuhkan di lingkungan sekitarmu. Ketika kamu menebarkan kebaikan maka percayalah suatu hari nanti akan berbalas pada saat yang tidak terduga.

5. Tingkatkan rasa percaya diri

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Unsplash.com / Sayo Garcia

Ada kebahagiaan tersendiri yang tak terlukiskan saat kamu mampu dan rela berbagi  dengan harta dan rezeki yang kamu miliki. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, setidaknya kamu sudah berhasil mengalahkan egomu. Percaya nggak sih, hal-hal positif seperti ini juga bisa membuat hidupmu terasa lebih berarti, lho. Kuncinya sering-sering berjumpa dengan orang-orang yang dermawan, maka kamu akan termotivasi untuk senantiasa berbagi dengan sesama. 

6. Memberikan ketenangan hati

Ramadan Saat Pandemi Corona, Ini 5 Manfaat Indahnya Berbagi Pexels.com / Eneko Uruneuela

Berbagi dan bersedekah itu dapat memberikan keringanan dan ketenangan hati. Kamu pasti merasakan munculnya rasa bahagia ketika bisa membagi harta yang kamu miliki untuk kamu bagikan kepada mereka yang membutuhkan. Kenikmatan seperti ini tidak ternilai dan akan membuat hatimu terasa lebih lapang karena bisa membantu sesama. 

Yuk, mulai belajar jadi dermawan, Bela!

Baca Juga: Cara Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan

Baca Juga: 7 Ilustrasi Inspiratif Ini Memberikan Makna Tentang Kehidupan

Baca Juga: Supaya Dapat Berkah, Ini Waktu, Keutamaan dan Doa Salat Dhuha