Kamu lebih suka menggambar atau mewarnai, keduanya ternyata sama-sama menarik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Tetapi apakah kamu mengetahui ternyata mewarnai ini tak hanya sekadar hobi yang menyenangkan saja, tetapi mempunyai banyak sekali manfaat positif seperti 6 hal berikut.

1. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaPexels.com / Kaboompics.com

Mewarnai ternyata dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menurunkan kecemasan. Kondisi ini terjadi karena saat kita fokus dengan hal-hal yang sederhana akan membuat otak kita menjadi lebih rileks, sehingga mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Kamu bisa mencobanya dengan mewarnai pola-pola geometris dan cobalah untuk membebaskan dirimu berekspresi dengan pensil warna, krayon atau koleksi cat minyakmu. 

2. Membantu meningkatkan fungsi otak

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaPexels.com / bongkarn thanyakij

Aktivitas sederhana ini ternyata mampu melatih penggunaan kedua sisi otak kita yaitu menggerakkan kreativitas dan memengaruhi pemikiran logis kita. Karena faktanya, saat kamu memiliki imajinasi dan memutuskan untuk menggunakan warna tertentu ketika mewarnai, saat itu kamu sedang menggunakan sisi kreatif, sementara menghadirkan ide  dan fokus merupakan tugas sisi logismu. Melalui aktivitas mewarnai ini kamu bisa mengaktifkan keduanya sekaligus.

3. Memiliki efek yang mirip dengan meditasi

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaPexels.com / Sharon McCutcheon

Kegiatan mewarnai juga memberikan manfaat seperti meditasi yang akan memberikan ketenangan dalam diri setelah beraktivitas seharian penuh. Ini merupakan alasan yang tepat mengapa membeli buku mewarnai akan memberikan dampak kehidupan yang sangat baik untuk kehidupanmu. 

4. Meningkatkan fokus

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaUnsplash.com / Denise Johnson

Saat memutuskan untuk duduk dan berkonsentrasi mewarnai gambar dan pola yang ada di hadapan kita tanpa gangguan ponsel, media sosial dan teknologi lainnya, artinya mengondisikan kita supaya tetap fokus untuk menyelesaikannya. Mewarnai akan mengajak kita untuk tetap fokus kepada tugas yang dihadapi dan melatih kepekaan senimu.

5. Mampu menghilangkan pikiran negatif

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaUnsplash.com / Tim Arterbury

Ketika mewarnai selain membuat fokus dan konsentrasi, juga akan membuat pikiran negatif kita teralihkan karena tujuan kita saat itu hanya memilih warna yang digunakan untuk menyelesaikannya dengan baik. Maka, aktivitas ini bisa menjadi terapi yang baik untuk mengajakmu senantiasa berpikir positif.

6. Mewarnai dapat meningkatkan kepercayaan diri

6 Alasan Kenapa Aktivitas Mewarnai Bisa Membuatmu Merasa Lebih BahagiaUnsplash.com / Regine Tholen

Mewarnai kini tidak lagi dianggap sebagai kegiatan untuk anak-anak saja, bahkan semakin populer di kalangan dewasa. Kamu bisa melihatnya sendiri di toko buku, kini semakin banyak pattern yang bervariasi mulai dari gambar yang sederhana hingga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Aktivitas ini membuatmu lebih berani berekpresi dan meningkatkan rasa percaya diri. 

Ternyata mewarnai banyak manfaatnya, Bela!

Baca Juga: 9 Ilustrasi Lucu Ini Gambarkan Kehidupan Perempuan yang Menggelitik

Baca Juga: Beraktivitas #DiRumahAja Bareng Selebriti Ini, Yuk!

Baca Juga: Biar Nggak Bosan, Ini 12 Aktivitas Selama #RamadanDiRumahAja