Ketika pandemi COVID-19 malah membuat sebagian beasr penduduk kota besar bisa melihat langit biru yang bersih karena berkurangnya aktivitas luar rumah, bagaimana dengan lautan? Faktanya, lautan kita pun telah terpapar polusi, mulai dari sampah, plastik, hingga bahan kimia berbahaya yang dapat berdampak buruk terhadap ekosistem di bawah laut. Ingin berbuat kebaikan kepada alam, berikut 6 hal yang bisa kamu lakukan.

1. Hindari penggunaan plastik sekali pakai, pilihlah yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali.

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanPexels.com / Gustavo Fring

Ketika bepergian, biasakan untuk membawa tumbler plastik yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Aksi sederhana ini akan membuatmu mengurangi pembelian botol air kemasan yang hanya sekali pakai. Tidak hanya menggunakan tumbler saja, kamu juga bisa membawa sedotan berbahan besi atau kayu serta alat makan lainnya yang dapat dicuci ulang untuk aktivitas sehari-hari. 

2. Kurangi aktivitas yang dapat memproduksi kadar emisi karbon

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanUnsplash.com / Steve Johnson

Kini saatnya mulai membiasakan diri untuk lebih bijaksana dalam penggunaan energi, contohnya listrik. Kamu bisa meminimalkan pemakaian saat memerlukannya, kemudian mematikannya setelah selesai. Misalnya saja penggunaan lampu, listrik untuk pengisian baterai ponsel, laptop sampai dengan pendingin udara saat di rumah. Ketika bepergian, aktivitas lain yang bisa dibatasi yaitu mengurangi pemakaian kendaraan pribadi jika memungkinkan, kamu bisa menggantinya dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda atau kendaraan umum lainnya. 

3. Berhati-hati dengan penggunaan produk pembersih rumah tangga

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanUnsplash.com / EcoPanda

Aktivitas untuk menyelamatkan laut bisa dimulai dari satu langkah yaitu mengurangi penggunaan bahan kimia di rumah. Produk-produk pembersih rumah tangga berpotensi untuk masuk ke saluran air kita yang pada akhirnya akan bermuara di laut. Mulailah untuk memilih produk rumah tangga yang memiliki bahan-bahan natural dan ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan.

4. Menjadi sukarelawan untuk membersihkan pantai

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanUnsplash.com / Artem Beliaikin.com

Pernah merasa gundah melihat keadaan pantai yang kotor? Jangan khawatir, kamu bisa memulai dari aksi yang simpel. Caranya hubungi teman terdekat atau orang-orang yang memiliki kepedulian yang sama denganmu, kemudian bersama-sama melakukan pembersihan pantai pada waktu yang ditentukan. Aksi menjadi relawan ini dapat memotivasi orang lain supaya bersama-sama berkomitmen menjaga kebersihan pantai dan laut. Bahkan, jangan ragu untuk menyisihkan waktu membersihkan sampah di pantai ketika kamu berlibur di daerah berpantai, Bela.

5. Bergabung dengan organisasi kelautan

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanPexels.com / Andrea Piacquadio

Ada berbagai macam organisasi yang berfungsi untuk menyelamatkan laut kita. Jika ingin berbuat aksi yang nyata, bergabunglah dengan organisasi tersebut karena akan membuatmu berkesempatan untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan bagaimana cara menjaga dan mengelola lingkungan khususnya lautan. Bersikaplah proaktif ketika mengikuti kegiatan-kegiatannya karena akan mengasah kepekaanmu terhadap lingkungan. 

6. Tularkan semangat yang sama kepada orang lain

6 Hal Mudah Seseorang Dapat Membantu Mengurangi Polusi di LautanUnsplash.com / Duy Pham

Usaha ini tidak akan bisa terlaksana jika berjalan sendirian, sebarkan, beritahukanlah dan ajaklah teman, keluarga sampai dengan rekan kerja untuk terlibat. Berikanlah pengetahuan tentang bermacam hal yang bisa dilakukan untuk membawa perubahan dan bersinergi menghentikan polusi di laut. Kuncinya semakin banyak yang peduli dengan kelangsungan lingkungan laut kita, maka peluang untuk menjaga lautan kita supaya tetap bersih akan semakin besar. 

Sudah siap memberikan perubahan, Bela?

Baca Juga: Bahaya! Ini Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan

Baca Juga: Polusi Udara Terburuk Terjadi di Jakarta, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Ini 7 Cara Merawat Kulit Sehingga Terhindar Dari Polusi Udara