Ingin menciptakan suasana yang berbeda di rumahmu, tidak selalu dengan cara membeli perangkat baru, lho. Dengan kreativitas, kamu bahkan dapat mengubahnya dengan cara yang simpel dan hanya memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu. Ini 6 ide yang bisa kamu praktekkan langsung di rumah, Bela. 

1. Hiasan dinding untuk memperindah ruang tidurmu

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyahouseone.com

Merasa kamar tidurmu terlalu simpel tanpa dekorasi, pasangkan dindingmu dengan gambar-gambar dekoratif seperti kata-kata inspiratif dari artis idola atau gambar bernuansa chic yang menyemangati bangun tidurmu. Kamu bisa mencari gambarnya di situs-situs yang menyediakan gambar gratis atau membelinya dari seniman atau fotografer di situs stok foto. 

Supaya makin sempurna, simpan gambar tersebut di dalam bingkai berwarna netral, misalnya warna putih, hitam atau emas. Pasangkan minimal 2 bingkai, tetapi jika ingin lebih ramai dan indah, kamu boleh menambahkan beberapa sesuai kebutuhan.

2. Cincin serbet yang simpel

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyahomedit.com

Ingin mempercantik dekorasi meja makan saat momentum istimewa, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang berada disekitarmu untuk menggantikan fungsi cincin serbet. Kamu dapat memanfaatkan bunga-bunga kering berwarna-warni yang dirangkai  atau jika ingin lebih simpel, cukup gunakan cincin atau gelang bangles milikmu sebagai media untuk mengikat serbet agar tetap rapih. 

3. Cat ulang kursimu

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyapinterest.com

Bosan dengan kursi lamamu, tak perlu langsung menggantinya. Kamu bisa menambahkan nuansa baru hanya dengan mengecatnya dengan pilihan warna-warna  yang cerah ataupun pastel. Kamu bisa mengecatnya secara keseluruhan. Alternatif lainnya hanya pada bagian-bagian tertentu saja seperti kaki kursi atau sandaran sebagai aksen. 

4. Dekorasi ruang dari ranting pepohonan

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyalivingloving.com

Tambahkan ruangan belajar atau kerja simpelmu dengan hiasan sederhana yang bisa kamu ambil dari kebunmu sendiri, yaitu ranting-ranting yang telah mengering. Kamu bisa menyusunnya sebagai hiasan dinding atau dekorasi yang sederhana dengan menempatkan ranting-ranting kering di dalam vas bunga.

5. Pot tanaman untuk mengisi ruangan rumah

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyamydomaine.com

Ciptakan suasana yang lebih segar di rumah dengan memberikan pot berisi tanaman. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang memiliki daun cantik atau bunga yang indah. Bisa juga memilih tanaman yang berguna untuk membersihkan udara ruangan. Pasang di ruang utama seperti kamar tamu dan ruang keluarga karena koleksi potmu tidak hanya memberikan efek segar dan sehat saja tetapi juga sebagai dekorasi.

6. Vas bunga dari botol bekas

Makeover Dekorasi Rumah dengan Cara Hemat, yuk! Ini 6 Triknyapinterest.com

Punya botol bekas minuman yang berbentuk apik, jangan buru-buru membuangnya, kamu bisa mengubah fungsinya sebagai vas bunga. Kalau kamu ingin menambahkan suasana yang berbeda, kamu bisa melapisinya dengan cat berwarna atau jika ingin tetap bening saja tidak masalah.

Sudah siap mempercantik rumahmu?

Baca Juga: Dekorasi Rumah Tipe 36 Berkonsep Urban Jungle buat Pasangan Muda

Baca Juga: Bosan Saat #DiRumahAja? Yuk, Dekorasi DIY Kamar Tidur Aja!

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Bertema Shabby Chic yang Memikat