Pernah merasa jenuh atau lelah menjalani aktivitas, artinya kamu perlu meningkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Tidak bisa dipungkiri, seringkali kita dihadapi keadaan yang sulit dan tidak nyaman. 

Menurut sebuah penelitian dari buku "Switch: How to Change Things When Change Is Hard", emosi adalah bagian penting dalam melaksanakan rencana apapun. Kita perlu berpikir untuk merencanakan, tetapi kita perlu merasa untuk bertindak. Jadi, jika kamu sudah mendapatkan bagian pemikirannya, bagaimana cara membangkitkan emosi itu dan menyelesaikan sesuatu? Nah, 15 hal ini bisa menjadi langkah kecil yang memotivasi dirimu, Bela.

1. Cobalah sesuatu yang baru hari ini

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / Allef Vinicius

Tantanglah dirimu untuk melakukan satu aktivitas dan kegiatan baru setiap harinya yang berbeda dari rutinitasmu selama ini.Misalnya, belajar memasak beberapa menu baru, mengikuti kelas online melukis, mencari hobi baru dan aktivitas-aktivitas inspiratif lainnya, atau sesederhana mulai mencoba stretching, mandi dan mendengarkan musik upbeat!

2. Buatlah daftar tugas yang harus dilakukan

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Karolina Grabowska

Buatlah daftar kegiatan yang akan dilakukan di dalam agenda atau ponselmu. Tandai jika telah berhasil menyelesaikannya. Hal sederhana ini akan mendorongmu untuk segera memenuhi daftar tersebut.

3. Percayalah hanya kamu yang memiliki kekuatan untuk mewujudkannya

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / Timur Romanov

Percaya dirilah bahwa hanya diri kita yang mampu serta mempunyai kekuatan untuk mewujudkan impianmu menjadi nyata.

4. Selesaikan pekerjaan berat di pagi hari

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Anna Shvets

Mulailah kegiatanmu dari awal hari, kemudian isilah dengan beberapa aktivitas yang produktif. Saat mengawali hari gunakan semangatmu yang masih prima untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan mulai dari yang tersulit. 

5. Rehat untuk mengembalikan energimu

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Natalie

Setelah selama seminggu penuh kegiatan di luar sangat padat, tidak ada  salahnya jika beristirahat sejenak untuk menenangkan pikiran dan jiwa raga kembali fresh!

6. Fokus kepada hal positif daripada negatif

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Cottonbro

Jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih dirimu, fokuslah dengan hal-hal yang positif karena akan menebarkan energi kebaikan. Contohnya pikiran positif akan menuntunmu untuk berani ketika mengambil proyek baru atau mencoba bidang yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya. 

7. Bacalah biografi orang-orang yang menginspirasimu

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / Thought Catalog

Siapa tokoh idolamu, setiap orang tentu memilikinya. Jika ia seorang publik figur kamu bisa mempelajarinya melalui buku biografi perjalanan kisahnya. Satu langkah ini dapat menuntunmu untuk raih kesuksesan. 

8. Renungkan saat-saat dirimu bekerja keras dan berhasil mencapai kesuksesan

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / ThisisEngineering RAEng

Jadikan keberhasilanmu sendiri di masa lalu sebagai motivasi, tolok ukur dan pegangan untuk mencapai kesuksesanmu yang lainnya.

9. Pasang alarm untuk mengingatkan kapan waktunya memulai pekerjaan

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / Jess Bailey

Disiplin menggunakan waktu merupakan langkah yang akan memotivasimu menuju kesuksesan. Percayalah, ketika kamu mulai disiplin waktu, banyak hal yang bisa kamu capai, Bela.

10. Temukan sesuatu yang benar-benar disukai

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / jtmultimidia

Lakukan hobi atau aktivitas yang kamu sukai karena hal tersebut akan memotivasimu untuk terus semangat dan mempelajarinya. 

11. Pejamkan mata dan visualisasikan tujuanmu

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriUnsplash.com / Fernando Brasil

Jika memiliki impian yang belum berjalan sesuai dengan rencana atau dalam tahapan merintis, gunakan waktu senggangmu untuk bermeditasi. Cobalah untuk memejamkan mata, kemudian visualisasikan impianmu. Langkah tersebut akan terasa nyata dan mampu membuatmu termotivasi untuk segera mewujudkannya.

12. Menikmati keindahan alam

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Artem Beliaikin

Sesekali berjalan ke luar rumah dan berkunjung ke tempat-tempat berpanorama indah seperti pegunungan, pantai, perbukitan, air terjun dan beragam keindahan alam lainnya. Pemandangan alam yang cantik akan membuat pikiran kembali jernih dan memancing ide-ide segar.

13. Jika gagal, bangkitlah dan lanjutkan

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Cottonbro

Jangan biarkan kegagalan mengambil alih kebahagiaan dan semangatmu. Jika terjatuh dan gagal maka segera bangkitlah untuk melanjutkan hidupmu, percayalah akan ada jalan baru yang terbuka setelah melaluinya.

14. Persiapkan segala sesuatunya lebih awal

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Anastasia Shuraeva

Ketika hendak melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu, biasakan dirimu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, karena persiapan yang mendadak memungkinkan adanya hal-hal penting yang tertinggal.

15. Bersihkan dan rapikan ruang kerja

15 Cara Mudah dan Efektif untuk Memotivasi DiriPexels.com / Cottonbro

Ruangan yang bersih akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kita merasa nyaman dalam beraktivitas. Karena, pemandangan yang rapi, akan membuat kamu lebih fokus terhadap pekerjaan ketimbang distraksi bungkusan makanan, tumpukan buku atau pakaian kotor. 

Siap termotivasi, Bela?

Baca Juga: Memotivasi! Ini Kumpulan Motto Hidup Orang Sukses

Baca Juga: Merasa Jenuh dan Kurang Motivasi, Ubah Dengan 9 Hal Positif Ini

Baca Juga: 20 Kata-Kata Motivasi Kerja yang Bikin Kamu Semangat Saat WFH