Coca-Cola, Facebook sampai dengan Samsung Elektronik siapa yang tak mengenalnya? Semua orang pasti tahu karena nama besarnya telah mendunia. Tetapi taukah kamu ternyata di balik kesuksesan yang mereka raih hingga hari ini terdapat fakta-fakta yang belum diketahui orang banyak? Dimulai dari inspirasi sehelai daun sampai usaha bertahun-tahun demi menghasilkan produk yang maksimal. 

Semua itu akhirnya mencapai satu titik yaitu kesuksesan. Dirangkum dari Bright Side inilah 8 fakta paling menakjubkan tentang merek terkenal di dunia yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1. Facebook

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui pexels.com

Media sosial yang cukup populer saat ini Facebook telah berhasil menghubungkan lintas dunia secara cepat. Salah satu ciri yang paling mencolok ialah lambang yang bernuansa kebiruan. Pemilihannya pun nggak sembarang karena sang kreator Mark Zuckerberg ternyata buta warna jadi ia sangat kesulitan membedakan warna hijau dan merah. 

2. Coca Cola

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui flickr.com

Penamaan minum berkarbonasi yang sangat mendunia ini ternyata dimulai dari hal yang sederhana saja yaitu terinspirasi dari tanaman daun coca dan kacang berjenis kola atau Kola Nut. 

3. Samsung Electronics

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui bbc.com

Siapa sangka gadget, smartphone dan perangkat elektronik asal Korea Selatan yang super stylish itu bermula dari toko kelontong yang menjual ikan kering, sayuran, mie dan lainnya. Pendirinya Lee Byung Chul bahkan memanfatkan situasi perang dengan mengekspornya ke Mancuria di Timur Laut Cina.

4. Pringles

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui thepackagingcompany.com

Fred Baur adalah penemu kripik renyah Pringles yang merupakan ahli kimia organik dan teknisi penyimpanan makanan yang tercatat sebagai lulusan Universitas Toledo. Pria jenius ini juga sukses meraih gelar S2 dan S3nya di The Ohio State University. Ia sangat bangga dengan penemuannya bahkan salah satu wasiatnya sebelum wafat, ia ingin abu kremasinya tersimpan di salah satu kaleng Pringles yang kemudian disemayamkan di daerah sekitaran Springfield.

5. Fanta

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui kpopmap.com

Minuman yang pertama kali diperkenalkan di Jerman pada tahun 1940 ini ternyata memiliki banyak variasi rasa yang berbeda di setiap negaranya. Seperti di Jepang, tidak tanggung-tanggung disana bahkan tersedia 80 rasa termasuk Hip Hop, La France, Tropical Yogurt, dan The Mystery Fruit.

6. Rubik Cube

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui nytimes.com

Rubik's Cube adalah sebuah permainan kecerdasan berbentuk balok kubus berwarna-warni ini diciptakan oleh pemahat dan profesor arsitektur asal Hungaria, Erno Rubik. Menariknya bahkan di awal pembuatannya, Ernő sendiri membutuhkan waktu untuk memecahkan misteri tersebut hampir sebulan lamanya sebelum akhirnya menjadi populer seperti sekarang ini.

7. Vaseline

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui pulse.com.gh

Ahli Kimia, Robert Chesebrough yang lahir di Inggris pada tahun 1859 di usianya yang masih 22 tahun mencoba beralih bisnis, ia mencari potensi di industri minyak yang saat itu masih baru. Ketika pindah ke Pennsylvania, Robert melihat potensi di sumber-sumber minyak dan memperhatikan para pekerja sering menggunakan salah satu substansi tersebut pada bagian kulit yang terbakar dan ia mencoba menelitinya. Ia pun mengubahnya menjadi jelly yang sekarang populer disebut Vaseline. Robert membutuhkan waktu  yang tak singkat bahkan 10 tahun untuk menyempurnakannya  dan rela menjadikannya dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan.

8. Nutella

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui nutella.com

Kreativitas datang seringkali datang pada waktu yang mendesak, hal itu yang terjadi dengan Nutella. Kondisi setelah Perang Dunia II membuat pasokan kakao di Italia menjadi serba terbatas. Seorang pembuat kue, Pietro Ferrero akhirnya saat semuanya serba terbatas ia membuat perpaduan kacang hazelnut, gula dan sedikit kakao menjadi selai coklat yang super enak ini pada tahun 1946.

9. Lamborghini

Ini 9 Fakta tentang Merk Terkenal Dunia yang Perlu Kamu Ketahui pexels.com

Jangan pernah meremehkan orang lain karena bisa saja di kesempatan yang berbeda ia bisa meraih kesuksesan lebih darimu. Hal itulah yang terjadi ketika Enzo Ferrari menegur seorang pria,  “Kamu mungkin bisa mengendarai traktor tetapi kamu tidak akan pernah bisa menangani Ferrari.” Rupanya pria itu tidak terima dan membalaskan dendamnya secara positif dengan meluncurkan karya besar berupa mobil yang lebih sempurna yaitu Ferruccio Lamborghini.

Menarik banget ya!

Baca Juga: Brand Lokal Terbaru yang Punya Koleksi Murah dan Lucu