Menjelang berbuka puasa pikiran sudah tidak fokus untuk menyelesaikan kegiatan. Inginnya santai sore sambil berburu makanan untuk berbuka. Apalagi buka puasa identik dengan makanan manis sebelum menyantap makanan berat. Menu Makanan dan minuman untuk buka puasa yang praktis dan sederhana ini punya tempat yang lebih spesial saat Ramadan. Mudah sekali untuk di temukan, baik di restoran, tempat ibadah, hingga rumah hidangan ini selalu ada.

Menu Makanan Untuk Buka Puasa yang Praktis dan Sederhana

1. Kurma

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukan unsplash.com/Tim Chow

Ramadan tanpa mengonsumsi kurma rasanya kurang lengkap. Makanan manis untuk berbuka puasa yang sangat praktis, tapi bisa mengembalikan energi. Tidak perlu khawatir kekenyangan dan bisa melanjutkan kegiatan lagi. Pulang ke rumah, berkunjung ke rumah teman, atau di kos saat bulan puasa kurma selalu ada di meja makan. Kalau kamu jeli, tektur kurma satu dengan yang lain bisa berbeda.

2. Es Teh Manis

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukanunsplash.com/Julia D'Alkmin

Minuman dingin menyegarkan paling praktis dan tidak perlu waktu lama untuk membuatnya. Selalu menjadi pilihan pertama kalau tidak ingin mengonsumsi minuman manis yang berat. Kamu bisa memilih merek teh favorit untuk dijadikan hidangan berbuka puasa. Mau yang beraroma melati atau teh hitam sama-sama menyegarkan.

3. Gorengan

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukanfood.idntimes.com

Siapa yang bisa menolak bakwan, tahu isi, singkong, ubi, sukun goreng, dan onde-onde saat berbuka. Jajanan yang paling susah untuk dihindari. Bisa menjadi teman es teh manis saat berbuka puasa. Harganya pun tidak mahal dan selalu menjadi pilihan untuk sekedar mengisi perut. Kamu pun tidak susah mencarinya, hanya saja perlu sedikit waktu mendapatkannya karena banyak sekali peminatnya.

4. Kolak Pisang

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukanwww.pinterest.dk

Menu makanan untuk buka puasa yang mudah ditemukan selanjutnya adalah kolak pisang. Makanan manis, klasik, dan cenderung agak berat ini banyak sekali penikmatnya. Walaupun pisang jadi isian favorit, tapi biasanya ia tidak sendirian. Ditemani umbi-umbian yang dimasak dengan santan dan gula memang mengingatkan pada rumah. Kalau kamu berbuka di luar, kolak pisang menjadi salah satu menu takjil. Dihidangkan hangat atau dengan es pun tidak mengurangi rasa nikmat.

5. Es Buah

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukanresepkoki.id

Ingin mengonsumsi berbagai macam buah setelah puasa tapi praktis, es buah bisa menjadi pilihan. Beragam isian buah bisa mengganjal perut untuk sementara. Dengan mudah kamu menemukan penjual es buah saat bulan puasa, baik yang sudah dikemas maupun harus menunggu untuk diracik. Diantara menu buka puasa, es buah memang paling menggoda karena warnanya.

6. Bubur Kacang Hijau

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah DitemukanPisangSusu.com

Bubur kacang hijau termasuk salah satu hidangan sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka. Kandungan gizi kacang hijau sangat baik untuk badan. Sama seperti kolak pisang yang menjadi menu andalan berbuka. Enak dan mengenyangkan itu sudah pasti. Kalau memang tidak sempat untuk membuat, saat ini cukup banyak orang yang menjual bubur kacang hijau.

7. Es Garbis

Sajian Menu Buka Puasa yang Mudah Ditemukancookpad.com

Es buah sederhana yang tidak kalah enaknya. Es garbis bisa dijadikan pilihan kalau ingin menu berbuka yang manis, segar, dan ada buahnya. Walaupun sederhana, minuman ini bisa dijual dan banyak peminatnya. Juga menjadi salah satu minuman khas saat berbuka. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dan mudah sekali.

Hidangan pembuka setelah puasa biasanya manis, hindari untuk terlalu berlebihan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.