Rumah atau tempat tinggal adalah tempat untuk istirahat, aktivitas, serta berkreasi. Ia dapat memberikan rasa nyaman tergantung bagaimana kamu melakukan kebiasaan. Di sisi lain, tempat tinggal juga bisa membuat kamu merasa tertekan. Efeknya, kamu lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah.

Pulang atau berada dalam rumah rasanya nggak nyaman. Untuk itu, kamu wajib tahu alasan di baliknya. Ada baiknya, untuk mulai memperbaiki apa yang kurang atau berlebihan di tempat tinggal kamu. Supaya kamu bisa tinggal lebih nyaman.

Kurang cahaya

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahpexels.com/pixabay

Rumah yang sehat dan nyaman salah satu syaratnya adalah punya pencahayaan yang cukup. Kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari atau sinar lampu. Cukup cahaya di dalam rumah memang membawa suasana yang berbeda. Kamu bisa lebih cerah, semangat, segar, suasana hati baik, dan rumah terasa lebih lapang. Secara alami, kamu akan mencari sinar matahari pula. Selain itu, di dalam rumah juga lebih terang dan nggak suram.

Kalau kamu merasa di rumah kurang cahaya, bisa kamu coba untuk membuka jendela di pagi hari. Hindari terlalu sering membuatnya tertutup. Selain cahaya tidak dapat masuk, sirkulasi udara pun terhambat. Jika ada bagian rumah yang terlalu gelap, bisa kamu beri lampu.

Banyak warna

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahunsplash.com/ Valerii Zorin

Pemilihan warna cat dinding rumah juga bisa membawa suasana yang berbeda. Mengkreasikan satu ruangan dengan beberapa warna juga boleh. Tapi, terlalu banyak warna yang dipakai akan menimbulkan kesan penuh. Efeknya, kamu merasa jenuh, sesak, dan bisa membuat suasana hati kurang baik. Tipsnya adalah pilih dua warna saja.

Taruh warna yang ingin kamu tonjolkan di satu bagian dinding ruangan. Untuk dekorasinya, pilih tema atau warna yang senada. Jika ingin warna warni, kamu bisa pakai warna lembut atau pastel untuk cat dinding. Kamu bisa mencari inspirasi ini di media sosial dengan tema desain interior.

Kurang variasi

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahpexels.com/pixabay

Ruangan yang terlalu kosong juga membuat kamu merasa kurang nyaman dan mencari keramaian. Padahal, rumah sebagai tempat untuk istirahat harus bisa untuk mengembalikan energi, meminimalkan stres dan memberikan kenyamanan. Hindari untuk memberikan kesan kosong pada dinding. Kamu boleh menaruh foto atau lukisan kesayangan.

Memakai cat dinding putih untuk ruangan memang nggak salah, tapi seimbangkan juga dengan dekorasi manis. Tipsnya, kalau kamu memakai cat dinding warna terang, pilih dekorasi yang berwarna, namun jangan terlalu ramai juga.

Banyak hiasan dinding

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahunsplash.com/ Jonny Caspari

Memasang foto, lukisan, atau hasil kerajinan tangan memang menambah kesan hidup suatu ruangan. Terlalu banyak pajangan juga kurang baik. Kamu pun akan merasa penuh dan membutuhkan ruangan yang lebih lapang. Memasang hiasan dinding juga perlu tips agar enak dilihat. Cari ide segar di internet yang sesuai dengan kepribadian kamu.

Kalau kamu menggunakan pigura, biasanya akan memilih warna yang cocok dan senada. Atau, bisa pilih satu warna yang berbeda agar menonjolkan inti dari kumpulan gambar yang kamu pasang. Ukuran pigura atau barang yang akan dipasang juga harus kamu perhatikan.

Terlalu banyak barang

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahunsplash.com/ Alvaro de la Rica

Melihat barang untuk dekorasi memang menggoda, apalagi kalau bentuk dan desainnya sesuai dengan tipe kamu. Secara impulsif akan membelinya. Karena, kamu sudah membayangkan benda tersebut akan diletakkan di bagian mana. Sesampainya di rumah kamu pun menaruhnya sesuai dengan keinginan. Kebiasaan ini lama-lama bisa membuat rumah terlalu banyak barang.

Ada baiknya cermat dalam membeli barang. Jika ada yang sudah nggak terpakai, berikan kepada orang membutuhkan atau dibuang. Rumah yang terlalu barang barang membuat kurang nyaman. Melihat barang yang menumpuk juga membuat malas untuk pulang.

Berantakan

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahunsplash.com/ Kara Eads

Melihat barang-barang di rumah tertata rapi dan diletakkan di tempatnya bisa membuat senang. Mencari barangnya pun lebih mudah. Jika ada pekerjaan atau sedang kreatif, jangan ragu untuk membuatnya berantakan. Karena, menandakan ada kehidupan dan aktivitas. Biasanya, terlalu malas untuk beres-beres kembali. Alasannya, masih terpakai. Kenyataannya, akan dibiarkan dan mencari sudut yang lebih rapi untuk bekerja.

Hindari menunggu sampai semua ruangan berantakan. Tipsnya, setelah selesai, bisa kamu rapikan segera. Ide bagus juga kalau kamu segera membuang sampah kecil, misalnya bungkus makanan ringan atau sobekan kertas. Supaya rumah lebih terlihat rapi dan lebih nyaman. Terlalu berantakan juga bisa menimbulkan rasa nggak betah dan malas, lho.

Kurang tanaman

Ternyata Ini yang Menyebabkan Kamu Nggak Betah di Rumahpexels.com/ Designecologist

Untuk memberikan kesan yang lebih hidup pada suatu rumah adalah dengan tanaman. Kamu juga nggak ingin kan kalau rumah terlihat kering dan gersang. Tanaman juga memberikan efek rumah lebih sejuk. Jangan khawatir karena belum terbiasa menanam dan merawat tanaman. Sekarang ini banyak sekali jenis tanaman yang mudah perawatannya. Ada tanaman dalam maupun luar ruangan. Untuk tanaman besar, ada baiknya kamu menggunakan jasa ahli tanaman untuk memilih jenis yang cocok dengan kondisi tanah dan lingkungan rumahmu.

Ketika mereka sudah tumbuh sehat, kamu pasti merasa lebih nyaman. Duduk di teras atau balkon semakin menyenangkan. Kalau menanam tanaman yang menghasilkan seperti sayur, buah, dan bunga hasilnya juga bisa kamu manfaatkan.

Selamat menciptakan rumah yang nyaman.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam Ruangan

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Hiasan Tanaman yang Bikin Adem

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Warna Putih, Sederhana nan Instagramable