Mencari pekerjaan dan pengalaman di luar negeri sepertinya menjadi dambaan setiap orang, tapi tidak bagimu. Bukan nggak mau lebih berusaha atau malas mencari kesempatan. Alasan Inilah yang sebenarnya menahan dirimu untuk pergi meninggalkan tanah air. Ingin tahu apa saja? Simak, yuk.

Inikah Alasanya Mengapa Kamu Enggan Bekerja di Luar Negeri
 
Berada di luar negeri dalam waktu yang cukup lama, berarti harus melepaskan kebiasaan lama. Karena  berbeda budaya. Namun, kalau kamu sadari permasalahan akan tetap sama dimana pun kamu tinggal. Mungkin beberapa temanmu sudah tinggal luar negeri untuk melanjutkan hidup. Bukan kamu kurang kompeten dan tidak menguasai bahasanya. Tapi, target dan tujuan hidupmu bukan yang seperti itu. Bukannya manja, tapi apa mau dikata kalau memang berbeda. Semua orang bebas memberikan segala asumsinya tentang kamu. Begitu juga mengenai keputusanmu untuk tetap di negara sendiri.
 
Inikah Alasanya Mengapa Kamu Enggan Bekerja di Luar Negeri
 
Seringkali kamu merasa bahwa, hidup tidak sesuai dengan ekspektasimu. Begitu juga dengan mencari pekerjaan atau melanjutkan program belajar di luar negeri. Bukannya kamu tidak mau berusaha lebih keras. Para pesaingmu bukan hanya dari negeri sendiri. Selain itu, kalau fokus dengan satu hal tentu akan melewatkan banyak kesempatan di sini. Mengapa tidak mencoba realistis saja? Untuk menjawab rasa penasaranmu, kamu bisa mencoba melamar di perusahaan multinasional, kok. Mencari pengalaman ada baiknya dimulai dari yang dekat terlebih dahulu.
 
Inikah Alasanya Mengapa Kamu Enggan Bekerja di Luar Negeri
 
Memulai hidup baru di negara baru bukanlah hal yang mudah. Perizinan yang harus dilalui tidak mudah. Menyiapkan sejumah dana yang tidak sedikit juga harus kamu pikirkan. Kalau kanya sekedar bermain pun tidak membutuhkan waktu untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama. Pindah ke negara baru memang mengesankan. Tapi, sebelum sejauh itu, pastikan kamu punya alasan yang kuat. Keputusan ini bukan hanya sekedar untuk menguasai bahasa baru, menambah teman dan pengalaman, atau bahkan orang akan kagum dengan pencapaianmu yang seperti ini.

 

BACA JUGA : Inilah Alasan Mengapa Kamu Wajib Menjelajah Negaramu Sendiri Sebelum Ke Luar Negeri