6 Amalan untuk Raih Malam Lailatul Qadr

Raih malam teristimewa di bulan Ramadan

6 Amalan untuk Raih Malam Lailatul Qadr

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa karena merupakan waktu turunnya kitab suci al-Quran. Sang Pencipta juga menganugerahkan Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam teristimewa ini hadir di sepuluh hari terakhir pada hari-hari ganjil, namun tidak pernah ada yang mengetahui kapan pastinya terjadi karena itu merupakan rahasia-Nya. Hanya orang-orang terpilih yang bisa mendapatkannya.

Al-Quran dalam surat al-Qadr menceritakan tentang kedahsyatan malam ini, "Sesungguhnya telah kami turunkan al-Quran pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr : 1-5) 

Kamu ingin menjadi salah satu yang memperolehnya? Enam amalan atau ibadah ini dapat kamu lakukan untuk meraih malam Lailatul Qadar ini.

1. Itikaf di Masjid

6 Amalan untuk Raih Malam Lailatul Qadr

Berdiam di dalam masjid untuk melakukan serangkaian ibadah yang diniatkan hanya kepada Allah Swt merupakan aktivitas yang sering kita temui menjelang akhir Ramadan. Meskipun tidak diwajibkan, namun dianjurkan, karena itikaf memiliki keistimewaan tersendiri sebagai momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, Maka tidak heran jika umat muslim berlomba-lomba untuk mengisi 10 malam terakhir ini di masjid terutama di malam-malam ganjil untuk meraih Lailatul Qadar.

2. Memperbanyak Ibadah Salat Sunah

Menunaikan ibadah salat sunah di bulan Ramadan mampu mengundang pahala berkali-kali lipat seperti salat terawih, tahajjud, hajat, istiharah dan salat taubat. Untuk itu dianjurkan melakukannya dan waktu terbaiknya merupakan tengah malam atau pada sepertiga malam.  Keistimewaan menunaikan ibadah di waktu ini karena  suasana sangat tenang, terbebas dari suasana hiruk-pikuk aktivitas dunia, berpotensi lebih khusyuk dan fokus dalam beribadah. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here