Menjalankan puasa sambil bekerja memang berat. Akan tetapi, rasanya jauh lebih berat bagi kamu yang tidak menjalankan puasa. Seringkali kamu merasa serba salah dan bingung harus bersikap seperti apa sebagai bentuk toleransi. Untuk itu, simak apa saja yang bisa kamu lakukan selama Ramadan. Ini khusus bagi kamu yang tidak berpuasa.

Untuk Kamu yang Tidak Menjalankan Puasa, Inilah Toleransi Kami
 
Walaupun kamu sedang menjalankan puasa, jangan ragu ajak kami untuk menemanimu ke kedai kopi. Mengerjakan pekerjaan di sana pun nggak jadi masalah. Bukan basa-basi belaka, tapi kami sudah terbiasa untuk berpuasa. Tapi, jangan paksa kami untuk memesan kopi di jam yang masih lama untuk berbuka. Kami berpuasa, bukan berarti akan tetap berada di meja kerja. Merasa bosan itu pasti dan pergi ke toko kopi untuk meringankan beban pekerjaan bukan masalah.
 
Untuk Kamu yang Tidak Menjalankan Puasa, Inilah Toleransi Kami
 
Kami berpuasa memang karena kewajiban. Kalian mungkin diperbolehkan untuk ikut berpuasa, tapi dengan alasan yang kuat. Hindari untuk membuat alasan menemani atau bahkan supaya berat badan turun. Karena puasa secara tidak langsung untuk mengolah batin dan sisi emosional lebih stabil lagi. Kalau kalian ikhlas menjalankan dipersilakan, tetapi kalau tidak lebih baik jangan. Berpuasa bukanlah tren yang kalau melakukan terlihat keren.
 
Untuk Kamu yang Tidak Menjalankan Puasa, Inilah Toleransi Kami
 
Seringkali mendengar ucapan “nggak ikut puasa tapi ikut buka bersama." Sejujurnya, kami senang sekali jika ada yang mau ngabuburit atau buka bersama. Kami tidak memandang apa latar belakangmu, kita semua sama. Kami senang berkumpul dan berbagi momen dengan orang terdekat bahkan teman. Kegiatan yang seperti ini juga bisa mempererat tali silaturahmi, bukan? Jadi jangan ragu untuk bergabung bila kami mengajak. Punya ide untuk buka bersama, kami malah senang.
 
Untuk Kamu yang Tidak Menjalankan Puasa, Inilah Toleransi Kami
 
Hampir sama dengan poin pertama, kamu juga bisa makan di depan kami. Di beberapa tempat umum memang kami tidak bisa melarang, karena itu adalah hak. Namun, hindari untuk sengaja makan di depan kami dengan tujuan agar tergoda. Begitu juga kalau di kantor, kamu bisa makan cemilanmu di dekat kami. Jangan merasa tidak enak kalau memang kami tidak masalah. Semakin dewasa kami juga semakin terbiasa mengenai godaan-godaan yang seperti itu. 
 
Untuk Kamu yang Tidak Menjalankan Puasa, Inilah Toleransi KamiSaat puasa memang terkadang kami kurang fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dan mudah sekali mengantuk. Untuk itu, jangan ragu untuk memberikan masukan yang positif walaupun kami sedang berpuasa. Dan hindari untuk terlalu mengabaikan kesalahan karena alasan berpuasa. Di
 
kantor, marilah tetap menjaga sikap profesional. Namun, hindari untuk berkata kasar dan memancing emosi kami untuk berdebat lebih jauh mengenai kesalahan kecil.

Sama-sama saling menghormati, ya.

BACA JUGA : 5 Pertanyaan Saat Berpuasa Ini Cukup Mengganggu!